Apakah DC Pinjol AdaPundi Dapat Melakukan Itu?

Saya mau menanyakan perihal debt collector pinjol AdaPundi dan CS-nya yang ada ketidaksamaan. Saya punya tunggakan di AdaPundi dan sudah melakukan negosiasi dengan CS AdaPundi via whatsapp untuk meminta waktu.

Saya tidak akan kabur. Kalau saya kabur, saya tidak akan whatsapp CS AdaPundi. Namun malah di-email dan dibilang saya tidak ada itikad baik dll.

Saya kontak CS OJK, karena AdaPundi merupakan fintech legal. Kontak OJK mengatakan “DC tidak boleh melakukan ancaman, dll”.

Akan tetapi yang terjadi malah sebaliknya ke keluarga saya. Saya hanya minta waktu untuk menyelesaikan, bukan saya mau kabur. Gak gitu dong cara DC ngomongnya. Tolong dong AdaPundi, masa antara CS gak sama dengan DC-nya?

Dwi Seppi Miarianti
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AdaPundi:
[Total:107    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan AdaPundi atas Surat Ibu Dwi Seppi Miarianti

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat pembaca bertajuk “Apakah DC Pinjol AdaPundi Dapat Melakukan Itu?” yang di...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Apakah DC Pinjol AdaPundi Dapat Melakukan Itu?

  • 7 Juni 2021 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Memang seperti itu bu pinjol, mau legal ataupun ilegal (lebih gila lagi ilegal) udah sama aja mereka itu, semoga ibu di murahkan rezekinya agar bisa melunasi tagihannya, dan tidak terjerat pinjol lg utk kedepannya aamiin 🙏🏾

    21
    • 7 Juni 2021 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Amin amin ibu terima kasih doanya. Siapa sih mau ada keterlambatan, siapa juga yg tau mau dapat musibah ya kan, kita tdk ada yg pernah tau tp seharusnya sbg pinjol yg dilegalkan tdk begitu. Semua ada aturannya

      5
      2
      • 8 Juni 2021 - (22:29 WIB)
        Permalink

        Jaman dulu nggak ada pinjol ya, kita kalo butuh uang dadakan minjam ke teman atau tetangga. Ada yang dapat dengan pesan pesan dan petuah, Ada yang dapat dengan ancaman kalo nunggak, Ada yang dapat dengan saran solusi atau tips dapat uang tambahan atau proyek kerja patungan yang dapat duitnya, dan ada juga yang dapat nanti bayar kalau sudah ada duit.
        Sekarang beda, minjem di pinjol nggak ada yang menyarankan sesuatu, yang ada kita boleh meminjam sebanyak limit kuota, dan kitapun terlena. Kita tutup mata akan besarnya prosentasi bunga, denda keterlambatan dan bunga berbunga. Seolah kita mendapat uang real dari gadget benda mati. Nah… Giliran diteror penagih, baru sadar, anehnya setelah terbuai dengan begitu mudahnya mendapatkan uang dengan mencet mencet sekarang malah menyalahkan perilaku penagih. Tidak sesuai SOP lah, nggak sopan lah nggak inilah, nggak itulah.
        Hey! Duit sudah kau pakai, duit sudah kau habiskan, sekarang saatnya bayar…
        Hmmm.

        6
        9
        • 9 Juni 2021 - (06:59 WIB)
          Permalink

          Teman sekarang takut ngasih pinjaman karena sudah bnyk kejadian yg pinjamin jdi pengemis nagih nantinya. paling ngasih saja seiklhasnya buat yg mau minjam biar gak sakit hati.

          klo niat bayar emnk pinjam ke bank dan pinjol saja dengan segala resikonya

          • 9 Juni 2021 - (08:26 WIB)
            Permalink

            Ya betul. Teman tetap teman, curiga jalan terus

        • 9 Juni 2021 - (08:44 WIB)
          Permalink

          Susah skg percaya sama orang yg dengan niat meminjam soalnya pernah mengalami waktu itu temen minjam uang dg alasan buat ini itu yg bikin trenyuh, giliran saat balikin yg udah telat dr tgl janji nya cuman di balikin separuh. Itupun harus di tagih dulu 2 bulan kemudian. Eh, Sisanya lenyap dg alasan masih tdk punya uang, uda di kasih keringanan cicil 50k/100k setiap bulan tetap aja beralasan ini itu pdhl itu utang tanpa bunga sepeserpun. Dan endingnya gak di bayar sama sekali, makanya sekarang kalo ada yg minjem agak seleksi. Emangnya kita bank yg duitnya unlimited. Di bilang pelit yaudah. Jaman skg yg pny utang kebanyakan suka suka. Suka minjem tapi suka pula gak balikin dan mendadak amnesia,Wkwkwk

    • 8 Juni 2021 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Saya lbh aneh lg…tiap hari di SMS sm di wa sm DC dr dompet uang katanya ada pencairan di tgl 23/5/2021 sm tgl 26/5/2021 terus sm tgl 2/6/2021 padahal saya ga pernah pinjam… sangat menggangu saya sekali mana mau mengancam mau sebarkan data saya lah…

      • 8 Juni 2021 - (15:05 WIB)
        Permalink

        Klo merasa tdk minjam abaikan saja pak, itu pinjol ilegal, ga usah di ladeni sms, wa atau telp, blokir sj klo perlu, itu mereka pd kurang ajar pak

  • 7 Juni 2021 - (18:06 WIB)
    Permalink

    OJK cuma bisa menghimbau aja. Ya memang begitu pinjol. Kalo udah negoisasi ama CS dicuekin aja DC. Jangan sekalipun dibalas kalau ada teror DC, makin menjadi ntar. Cuekin dan jgn buka WA dari mereka itu lebih baik.
    Jangan dipikir, yg penting Anda ada niat baik ya. Semoga banyak rejeki dan cepat terselesaikan masalahnya

    5
    1
    • 7 Juni 2021 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Amin.. Amin terima kasih doanya. Tp saya kecewa saja, OJK itu lembaga pemerintah, semua ada aturannya yg boleh dan tidak utk dilakukan

      1
      1
      • 8 Juni 2021 - (06:09 WIB)
        Permalink

        Kadang iklan pinjol tidak sesuai realita,,sekrang pun saya sedang bertahap untuk menutupi Pinjol,,,stop gali lubang tutup lubang kak,,kalo ada barang mending gadaikan/jual terlebih dulu supaya bisa freee,,dan bisa fokus mencari uang untuk menebus atau membeli barang yg sudah kita gadai/jual.

        6
        1
        • 8 Juni 2021 - (09:13 WIB)
          Permalink

          Mau gitu klo ada barang bisa saya gadai tapi ini posisinya saya tdk ada sama sekali krn baru dapat musibah juga. Tp saya juga sdh komunikasikan klo saya akan berusaha

          1
          2
  • 8 Juni 2021 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Kondisi kita sama bu,,, saya sudah lelah menjelaskan prihal kondisi usaha saya yg sedang sepi belum bisa membayar tagihan, mereka tetap gak mau tau… Sudah 1thn saya berlangganan di apk adapundi, baru x ini menunggak. Saya berusaha tenang, dan sebisa mungkin fokus terlebih dahulu terhadap usaha saya, supaya bisa segera melunasi tagihan online tsb… Tetap fokus dan jangan terlalu di bebani pikiran terlebih dahulu bu.

    1
    1
    • 8 Juni 2021 - (09:09 WIB)
      Permalink

      Saran saya, jika ingin meminjam online, kita harus yakin bisa melunasi dan jangan melebihi jatuh tempo… Apapun alasannya, jika ragu… Lebih baik jangan coba2 utk pinjol, lebih baik gadaikan barang ke lembaga resmi dan kita tinggal tebus saja nanti.

        • 5 Agustus 2021 - (14:40 WIB)
          Permalink

          Saya baru nunggak 30 hari sudah di ancam pakai email. Saya ganti nomor karena risih di wa terus menerus. Sekarang saya di ancam pakai pasal pidana penipuan. Kira2 itu benaran atau cuma ancaman aja ya?

    • 8 Juni 2021 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Iya saya juga berusaha tenang walaupun keadaan saya sdg tdk sehat tp saya berusaha tenang dan tetap berusaha utk membayar

      1
      1
  • 8 Juni 2021 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Di +62 apa aja boleh. Saya ga tau ada pemerintah atau penguasa? Seharusnya sunda empire bisa mengatasi masalah global, karena tatanan sudah hancur berantakan

    1
    1
      • 8 Juni 2021 - (12:28 WIB)
        Permalink

        Setuju banget. Walaupun pinjol legal pun klo ada kejadian dc ngancem, kita ngadu pun ga ada tanggapan apa2. Krn spt yg saya alami skrg, dc bilang mau melakukan tindakan tegas (mnrt saya itu sdh ancaman) sdh saya laporkan ke cs pinjol tersebut tp tdk ada tanggapan malah katanya itu bagian penagihan. Bukannya ada sop dr ojk, hal yg bisa dan tidak utk dilakukan

  • 8 Juni 2021 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Kira2 gini alurnya, cs iya iya iya.
    Dc main sok keras.
    Kenapa 2 bagian itu gak kompak, memang bagian cs gak ngurus lagi ketika telpun dimatikan, gak ada kelanjutan, karena dia masih harus terima telpon atau menelpon nasabah.

    Nah bagian dc, terima berkas aja di mejanya mana yang harus dikejar, gak ngurus kita udah speak2 tipis2 dengan cs.

    Apalagi kalo dc adalah pihak 3, smp ada kabar tagihan udah terbayar ya gak berhenti neror.

    Yang paling parah ketika kita lapor, hanya prihatin, seperti lepas tangan, suruh urus sendiri lapor sana sini BI atau kantor polisilah, dan pas saatnya ketika terdesak pinjol lepas tangan: dc bukan bagian kami, kami pakai outsourcing yang tidak tahu bagaimana mereka menagihnya.

    Paling2 putus kerjasama.
    Tapi itu di media saja, mereka tetep akan kerjasama lagi dengan nama biro yang baru lagi, wong cuma tinggal rubah nama.

    Jadi percuma saja lapor sana sini, semua sudah diatur sedemikian rupa untuk tidak menjadi pihak yang harus cuci piring.

  • 8 Juni 2021 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Gak saya bayar tuh adapundi ada tagihan saya 1.5jt udah lama banget 90 hari lebih udah gak ditagih lagi kok soalnya saya sudah malas sama dc nya omong nya gak ada yang enak terpaksa tidak saya bayarkan untuk selamanya 🙏

  • 10 Juni 2021 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Untuk negosiasi harusnya dengan bagian collection bukan dengan CS, Krn yg bisa memberikan tempo atau potongan adalah Bagian Collection.🙏

  • 12 Juni 2021 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Hi, Dwi Seppi Miarianti

    Kami dari AdaPundi sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanannya, akan segera kami bantu lakukan pengecekan untuk perihal keluhan Anda. Jika nanti pihak penagih kami terbukti melakukan pelanggaran terhadap tata cara penagihan yang sudah di tentukan dalam SOP tentunya akan kami berikan tindakan tegas. Pastikan nomor Anda yang terdaftar dapat dihubungi oleh pihak terkait kami dalam 1 – 5 hari kerja kedepan, apabila pihak terkait kami membutuhkan untuk menghubungi Anda perihal keperluan investigasi keluhan ini.

    Untuk nomor laporan pengaduan sudah kami kirimkan ke email Anda yang terdaftar pada sistem AdaPundi.

    Terima masih

 Apa Komentar Anda mengenai AdaPundi?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Apakah DC Pinjol AdaPundi Dapat Melakukan Itu?

oleh Dwi Seppi Miarianti dibaca dalam: <1 menit
27