Melaporkan Kecurangan Penjual ke Shopee Tidak Membuahkan Hasil

Pada tanggal 19 Mei 2021, saya membeli produk di Shopee berupa 1 set buku seharga Rp1,5 juta dengan nomor pesanan 2105193EDS3B0E. Harga yang lumayan besar untuk saya. Sebelum pembayaran, saya meminta foto real produk dan penjual mengirimkan foto produk kepada saya (fotonya berupa produk asli dari penerbit lengkap dengan box).

Kecurigaan saya bermula ketika barang tidak kunjung dikirim, dan baru dikirimkan setelah 5 hari dari pemesanan. Penjual juga meminta garansi Shopee untuk memperpanjang waktu pengiriman. Setelah barang sampai, barang yang saya terima berbeda jauh dengan foto yang diberikan kepada saya. Saya menerima buku KW dengan kualitas fotokopi dan tanpa box.

Saya langsung komplain ke penjual, dan pada waktu itu (melalui chat toko) penjual pun menerima untuk opsi pengembalian barang dan dana. Kemudian saya ajukan pengembalian dengan nomor pengajuan: 210524175592188 pada tanggal 24 Mei 2021. Namun dalam chat diskusi, penjual malah mengajukan solusi pengembalian dana sebagian.

Tentu saja saya tidak setuju dan mengajukan bantuan ke Shopee, dengan harapan pihak Shopee bisa membantu menangani dan menentukan siapa yang harus bertanggung jawab dalam hal ini. Namun harapan saya sia-sia. Setelah saya memberikan beberapa bukti yang diminta oleh pihak Shopee, berupa foto barang dari penjual dan foto barang yang saya terima, foto paket sebelum dibuka, foto isi paket, dan video unboxing, yang menurut saya itu semua adalah bukti yang kuat.

Namun pada akhirnya, pihak Shopee malah meminta saya untuk tetap diskusi dengan penjual dan jika tidak ada kesepakatan, maka dana akan dilepaskan ke penjual. Anehnya, semenjak saya ajukan pengembalian, baik di dalam chat diskusi atau setiap saya chat langsung ke tokonya, penjual tidak membalas/merespon chat dari saya.

Pihak Shopee meminta saya berdiskusi dengan penjual, tapi penjual tidak merespon saya. Saya merasa terjebak dan tidak tahu harus bagaimana. Menurut saya, pihak Shopee harus lebih bersikap adil, tegas, dan memperhatikan konsumen. Mencari solusi atas masalah yang dihadapi konsumen sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

Berkali-kali saya menghubungi CS Shopee dan juga melalui fitur “chat dengan Shopee”, tapi hasilnya nihil. Jawabannya selalu saja sama dan diminta menunggu. Saya merasa dirugikan karena sudah dicurangi penjual dan juga pihak Shopee yang terkesan mengabaikan beberapa bukti yang sudah saya berikan.

Seharusnya Shopee mengedepankan kepuasan dan keamanan pembeli. Dalam hal ini, sudah sangat jelas kesalahan ada pada penjual. Seharusnya, Shopee sebagai pihak ketiga yang mengambil keputusan, harus mengedepankan keadilan dan melihat letak kesalahannya pada siapa, semua itu untuk mendapat kepercayaan dari konsumen.

Sebagai pembeli, saya percaya pada Shopee dengan seringnya melakukan pembelian barang via Shopee. Mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah, karena sebelumnya saya tidak pernah menemui kendala semacam ini. Namun dengan adanya kejadian ini, saya merasa khawatir dan was-was akan terulang kembali di kemudian hari.

Hingga saat keluhan ini dibuat (02/06/2021), nasib dari pengajuan bantuan saya ke Shopee masih belum membuahkan hasil, dan menunggu keputusan akhir Shopee setelah saya mengirimkan bukti chat dengan penjual.

Harapan saya, pihak Shopee bisa menyelesaikan kasus komplain dengan semestinya, bertindak objektif dan adil agar tetap mendapat kepercayaan dari pengguna. Apabila kasus seperti ini terus dibiarkan, akan ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk melakukan kecurangan dan tentu akan muncul ketidakpuasan dari pengguna.

Terima kasih,

Miftah Arif Rohman
Kota Sumenep, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kak sayaa juga ditipuu seperti itu, ini gimana kelanjutannya ya kak soalnya shopee saya dibekukan selama tiga hari. Dan saya kena hampir 7 juta kak astagfirullah. Tolong bnatuannyaa :(

    • Sama kak aku barusan juga kena tipu di shopee... Shopee tak bertanggung jawab atas transfer yg dilakukannya kepenipu. No transfer jelas dan yg nipu galau karena begitu ku tertipu langsung laporan ke costumer service... Ndak mau balik in uangku... Kata shopee ya sudahlah.. Tanpa perlu diusut.. Hebat shopee kejahatan x

  • Dilihat dari penilaian bintang 1 dan 2 banyak yg komplain tidak original. Apakah tidak dicek dulu sebelum membeli?

    • Saya ucapkan terima kasih kepada mediakonsumen.com atas bantuannya menampung keluhan saya sebagai konsumen. Setelah ditinjau oleh pihak shopee, sekarang status pengembalian barang telah disetujui shopee dan dalam proses pengembalian, semoga prosesnya lancar. Terima kasih kepada pihak shopee yang sudah bertindak adil, semoga kedepannya tidak terulang masalah seperti ini lagi.

  • Kacau banget sellernya. Sekarang harga satu set buku itu cuma dijual sejuta. Dari sekian banyak penilaian bintang 1, ada yg komplain bukunya hasil cetak ulang & banyak halaman yg hilang, dikomplain juga ga direspon. Harusnya toko gitu dituntut undang² hak cipta karena mencetak ulang buku tanpa seizin penerbit aslinya. Ya kalau udah terlanjur masuk komplain, sabar aja nunggu keputusan dari Shopee.

  • OK, saya catet ya nama sellernya, saya tidak mau jadi korbannya. :)

  • Waduuhh,, pihak Shopee kok begini?? Tidak (kurang) melindungi konsumen, padahal bukti bukti sudah ditunjukkan oleh konsumen.

    • Uangku lenyap begitu cepat krn pembayaran lewat shoppepay... padahal kalo ditipu harus cepat lapor ke bank..kita sebagai konsumen manabisa laporin bank Tsb krn tranfer pake shopeepay..?. ini yg wajib bagi shoppee melindungi konsumennya..kan ada bukti transferx....bener2 shopee ini cari peluang diatas penderitaan orang lain.... aduh aku terjebak

  • Saran saya selalu belanja di toko yg statusnya mall , atau pemegang merek .bisa jg belanja di toko2 yg sdh banyak ulasannya. Juga perhatikan rating toko ,klo rating 3 - 4 lbh hati2 utk mengadakan transaksi .jgn tergiur harga murah