Surat Pembaca

Program Payment Holiday CIMB Niaga Merugikan

Saya memiliki KTA Xtra Dana CIMB Niaga, dengan nomor personal loan: 101281071300, yang tenornya akan berakhir di Juni 2022. Pada bulan November 2020, saya kaget karena angsuran yang saya bayarkan selama 2 bulan tidak terdebit dan masih ada di dalam rekening saya.

Pada saat yang bersamaan, credit card saya terblokir. Saya pun menelepon call center CIMB Niaga untuk mencari tahu. Ternyata saya sedang masuk ke dalam program Payment Holiday dan otomatis credit card saya terblokir. Program ini tanpa pemberitahuan sebelumnya. baik melalui SMS maupun email. Satu-satunya pemberitahuan melalui email adalah untuk memperpanjang tenor, tapi saya tidak klik link di email tersebut.

Lalu pada Mei 2021 saya sangat kaget mendapati tenor saya yang yang harusnya maju 6 bulan, jadi maju 12 bulan! Setelah saya mengajukan pengaduan dengan nomor laporan CBGRE270521001141, pihak CIMB Niaga berdalih bahwa ini adalah program payment holiday. Dengan tambahan tenor 6 bulan + 6 bulan yang mana sangat merugikan saya sebagai nasabah yang tidak mengetahui dan setuju untuk mengikuti program ini.

Saya seperti dipaksa untuk mengikuti program ini, karena mereka mau ambil untung dari pembayaran extra di 6 bulan. Mereka beralasan sudah mengirimkan SMS ke nomor saya yang sudah tidak aktif lagi dan berdalih karena saya tidak ada konfirmasi, maka saya dianggap setuju.

SOP macam apa itu? Menipu nasabah tanpa consent form dan persetujuan nasabah. Saya merasa sangat dirugikan oleh CIMB Niaga dan merasa tertipu dengan program yang saya tidak setujui keikutsertaan saya.

Muthia Putri Ruhyana
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Muthia Putri

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Muthia Putri Ruhyana yang berjudul “Program Payment Holiday CIMB Niaga Merugikan” (Mediakonsumen.com, 10 Juni...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • ʙᴇɴᴀʀ-ʙᴇɴᴀʀ ᴍᴇʀᴇᴘᴏᴛᴋᴀɴ.. .. .. . ᴛʀɪᴍs ᴀᴛᴀs ɪɴғᴏɴʏᴀ ʙᴜ, ᴅᴀɴ sᴇᴍᴏɢᴀ ᴍᴀsᴀʟᴀʜ ɪʙᴜ sᴇɢᴇʀᴀ ᴛᴇʀᴀᴛᴀsɪ

  • Sma dgn aturan tabungan nasabah on account bebas tranfer akhirnya kena jg biaya tranfer ,..aturan d rubah tnpa sepengetahuan nasabah

  • kaget bgt pasti gk tau apa2 tiba2 uang gk terdebit dan langsung masuk ke program lain, Coba aja mba konfirmasi lagi, apa bisa program holiday itu dihentikan dan uang dimasukan kembali sbg angsuran ke KTA Xtra Dana. Mungkin mba bisa langsung ke cabang juga biar lebih gampang selesain masalahnya

    • Iya kaget mas. Masalahnya holiday payment sudah saya jalani, saya kira penambahan tenor hanya 6 bulan karena holiday payment 6 bulan. Ternyata penambahan tenor 12 bulan tanpa persetujuan dari saya dan tanpa verifikasi apapun!

      • jadi ibu lunasi juga ? saya sempat datang ke collection juga sama skali ga membantu , dan hanya d ping pong saja , benar'' ya cimb ini sangat merugikan sekali, mereka kasih opsi pelunasan tapi pelunasan full payment saja .

  • ibu muthia , penyelesaian nya bagaimana yaa ? karena saya juga mengalami hal yang sama .. dan sampai saat ini masi menunggu konfirmasi terus .

    • Ngegantung Pak/Bu. Akhirnya mau gak mau saya selesaikan hingga tenor yang sudah ditentukan daripada saya kena tagih terus. Dan baru tau ketika saya mau proses credit card nama saya gak clear di BI karena dianggap restrukturisasi saat pandemi. Benar-benar merugikan!

      • benar mba , saya juga terpaksa pelunasan diawal saja , karena katanya rekaman telfon saya ada , padahal ga dikasi ke saya , benar'' CIMB NIAGA itu skrg merugikan sekali , padahal saya dulu suka pakai niaga .

  • Saya juga mengalami hal yang sama, sudah menelpon CS tp ga bs jawab apa2.. mau di hubungi kembali katanya.. merugikan nasabah..

  • iya apakah kita harus ke cabang ? karena tidak ada solusi dan bagian collection ttep nagih :(

  • Mereka beralasan sudah mengirimkan SMS ke nomor saya yang sudah tidak aktif lagi dan berdalih karena saya tidak ada konfirmasi, maka saya dianggap setuju

    -----------
    Waktu mengajukan KTA pakai nomor yang mana?

      • Halo Kak, mau sharing juga. Kebetulan saya juga mengalami kasus yg sama dimana saya juga mengajukan program restrukturisasi Covid-19 ke CIMB NIAGA. Posisinya sama, yaitu diberikan approval kelonggaran 6 bulan relaksasi pembayaran. Saat berjalannya waktu, saya kaget ketika konfirmasi ke Call Center 14041 ternyata yang awalnya maju 6 bulan tapi jadi 12 bulan. Lalu realitanya saat diberikan kelonggaran 6 bulan relaksasi tsb, di bulan ke 6 relaksasi ternyata rekening saya sudah di autodebet. Ya untung saja ada dana yang standby.

        Kondisi terakhir saat saya melakukan pengaduan ke 14041, pelaporan saya dimasukkan dan menunggu pihak CIMB akan call saya untuk menjelaskan terkait program yang saya ambil. Namun sudah 2 hari belum ada call back dari CIMB. Sampai saat ini apakah kakak sudah diberikan solusi oleh CIMB?

        Terima kasih.

        • Halo pak. Mereka menawarkan solusi untuk saya full payment bunga 6 bulan itu tp tetep aja jatuhnya saya yang rugi. Akhirnya saya malas ribut dan ribet saya jalanin aja 6 bulan sisanya dengan sangat berat hati. Yang lebih parah lg saya ada fasilitas pembuatan credit card dari kantor, org bank (bank orange) bilang saya tercatat di BI checking memiliki status "restrukturisasi pandemi" sehinggga tidak bisa menjalankan proses pembuatan cc. Benar2 sangat merugikan. Dlm waktu dekat saya ingin melakukan pelunasan lgdg ke kantor cabang sambil minta solusi soal status saya di BI checking

          • soory mau tanya lagi kak, full payment 6 bulan ini maksudnya di bunga saja atau termasuk pokok nya juga? lalu dari sisi nominal angsurannya lebih ringan kah?