Surat Pembaca

Pengalaman Mencoba Pinjaman Online

Saya Scolastika W Astuti, baru pertama kali mengambil dana pinjaman online pada Kredit Pintar. Saya pilih aplikasi ini karena terdaftar di OJK. Saya ambil pinjaman sebesar Rp2.300.000 dengan tenor 3 bulan. Pada tanggal 17 April 2021, tiba-tiba saya mendapat email dari Kredit Pintar untuk segera mengembalikan dana tersebut yang sudah ditransfer ke rekening BRI saya, karena adanya kesalahan sistem yang akan membuat tagihan menjadi dobel.

Sempat saya bingung karena tidak ada konfirmasi persetujuan, tidak ada pemberitahuan kok sudah ada email pengembalian? Saat itu juga masuk telpon dari admin Kredit Pintar (HP 0816-305-441) yang menjelaskan untuk segera mengembalikan pencairannya.

Saya sempat bingung ya, sebagai orang yang baru pertama meminjam. Merunut email yang dari Kredit Pintar saya langsung mengembalikan, sesuai email dan WA yang diberikan kepada saya. Untuk bisa mengambil kredit lagi harus mengisi ulang data-data aplikasi lainnya.

Setelah melalui proses yang harus mengisi ulang dengan aplikasi lain atas saran dari admin Kredit Pintar tersebut, saya menjadi bingung kok harus dengan aplikasi lain lagi? Akhirnya saya putuskan untuk tidak jadi (membatalkan) pinjaman. Saya mengembalikan semua dana yang sudah ditransfer kembali ke Rekening Bank BJB, Nomor Rekening: 004182175225540 dengan kode 110, atas nama Kredit Pintar, melalui rekening BCA suami saya sesuai pinjaman sebesar Rp2.300.000,-.

Pada tanggal 15 Mei 2021 saya mendapat SMS untuk membayar tagihan yang pertama, kok ada tagihan padahal saya merasa sudah membatalkan pinjaman saya? Saya pun di-WA untuk segera membayar. Saya tidak pakai dana itu, tapi saya harus bayar, bagaimana?

Tanggal 19 Mei 2021 saya baru cetak mutasi dan ternyata ada masuk Rp1.955.000, tapi saya sudah kembalikan melalui rekening BJB. Saya ditelepon dengan segala penjelasan bahwa aplikasi sudah masuk dan segera harus dibayar, bila tidak mereka akan memberikan data-data ke OJK. Mereka menjelaskan bahwa tidak menerima dana pengembaliannya. Lha rekening jelas, Bank BJB atas nama Kredit Pintar, apa ada Kredit Pintar yang lain?

Bagaimana orang yang mengaku dari “Kredit Pintar “ itu tahu kalau saya ada mengambil fasilitas pinjaman dan email yang diberikan kepada saya? Karena penjelasannya kepada saya itu bukan dari pihak Kredit Pintar, tapi saya ditipu. Lha siapa orang yang bisa masuk ke akun saya di Kredit Pintar? Itu yang buat saya bingung, apa ini yang namanya kebocoran sistem ya?

Saya sudah email beberapa kali ke CS Kredit Pintar, belum ada jawaban dan yang ditanyakan berulang mengisi nama, nomor telepon dan sebagainya.

Mohon penjelasan, terima kasih.

Scolastika W Astuti
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredit Pintar atas Surat Ibu Scolastika W Astuti

Kepada Yth Ibu Scolastika W Astuti, Menanggapi surat Ibu Scolastika melalui Website www.mediakonsumen.com pada tanggal 19 April 2020 berjudul “Pengalaman...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • itu penipuan yg dilakukan orang dalem kredit pintar sendiri
      karena dia tau kamu baru aja mencairkan pinjaman dari kredit pintar beserta data data mu
      udah banyak korbannya
      kamu bisa selidiki ke nomer virtual account ini 082175225540 ini nomer hp virtual akun abal abal bikinan karyawan itu
      paling dia menerima uangmu pake aplikasi macem dana/gopay biar ga mudah dilacak ama kantornya

        • Modusnya:

          1. Anda mengajukan pinjaman pada aplikasi Kredit Pintar di Malam Hari. Biasanya Malam hari pencairan dana sering kali terhambat, celah inilah yang di manfaatkan penipu.

          2. Anda menulis ulasan tentang aplikasi Kredit Pintar di Google Playstore (android) /App Store (ios)

          3. Penipu melihat ulasan anda, melihat nama anda, mencoba mencari tahu alamat email anda dengan teknik seperti diatas. Dan mengirim anda pesan agar anda mengembalikan uang seolah olah sistem sedang gangguan dengan modus pengiriman dobel.

          4. Anda mengikuti arahan penipu dan mengembalikan uang. Anda mengembalikan uang pada rekening penipu. Bukan rekening kredit pintar.

          5. Anda memberi tahu data pribadi anda, sejak itu data anda digunakan oleh penipu untik mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol lain.

          6. Kesimpulannnya : Hutang anda dengan kredit pintar sebesar 2.3 juta dan hutang anda di pinjol lain sebesar 1.9 juta.

          Ini yang diketahui saja, bisa jadi akan ada pinjaman lainnya karena data pribadi anda sudah di tangan penipu.

          7. Itulah akibatnya jika ‘Coba Coba’.

        • Ya ampun
          Bisa bisa nya jatuh ke lumpur pinjol
          Ini aplikasi sangt jahat luar biasa
          Jangn sekali kali mencoba berurusan
          Ini kejahatan nya bisa di sejajarkan
          Dengn zionis Yahudi

      • Iya kali ya pak soalnya jam dan harinya cuma selisih dikit, kita gak dikabari lha orang lain dl yg tahu ya pak, bingung saya juga data ku kok bocor, jd pengalaman juga semoga jangan ada kaya saya ini

        • Sebisa mungkin untuk menghindari pinjaman, dan saran apabila melakukan pengajuan apapun prosesnya harus sampai selesai. Jangan ditengah jalan dibatalkan seperti itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

    • Setiap transaksi apapun hrs sesuai dg kesepakatan aturan. Di luar itu jgn prnh bertindak, apapun modusnya. Dia mmg kredit pintar, anda yg ceroboh..

  • [Bagaimana orang yang mengaku dari “Kredit Pintar “ itu tahu kalau saya ada mengambil fasilitas pinjaman , ]

    Jawabannya:
    Penipu melihat ulasan anda di Playstore.

    Sewaktu mengajukan pinjaman, pasti anda memberikan rating app Kredit Pintar di google playstore atau App store.

    Banyak penipu secara 24 jam nonstop melihat ulasan itu. Selanjutnya penipu menghubungi anda melalui email yang tercantum di ulasan anda itu.

    Bagaimana penipu bisa tahu email anda?Penipu secara untung untungan mengetik [Nama anda] ditambah .gmail.com , kemudian mengajukan buat akun dengan nama itu, misalkan nama itu tidak bisa dibuat artinya nama email itu memang sudah terdaftar dan aktif.

    Siapapun bisa dengan mudah melakukan modus seperti itu.

    • Kronologi yang sebenarnya terjadi adalah:

      1. Anda mengajukan pinjaman pada aplikasi Kredit Pintar di Malam Hari. Biasanya Malam hari pencairan dana sering kali terhambat, celah inilah yang di manfaatkan penipu. (Seharusnya anda sabar menunggu)

      2. Anda menulis ulasan tentang aplikasi Kredit Pintar di Google Playstore/App Store.

      3. Penipu melihat ulasan anda, melihat nama anda, mencoba mencari tahu alamat email anda dengan teknik seperti diatas. Dan mengirim anda pesan agar anda mengembalikan uang seolah olah sistem sedang gangguan dengan modus pengiriman dobel.

      4. Anda mengikuti arahan penipu dan mengembalikan uang. Anda mengembalikan uang pada rekening penipu. Bukan rekening kredit pintar.

      5. Anda memberi tahu data pribadi anda, sejak itu data anda digunakan oleh penipu untik mengajukan pinjaman di aplikasi pinjol lain.

      6. Kesimpulannnya : Hutang anda dengan kredit pintar sebesar 2.3 juta dan hutang anda di pinjol lain sebesar 1.9 juta.

      Ini yang diketahui saja, bisa jadi akan ada pinjaman lainnya karena data pribadi anda sudah di tangan penipu.

      7. Itulah akibatnya jika ‘Coba Coba’.

  • @Astuti

    Karena ‘coba coba’, anda sudah menjadi korban pinjol. Korban pinjol ada kaumnya. Korban pinjol memilik dunianya sendiri.

    Jika hidup anda ingin tenang, bergabunglah dengan kaum kaum pinjol lainnya. Pantengin youtube yang menampilkan pencerahan tentang pinjol. Jika tidak, maka hidup anda pasti tak tenang dan tak tahu arah.

    Ketika menjadi korban pinjol, sifat anda sejajar dengan sifat DC. Bila DC kasar, anda pun malah lebih kasar. DC bohong, anda pun bakalan lebih banyak berbohong. Begitulah kesetaraan anda. Kalian akan saling sumpah menyumpahi satu sama lain.

    Yang perlu disesali dari kejadian ini adalah:

    Selama ini si Astuti kemana saja?

    Astuti!!!! Selama ini anda ngapain saja? Kok belum tahu bahaya pinjol? Atau sudah tahu bahaya tapi anda menantang bahaya?

    Bahaya pinjol sudah terdengar sampai di akhirat. Kok mau maunya coba coba dengan pinjol.

    • Makasih infonya , pak ok deh banyak pengalaman yang bisa jadi pelajaran berharga.
      Sekarang sdh kapok deh

      • Hutang anda banyak, di kredit pintar 2.3 juta. Dan di apliskasi pinjol lain 1.95 juta. Penipu sudah menggunakan data pribadi anda untuk minjol di pinjol lain. Bisa jadi ada banyak pinjol yang sudah di ajukan penipu. Tunggu saja bakalan banyak DC yang menagih.

  • Turut prihatin ka. Semoga ada tanggung jawab dari pihak terkait. Berawal hanya ingin coba coba, semoga kejadian ini dijadikan pengalaman Paling berharga untuk Tidak sama sekali terjun ke hal hal seperti ini,terlebih jika memang tidak ada keperluan sangat mendesak yg mau Tidak mau harus minjem, tapi memang lebih baik jangan sama sekali. Nge-RIBAnget

      • saya saja blum coba pinjol masih takut ada orang lain yg daftar pinjol atas nama saya ?
        lha ini malah ada yg iseng daftar sendiri ?

  • Makanya kalau minjam uang itu ke bank, kalau dibank jelas dan transfaran dan data relatif lebih aman. Saya tidak pernah tertarik minjam-minjam dengan pinjaman yang seperti ini !

  • Turut prihatin. Kasus seperti ini baru saya ketahui. Semoga menjadi pembelajaran kita bersama, agar lebih berhati-hati.

    • Buanyak bgd skrng seperti ini modusnya, tidak hanya kredit pintar, rupiah cepat, uangme dll, rata2 klo bru ngajuin lgsung di serbu email seperti itu, lebih baik jangan coba2 lg untuk pinjol, cukup ini pertama dan terakhir, jgn sampai pinjol ke apk lain, 1 apk saja walau sdh lunas ttp membuat hidup anda akan tidak tenang, stop pinjol, jangan lagi walau terdesak sekalipun

  • PINJOL apapun atau PAYLATER apapun ...jgn pernah cba cba...terdaftar atau tidak,...karena bgtu anda INSTALL aplikasi anda memberikan ijin sistem baca ini itu,..maka privasi anda sdh hilang,.maka tk heran yg bukan kontak terdekat d hubungi,..HATI HATI

    • buat yang sudah terlanjur banyak hutang,jangan stress dulu
      cek video ini silahkan copy paste insya allah teratasi
      judul video : lakukan cara ini jika sudah terlanjur banyak hutang bingung takut datang kerumah
      channel youtube : sarina pulsa

      https://youtu.be/43H7VIMTkfo

  • Gass kan ajaa pinjol2 itu
    Salam galbay 30 aplikasi legal/ilegal, APA TAKUT MATI TANAM!!

  • Pengalaman yg sangat berharga sekali ya kak, tidak salah kok mencoba hal baru, tapi kita harus siap segala sesuatunya, dan mengenai Fintech/Pinjol ini kita tidak cuma siap bayar cicilan/angsuran, tapi juga siap bekal basic internet security, kita harus aware mengenai modus-modus penipuan cyber, sharing pengalaman yg Anda lakukan ini bisa jadi pelajaran untuk semua orang mengenai modus seperti itu.

    Pemerintah sedang gencar mengadakan "Literasi Digital", semoga masyarakat internet Indonesia lebih melek IT sehingga tidak cuma sekedar bisa pake, tapi bisa mengamankan diri di dunia maya yg penuh celah keamanan ini.

    Sudah lapor polisi kak ?, karena ini jelas penipuan.

    Nomor "Rekening" tersebut adalah Virtual Account, itulah sebabnya namanya bisa dipalsukan dengan cukup mudah, polanya bisa kita lihat, yakni nomor utamanya adalah 82175225540 yang merupakan nomor ponsel operator Telkomsel Simpati dengan awalan 0821 atau +62821, sedangkan kode bank 110 dan kode VA 0041 adalah milik Bank BJB.

    Nomor yang mengubungi yakni 0816-305-441 jelas penipuan, karena itu nomor pribadi, nomor ponsel, sekelas perusahaan tidak akan pakai nomor ponsel tapi akan pakai fixed phone number atau telpon rumah, nomor telpon resmi Kredit Pintar adalah (021) 50598882.

    Lalu mengenai email pengembalian, bisa dipastikan juga tidak resmi, karena alamat email resmi Kredit Pintar adalah cs@kreditpintar.com atau apa pun alamat email yg domain utamanya haruslah @kreditpintar.com dan terverifikasi serta terenkripsi.

    Pelajaran dari pengalaman ini adalah, sebaiknya ketahui kontak resmi, agar tidak tertipu oleh pihak tidak resmi yg mengatasnamakan.

  • Hati hati dengan pinjol, saya juga kena modus yg sama di aplikasi KREDIVO, pinjama sebesar 1,5 juta harus di kembalikan dengan alasan bla bla bla nya . gampang aja sih kalo mau ngilang tinggal ganti email, nomer hp , hapus aplikasi. Cuma saya ada kewajiban cicilan 2 hp jadi saya harus tetap bayar kewajiban saya, mereka semua itu bersekongkol dalam modus ini, kalo kita lapor polisi mereka takut kok, saya pernah tantangin mereka untuk ketemu dgn Bos nya ga berani mereka takut ketahuan jahatnya. bukti² lengkap saya serahkan dan mereka diem aja tidak menyangkal hal tersebut karena mereka ya tau siapa yg bermain, teman² nya juga. Hati² dah sama pinjol isinya maling semua. pokoknya kalo kita cari permasalahan ini di alamat kantor mereka melalui nomer kantor/CS tercantum di halaman kolom komentar mereka pasti ketemu macem² masalah, dari situ kita tahu pinjol ini bermasalah.