Barang Hilang Dalam Pengiriman AnterAja, Dana Masih Tertahan di Tokopedia

Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tim Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Berikut kronologi kejadian yang saya alami.

Saya adalah pembeli yang melakukan pembelian di Tokopedia, dengan data pembelian sebagai berikut

Tanggal: 06 Mei 2021
No Invoice: INV/20210506/MPL/1228476391
Total Bayar: Rp 367.700,- (Termasuk Biaya Asuransi)
Kurir Pengiriman: Anter Aja – Regular
No Resi: 10001256911528

Tanggal 07 Mei pesanan dinyatakan sudah diterima Anter Aja. Tanggal 08 Mei status tracking menyatakan paket keluar dari Hub (Proses Transit). Namun barangnya saya tak kunjung datang. Awalnya saya masih memaklumi keterlambatan dikarenakan bertepatan dengan liburan Hari Raya Idul Fitri. Akan tetapi setelah ditunggu beberapa lama pesananan saya belum juga tiba.

Akhirnya saya tanyakan ke Anter Aja jawaban dari CS itu-itu saja akan di”sampaikan ke bagian terkait”. Hingga akhirnya saya mengajukan komplain via Tokopedia. Setalah proses investigasi, barang pesanan saya dinyatakan hilang.

Tim TokopediaCare menyampaikan bahwa setelah klaim saya disetujui dana akan diteruskan ke penjual dan saya sebagai pembeli akan menerima penggantian dana senilai invoice. Tim TokopediaCare juga meminta saya dan penjual untuk menunggu berkas dari Anter Aja dalam waktu ” 3×24 jam hari kalender terhitung H+1 sejak 31 Mei 2021.”

Akan tetapi hingga hari ini 07 Juni 2021 baik Tokopedia maupun AnterAja tak kunjung memberi kejelasan, baik saya maupun penjual belum menerima dana yang dijanjikan.

Ini jelas merugikan saya terlebih lagi saya juga membayar asuransi untuk pembelian ini. Apakah kegunaan asuransi kalau memang uang tidak dikembalikan meskipun barang dihilangkan oleh kurir?

Dengan surat ini saya mohon Tokopedia dan AnterAja dapat bertanggung jawab atas kerugian yang saya dan penjual alami.

Terima kasih

Octaviani T.
Bone, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Octaviani

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Octaviani yang berjudul: “Barang Hilang Dalam Pengiriman AnterAja, Dana Masih Tertahan di Tokopedia” di...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Barang Hilang Dalam Pengiriman AnterAja, Dana Masih Tertahan di Tokopedia

    • 8 Juni 2021 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Sampai kapan yah harus menunggu?
      Ini sudah jauh melebihi waktu yang disampaikan

  • 8 Juni 2021 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Tanggal 08 Juni 2021 Pkl 11.51 WITA saya menerima telpon konfirmasi dari Tim TokopediaCare dan dana saya senilai Rp 366.000,- sudah direfund.
    Terima kasih.

    • 3 September 2021 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Anteraja emang kacau sih.. Terutama CS nya yang sama sekali tidak membantu customer dan terkesan mengabaikan. Barang kiriman saya hilang dan saya sudah mengajukan refund dan sudah lewat jauh dari estimasi waktu yang diberikan. Tetap saja tidak ada pengembalian dana. Sedangkan saya harus mengembalikan dana ke pembeli yang barang nya tidak sampai

  • 8 Juni 2021 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Harusnya bukan hanya refund dana yah. Tapi karena kita bayar asuransi. Maka keuntungan dari asuransi pun harus kita terima.

    Apakah apabila tidak pakai asuransi dan barang hilang lalu Tokopedia dan kurir tidak bertanggung jawab?

    • 8 Juni 2021 - (12:22 WIB)
      Permalink

      tidak asuransi penggantian dana sebesar 10x ongkos kirim
      asuransi diganti sesuai harga barang

      • 8 Juni 2021 - (16:56 WIB)
        Permalink

        Antaraja bisa bilangin barang konsumen ga aneh. Sy mengalaminy pengaduan jg di balas autoreply. Mkny lgs gw apus antaraja, lgs aman tentram damai

  • 8 Juni 2021 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Tapi kebanyakan olshop tidak mau menanggung rugi.
    Misal tidak pakai asuransi, maka penggantian 10x dari harga barang. Apakah bagus? Tunggu dulu..

    Misal beli Kipas Angin harga 100rb. Kita tidak pakai asuransi. Ongkir Jakarta ke Bandung misal 15rb.

    Kalau benar di praktekkan, maka Pemilik barang bisa untung. Dia bakalan dapat 150rb. Dan dia bisa mengirim kipas dengan harga 100rb lagi ke konsumen.

    Kalau pakai asuransi, maka dinilai 100rb sesuai harga barang.

    Nah.. disini biasanya olshop dan berkilah akan memberikan mana yang lebih sesuai dengan harga barang. Alias gak mau rugi. Ini kasus apabila ongkir lebih besar nilai nya bila dikali 10.

    Olshop akan menanggung beban ringan apabila nilai barang yang dibeli lebih besar dari 10x ongkirnya. Tapi Disini penjual akan mengalami kerugian. Maka dibuatlah asuransi dari pihak ketiga. Dengan patokan bahwa pihak ekspedisi bertanggung jawab mengganti senilai harga barang. Apakah olshop rugi? Sekali lagi tidak…, Karena dana yang dihasilkan dari asuransi lebih besar jumlahnya daripada konsumen yang melakukan klaim. #tidakmaurugi

  • 9 Juni 2021 - (10:12 WIB)
    Permalink

    Wah ane juga baru kejadian kemaren barang hilang sama sicepat, komplain ke tokped 3×24 tp udh lewat batas waktu yg ditentukan saya coba hubungi pihak tokped nya lagi malah menambah masa waktu refund 3x24jam lg katanya, tp alhamdulillah habis saya komplain k2 malam nya uang sudah di refund

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang Dalam Pengiriman AnterAja, Dana Masih Tertahan di Tokope…

oleh Octaviani dibaca dalam: 1 menit
14