Pengalaman Buruk Berbelanja di Blibli

Tanggal 29 April 2021, saya melakukan order (nomor pesanan: 12072174311) di salah satu Official Store di Blibli. Setelah menunggu selama 5 hari, pesanan masih belum dikirimkan oleh penjual. Pada tanggal 04 Mei 2021 status pesanan saya mendadak berubah jadi dibatalkan. Dana saya dikembalikan ke Blipay, dan saya dikenakan biaya charge penarikan dana.

Kesimpulannya: Saya tidak dapat barang, uang berkurang dan saya habis waktu menunggu selama 5 hari.

Lalu saya cek di aplikasi Blibli, saya mendapatkan voucher permintaan maaf yang berupa potongan belanja senilai 10.000 rupiah. Harus saya tekankan di sini, saya membeli barang karena perlu barang, bukan perlu voucher.

Tanggal 24 Mei 2021, dikarenakan saldo Blipay saya masih ada dana, saya melakukan order (nomor pesanan: 12073674807) di toko lain di Blibli. Kali ini bukan official store, hanya toko biasa dengan status top rated. Sebagian pembayaran order ini menggunakan voucher permintaan maaf yang 10.000 rupiah itu.

Hingga sekarang, tanggal 29 Mei 2021, saat saya menulis surat pembaca ini, barang masih belum dikirimkan oleh penjual. Apakah akan kembali terulang seperti order yang sebelumnya? Saya tidak dapat barang, uang berkurang dan habis waktu menunggu?

Mengapa berbelanja di marketplace Blibli sering sekali bermasalah? Beli di official store, dengan harapan toko lebih terpercaya dan aman, tetap bermasalah. Beli di toko biasa dengan status top rated pun tetap bermasalah.

Sebagai reference, tanggal 24 Mei 2021, saya juga order di beberapa toko di Tokopedia dan Shopee, semua pesanan tersebut sudah dikirim dan sudah diterima oleh saya per tanggal 27 Mei 2021. Sedangkan pesanan saya di Blibli, sampai hari ini dikirim saja belum.

Sistem memberikan voucher ke konsumen sebagai kompensasi juga tidak membantu. Karena voucher itu harus dipakai untuk berbelanja di Blibli, yang bisa kembali bermasalah seperti kasus saya. It’s like a never ending circle of problems with this marketplace.

Ini kedua kalinya saya menulis ke media konsumen mengenai pengalaman buruk berbelanja di Blibli. Dear Blibli, apakah anda tidak belajar dari pengalaman sebelumnya?

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Merliana
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli:
[Total:9    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan Blibli untuk Ibu Merliana

Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Merliana untuk bertransaksi dan menjadi pengguna setia di Blibli. Mohon maaf...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Pengalaman Buruk Berbelanja di Blibli

    • 29 Mei 2021 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Saya percaya manusia/perusahaan bisa improve dari kesalahan sebelumnya ka 😀
      Saya pernah ada trouble belanja di tokopedia, tp setelah itu jarang sekali ada masalah lagi, masa sekali masalah saya tidak boleh belanja di toped lagi wkwkwkwk

      Also, saya ada dana di blipay, yg maksud saya mau dipakai belanja untuk dikosongkan.

      5
      1
      • 14 Oktober 2021 - (09:42 WIB)
        Permalink

        Waduh saya baru baca thread kakak.Saya juga ketipu kak.waktu flash sale 10.10 pdhal saya belinya di GIORDANO Official.Saya sangat percaya pastilah terjamin.Ternyata ZONK saya beli 8 items Baju tercancel semua.Ini mau saya blow Up ke media Konsumen.Betul kakak kita beli barang bukan beli Voucer.

  • 30 Mei 2021 - (06:48 WIB)
    Permalink

    Biar konsumen ga ragu, kalau belanja di Blibli itu harusnya waktu proses pesanan lebih dipersingkat dan dana bisa langsung direfund utuh ke pembeli seperti di marketplace lainnya

    1
    1
  • 30 Mei 2021 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Sy sering belnja d blibli di seller langganan saja selebihnya sy blm cb ke seller lain..tp sejauh ini seller langganan sy d blibli sllu kirim cepat,dn ga tau deh kl seler yg lain,mgkn kasus nya mba merliana bs jd masukan spya sy dan yg lain harus lbh bijak dalam memilih seler,

  • 31 Mei 2021 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Saya termasuk penguna setia blibli.com dari tahun 2014 sampai sekarang, Alhamdulillah pesanan terlama cuma 4hari. Dari mesin cuci sampai magic com bahkan sparepart motor dan mobil beli di Blibli.com dan jika ada kendala cepat di tangani. Pernah beli ban motor ternyata ringnya salah dan retur. Itu juga proses nya cepat dan mudah.

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Buruk Berbelanja di Blibli

oleh Merliana Merliana dibaca dalam: 1 menit
9