Surat Pembaca

Ditipu Pihak yang Mengatasnamakan Shopee

Pada hari Senin pukul 15.37 saya ditelepon oleh pihak yang mengaku sebagai karyawan Shopee. Dia memberi tahu bahwa saya mendapatkan hadiah senilai 2 juta rupiah. Awalnya saya tidak percaya, tapi dia menyebutkan data-data di akun Shopee saya, berupa riwayat pembelian saya berikut dengan nomor rekening saya. Akhirnya saya percaya.

Tak lama kemudian, saya mendapatkan SMS dari Shopee yang berisi nomor OTP. Saya tidak memberikan nomor OTP, tapi saya disuruh klik link yang mereka kirimkan dan menyuruh saya mengaktifkan SPinjam saya. Karena syarat untuk mendapatkan 2 juta rupiah, harus mengaktifkan SPinjam tersebut.

Setelah itu dia menyuruh saya mengecek m-banking saya. Saya kaget karena tiba-tiba saja saldo saya bertambah. Kemudian si penelepon tadi menyuruh saya mentransfer ke rekening BCA a.n. Fajrin Shodiq dengan nomor: 3900620909.

Saya akhirnya mentransfer dana tersebut, karena saya tidak tahu kalau dana tersebut dari akun saya yang dibobol mereka.

Ketika saya laporkan kepada Shopee, mereka hanya membekukan akun saya saja dan tagihannya (yang jika ditotal itu 13 juta rupiah) tetap dibebankan kepada saya. Saya di sini sebagai konsumen merasa kecewa dengan lemahnya sistem keamanan, sehingga data saya bisa bocor begitu saja. Ketika sudah seperti ini, tidak ada titik terangnya.

Agis Sulistiyani
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • berhenti pake spaylatter Dan shopeepay segera dan tidak usah kejar koin.tokopedia itu jadi contoh adem ayem

  • Ingin hidup tenang jangan bergelut dg Riba..shopeepay riba apalagi spaylatter..masalah tambah besar...jangan tertarik sama koin ...mending koin ditoped tdk ada resikox

      • Toped biar ada saldo ndak pernah ada cerita nya saldo Ku diobrakabrik...macamsaldo Ku di shopeepay....tadinya katanya customer services lagi 2 hari baru bisa ditransfer ke shopeepay...tiba2 penipu itu bilang bisa segera dicairkan siapa yg tak kaget? shopeepay tidak aman penipu selonong boy seenakx...mbok ada kek pencegahan agar tidak dicairkan uang ku itu...jadi ada orang dalamni Kong Kali Kong sama penipu

  • Sama ka aku juga brusan kena dgn mengatas namakan Shopee, kena 100k. Ini perlu blokir bank atau ngga ya? Krna dia mnta kode otp sblmnya

  • Sama saya bulan 5 kemarin di tipu sama orang ini persis kasusnya pun juga sama
    Saya di tuntun di tlpn seperti di hipnotis.

    • Sama saya juga, sebelumnya saya sudah sangat berhati hati terhadap telfon & link karna memang marak penipuan, tapi balik lagi bagi yang tidak mengalami jangan menjudge yang ketipu itu tinggal di goa.. karna penipu ini dia lewat jalur mana aja.. bukan sekedar telfon dari nomer tidak di kenal ujuk ujuk di angkat..

      Saya telfon kurir shopee express menanyakan barang saya & minta tolong di kirimkan lagi ke alamat saya yang "lain".. lalu dari situ di kirimlah link buat ganti alamat yang ternyata itu link pembelian barang baru yang nyambung ke spaylater. dari sini lah saya tau kalau ternyata ada sebagian oknum orang dalam yang memang mau cari rezeki tidak halal, mereka kerja sama baik kurir, penjual, dll... ini sperti sindikat.. karna di sistem pun status pengiriman bisa selesai walaupun lokasinya tidak sesuai dengan yang tertera dalam pesanan.. bahkan minta pengembalian dana susahnya minta ampun walaupun bukti sudah jelas barang tidak dikirim. dan yang di tipu ini kalo dia lagi butuh & dalam keadaan genting tidak akan di kasih waktu buat mikir atau membaca dengan teliti.

      Tapi tentu saja lebih banyak pihak shopee yang jujur drpd oknum nakal yang sudah lihai ini tadi.. semoga kita selalu di lindungi & di hindarkan dr oknum nakal.

      Buat yang tidak pernah ketipu semoga jangan sampek ketipu, tapi jagalah lisan kalian, kalo tidak ada yang share kasus penipuan begini juga kalian gak akan tau jenis jenis apa saja penipuan bisa terjadi..