Laporan Gangguan XL HOME Tidak Ditanggapi dengan Baik

Nama saya Fikri (ID Pelanggan 38347136). Dalam sebulan ini, saya sering mengalami kendala internet dengan ISP XL HOME. Saya sebelumnya tidak terlalu menggubris karena saya juga memakai IndiHome di rumah, dan jika terjadi kendala dengan XL HOME, saya hanya tinggal beralih ke IndiHome.

Sampai suatu ketika pada tinggal 9 Mei 2021, karena saya merasa bingung dengan jaringan Internet XL HOME yang tidak kunjung membaik, saya mulai membuat laporan gangguan dengan menelpon CS XL HOME. Setelah membuat laporan, notifikasi tiket perbaikan masuk ke email yang telah saya daftarkan.

1 jam setelah tiket perbaikan masuk, masuk lagi untuk notifikasi ke email saya bahwa kendala yang terjadi telah berhasil “Diperbaiki”.

Saya waktu itu bingung, karena tidak ada yang menghubungi saya terkait perbaikan maupun mengkonfirmasi apakah kendala yang terjadi sudah normal kembali. Saya berpikir, mungkin inilah kecanggihan teknologi.

Kemudian, saya tes browsing dengan XL HOME saya, tapi tidak ada perubahan dan masih berkendala. Akhirnya saya ulang proses di atas hingga 3 kali dan proses “perbaikan” yang terjadi pun tetap sama. Setelah tiket perbaikan terbit, 1 jam kemudian tiket perbaikan tersebut di-close dengan sendirinya tanpa konfirmasi dengan pelanggan.Notifikasi PerbaikanTiket di tutup dengan sendirinya 1 Jam kemudian, tanpa konfirmasi dengan pelanggan

Setelah habis kesabaran saya, dalam laporan ke-4, saya luapkan amarah saya ke CS yang menerima saat itu (maaf ya mbak). Saya jujur sangat kecewa dengan pelayanan seperti ini. Namun di laporan ke 4 ini, saya sedikit mendapat secercah harapan. Saya dihubungi oleh bagian yang “menangani” masalah yang serupa dengan saya.

Lantas saya tanya, “Kenapa?” Lalu mereka menjawab bahwa perangkat mengalami overheat, sehingga harus dilakukan restart berkala. Lalu saya tanya, bukankah jika perangkat tersebut gampang kepanasan, berarti perangkat itu sudah tidak layak pakai? Mereka hanya berkata, jika ingin melakukan pergantian perangkat, maka akan di kenakan biaya sebesar 1 juta rupiah. Nominal yang sangat fantastis untuk sebuah router standar.

Lalu saya tanya, gimana jika perangkat rusak? Lalu mereka menjawab lagi, mereka akan mengirimkan teknisi untuk cek keadaan perangkat. Jika perangkat memang rusak, maka akan dilakukan perbaikan. Lalu saya balas lagi, berarti untuk kasus seperti saya ini, penggantian perangkat sangat diperlukan, karena perangkat tidak dapat bekerja dengan normal. Lalu dijawab lagi dengan mereka, untuk masalah seperti saya itu tidak diperlukan penggantian perangkat.

Oke, baiklah saya terima penjelasan ini. Saya akhiri panggilan dan saya kerjakan sesuai intruksi. Saya restart perangkat setiap terjadi kendala. Dalam sehari, saya memerlukan 4 pasang tangan untuk menghitung banyaknya saya harus me-restart perangkat saya. 2 Minggu berlalu dan tepat pada hari ini (13 Juni 2021). Saya memutuskan untuk melanjutkan laporan tanggal 8 Mei 2021 lalu. Seperti yang saya duga, siklus seperti di atas terjadi lagi.

Fikri Ridho Hidayat Putra
Balikpapan, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL HOME:
[Total:5    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan XL Axiata untuk keluhan Bapak Fikri Ridho

Jakarta, 26 Juni 2021 Ref.CM/CU/EA/6868/0621/NT Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Fikri melalui media...
Baca Selengkapnya

Loading...

9 komentar untuk “Laporan Gangguan XL HOME Tidak Ditanggapi dengan Baik

  • 14 Juni 2021 - (09:47 WIB)
    Permalink

    untuk masalah jaringan itu susah, gw aja yg internetnya lemot kagak dapat perbaikan dari operator. mau ganti, operator lain jg sama aja lemot.

  • 14 Juni 2021 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Dagangan mereka kan Fiber, tapi itu cuman text ya. Fiber berupa text yg di ketik.

    Koar2 dengan bangganya, bahwa Internet Kabel Fiber Optik, jarang gangguan dan internet lebih stabil.

    • 14 Juni 2021 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Sebenernya, bagus niatnya XL Home ini. Mereka memberikan kecepatan internet yang fantastis dengan harga yang amat sangat terjangkau. Di bandingkan tetangga sebelah (Indihome) yang kecepatan standar dengan harga yang agak mencekik leher. Jujur saya waktu itu curiga dengan kotrak yang menyatakan saya harus belangganan selama 1 tahun dulu untuk bisa berhenti berlangganan. Tapi saya waktu itu berpikir, separah apa sih memang masalahnya. Keluhan saya selama pakai indihome itu kebanyakan cuma lampu los nyala (putus kabel entah dimana) dan jika kita melapor, hari itu juga akan di kerjakan. Lebih baik mahal tapi stabil, ketimbang murah tapi sering berkendala. Pelajar berat juga untuk saya ini.

  • 14 Juni 2021 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Update : Senin 14 Juni 2021, Hari ini seharusnya ada teknisi yang datang jam 18.00 WITA tadi.
    sekarang jam 19:26 WITA…

  • 14 Juni 2021 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Update : Senin 21:58 WITA. Teknisi datang sekitaran jam 8an. Setelah di cek mereka, katanya sedang ada loss speed di balikpapan. Saya senang sudah dapat kejelasan kaya gini. Tapi, yang saya sayangkan itu, mereka tau sedang ada masalah jaringan, tetapi memilih tidak untuk memberi tahu pengguna. Buktinya apa? buktinya adalah 3 tiket keluhan saya yang di close secara sepihak. Mohon yang menangani masalah jaringan XL Home di tingkat pusat sana, di catat ini.

  • 21 Juni 2021 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang kurang lebih sama, telah mengajukan pengaduan lewat email, hanya diminta data pribadi, lalu tidak ada tindak lanjut.

    Saya cioba menggunakan media IG, hanya ditanyakan alamat di mana’lalu tidak ada tindak lanjut.

    Apakah after sales service XL HOME seperti ini?

 Apa Komentar Anda mengenai XL HOME?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Laporan Gangguan XL HOME Tidak Ditanggapi dengan Baik

oleh Matasaka dibaca dalam: 2 menit
9