Surat Pembaca

Akun Shopee Saya Dibobol Melalui Kode OTP

Pada tanggal 17 Mei 2021, sekitar pukul 16.00, saya ditelepon melalui WhatsApp dengan nomor +1 (270) 525-8979 yang mengaku dari pihak Shopee, yang mengabarkan kalau saya mendapatkan cashback Rp3.000.000. Untuk mendapatkan cashback tersebut, saya disuruh menyebutkan SMS OTP kepada pihak Shopee dan disuruh transfer ke ShopePay saya sebesar Rp200.000, buat pancingan agar saldo cashback bisa masuk ke ShopeePay saya.

Kemudian saya ditanya, apakah dananya sudah masuk atau belum? Saya jawab belum, padahal saya sudah isi saldo ShopePay Rp200.000 melalui mobile banking. Karena belum masuk, saya disuruh transfer lagi Rp200.000 ke ShopePay. Tapi pas transfer ke virtual account melalui mobile banking, di nominal transfer depannya dikasih kode 01200000, kalau diklik jadi Rp1.200.000.

Saya bilang “Kok jadi 1.200.000 mas?”. Dia jawab “Ndak apa-apa bu, itu nanti uangnya bisa kembali kan transaksi di account ibu sendiri, jadi enggak bakal hilang,”.

Saya mulai curiga ketika saya cek account Shopee saya, tiba-tiba ShopePay yang barusan saya isi Rp1.400.000 uangnya hilang dengan keterangan pembayaran melalui Bank Nobu. Pada saat itu saya sadar kalau saya ditipu dan account saya diakses melalui HP lain.

Tindakan saya pada saat itu saya langsung menghubungi pihak Shopee melalui live chat dan telepon call center 1500702 minta transaksi saya dibatalkan dan dana saya dikembalikan. Dari pihak Shopee saya disuruh tunggu 3×24 jam dan menunggu tindakan dari divisi terkait.

Yang saya sesalkan dari kejadian ini kenapa log in account sebesar Shopee tidak didukung keamanan berlipat, hanya mengandalkan SMS OTP bisa langsung masuk account? Kalau seperti ini jelas saja pembobolan account sangat mudah terjadi. Saya hanya berharap uang saya bisa dikembalikan karena uang tersebut bagi saya sangat banyak, kerugian saya sekitar Rp1.400.000.

Saya sudah komplain ke pihak Shopee dan saya disuruh menunggu dihubungi dan untuk sementara account Shopee saya sudah diblokir selama 3 hari ke depan. Saya sangat berharap itikad baik dari pihak Shopee dalam menyelesaikan komplain saya.

Faalia Rahmawati
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kemanan berlipat gimana? Otp itu udah aman.
    Kan udah jelas keterangan jangan berikan otp kepada siapapun termasuk shopee..
    Semoga masalah anda segera selesai

  • Shopee mulu, lazada, bukalapak, tokopedia ama yg lain gak ada kah?
    Bosen, klo gak Shopee paling kartu kredit di MK ini

  • Semoga mbak nya tidak sakit yah membaca komentar bapak dan ibu di sini. Takut nya malah sakit karena di bully bukan di bela, sama seperti emak-emak yang enggak mau bayar COD, jatuh sakit karena di bully oleh netizen.
    Jadi pengalaman saja yah.

  • dan terjadi lagi,gara2 menang undian
    udah jelas di keterangan OTP jangan berikan kode ini kepada siapapun termasuk sopee

  • Orang pinter belajar dari pengalaman.
    Orang bijak belajar dari pengalaman orang lain. Dari hp fungsi cm bisa SMS dan telp, penipuan udah marak, dan banyak yg ketipu. Dan sampe hp bisa buat beli saham, crypto, jualan olshop, sampe goda laki orang, tetap aja banyak yg masih tertipu. Mudah2an untuk kedepannya, jgn ada lg yg mudah ketipu.

  • Kalau itu sudah kesalahan diri sendiri sih memberikan kode OTP ke orang lain.
    Tapi sebaiknya pihak shopee sebaiknya jika penarikan kirim kode OTP lagi ke no pemilik biar tahu apakah akun kita sedang di akses orang lain atau tidak.

  • Pasti shopee yg make 80% cewek kali ya.
    Itu sebabnya penipu dan pedagang barang Abal2 ngumpul disana.

    Beda ama penguna si Hijau dan Merah, malah penipu yg kena tipu ???

    Itu sebabnya gue awet sama si hijau.

  • Makanya kalo ada nomor asing jangan maen angkat aja. Peratiin dulu baik-baik itu kode negaranya, dari Indonesia atau bukan (+62). Terus jangan gampang tergiur iming-iming hadiah. Hari gini intinya jadi orang yg teliti, lebih cermat, mentang-mentang jaman corona otak jadi ikutan oleng. Saya aktifkan block otomatis di hp saya untuk nomor yg masuk tanpa nama, dan semua aman. Saya juga ga ngarep dapet hadiah. Lebih baik berusaha kasih hadiah ke diri sendiri (self reward) daripada tergiur hadiah dari orang lain yg berujung merugikan kita sendiri.