Surat Pembaca

Lambatnya Informasi untuk Pelunasan Dini KPR Maybank

Tanggal 4 Mei 2021 saya mengajukan permohonan pelunasan KPR ke Maybank. Saya mengirimkan dokumen (hardcopy) ke alamat KPR Maybank di Mangga Dua dan ditanggapi oleh pihak Maybank via email bahwa sudah diterima dengan baik.

Saya menerima telepon tanggal 10 Mei 2021 dari KPR Maybank, mengonfirmasi bahwa permohonan pelunasan KPR saya disetujui. Pendebetan akan dilakukan tanggal 4 Juni 2021, dengan nominal akan diinformasikan via email dan dana harus tersedia H-1 sebelum pendebetan (yang artinya tanggal 3 Juni).

Akan tetapi, sampai pada hari ini (3 Juni 2021) tidak ada informasi berapa besaran biaya yang harus tersedia di rekening saya untuk dapat dilakukan pelunasan. Saya sudah berkali-kali bertanya ke CS via telepon dan email mengenai nominal biaya pelunasan dari tanggal 26 Mei sampai dengan hari ini. Namun sayangnya TIDAK DITANGGAPI SAMA SEKALI.

Terkesan ada unsur kesengajaan sehingga saya tidak bisa melunasi KPR saya dan tetap harus mencicil. Ada 1 balasan dari pihak KPR Account Maintenance yang meminta 1 orang (Pak Kurniawan) untuk segera emailkan besaran nominal ke saya untuk segera di-follow up pada tanggal 27 Mei. Sayangnya sampai saat ini tidak ada balasan. Apakah ini cara Maybank untuk tetap membuat nasabah mecicil dengan bunga KPR? Bukankah ini melawan klausul pelunasan KPR dini?

Eka Marlina
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Maybank Indonesia atas Surat Ibu Eka Marlina

Dengan hormat, Menanggapi pengaduan yang disampaikan Ibu Eka Marlina melalui Mediakonsumen.com pada tanggal 4 Juni 2021 berjudul “Lambatnya Informasi untuk...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bu Eka, punten ini jadinya gimana? apakah sesuai dengan janji tanggal 4 juni 2021 di lakukan pendebetan? atau di delay..saya mau mengajukan pelunasan tapi khawatir mendapat perlakuan seperti ibu...

    • Saya saat ini juga sedang mengalami kondisi seperti ini, saya sedang mencari histori percepatan pelunasan KPR Maybank juga di internet, ternyata saya lihat ada kasus yang sama. Saya sudah lebih dari 20 hari kerja sejak konfirmasi awal email dari Maybank dan juga dari telepon konfirmasi pelunasan. Berarti memang terjadi beberapa kasus seperti ini. Ini sangat tidak baik dan membuat kecewa nasabah, padahal awalnya saya senang bisa mendapat KPR dari Maybank, pelayanan awal baik, namun ternyata saat mau proses percepatan pelunasan tanggapannya hanya menunggu konfirmasi, sudah 3 kali email saya menanyakan nominal besaran pelunasan dalam rentang waktu 20 hari kerja lebih tanpa tanggapan yang jelas dari pihak Maybank KPR. Mohon pencerahan informasi bagaimana caranya lagi untuk mengurus percepatan pelunasan ini. Terima kasih.

  • Saya juga sekarang mengalami hal yg sama. Tgl 3 Januari 2024 saya sudah mengajukan pelunasan KPR atas rumah saya. Seminggu kemudian dr pihak bank maybank menghubungi saya supaya saya menunggu. Tanggal 15 Januari 2024 saya email lagi ke pihak bank maybank tapi jawaban yg saya dapat permohonan pelunasan masih dalam proses, dan disuruh bersabar menunggu lagi. Hari ini sudah tgl 19 Januari 2024 tapi belum ada kabar apapun juga. Sedangkan jatuh tempo cicilan per bulan sy setiap tgl 3. Mohon kepada pihak maybank untuk memberikan kemudahan kepada para nasabahnya dalam melunaskan rumahnya. Terima Kasih