Kecewa, Tokopedia dan Bank Mandiri Tidak Mau Mengembalikan Saldo Top Up e-Money yang Gagal

Top up saldo e-Money Mandiri melalui Tokopedia bermasalah. Pada tanggal 30 Mei 2021, saya melakukan pengisian saldo e-Money melalui Tokopedia sebesar Rp500.000. Ketika saya ingin update saldo kartu melalui ATM Mandiri, ternyata tidak bisa dan gagal, kartu tidak terbaca.

Bukti Top-up E-money Gagal Update

Berhubung saya ada tugas keluar kota, saya terpaksa memakai kartu operasional kantor. Pada hari Jumat, tanggal 04 Juni 2021, saya mencoba mendatangi Bank Mandiri KCP Taman Semanan Indah Rawabuaya Jakarta Barat. Saya menceritakan kepada karyawati bank, bahwa saya sudah top-up melalui Tokopedia, tapi tidak bisa update saldo dikarenakan kartu tidak terbaca alias rusak. Padahal 1 hari sebelumnya kartu masih bisa dipakai, sebelum top up melalui Tokopedia.

Selanjutnya dibuatkan laporan untuk menggantikan kartu dan untuk refund uang yang gagal top-up melalui Tokopedia. Hari Senin tanggal 07 Juni 2021 saya dihubungi pihak Bank Mandiri KCP Taman Semanan Indah bahwa proses refund kartu e-money saya ditolak, karena transaksi tsb gagal melalui Tokopedia, dan saya disarankan untuk menghubungi partner (Tokopedia) untuk masalah refund.

Tanggal 07 Juni 2021 saya langsung menghubungi Tim Tokopedia Care dan dibalas bahwa masalah sedang diteruskan ke pihak bank terkait. Namun sampai tanggal 14 Juni 2021, tidak ada kabar dari pihak Tokopedia. Saya mencoba menghubungi kembali Tokopedia pada tanggal 14 Juni 2021 dan dibalas bahwa saat ini masih dalam proses pengecekan pihak partner.

Saya menanyakan kapan masalah ini akan selesai? Dibalas oleh Tim Tokopedia Care bahwa masalah ini akan jadi prioritas dan mereka akan segera menghubungi kembali. Namun sampai detik ini, tanggal 19 Juni 2021, saya tidak pernah mendapatkan kabar dari pihak Tokopedia. Di manakah profesionalisme Tokopedia terhadap konsumen?

Saya sebagai konsumen Tokopedia sangat kecewa terhadap masalah ini, yang sampai sekarang tidak kunjung selesai selesai. Apakah pihak Tokopedia dan pihak Bank Mandiri tidak mau bertanggung jawab? Bagi saya sebagai supir, uang sebesar itu sangat berarti. Saya minta masalah ini dapat segera diselesaikan.

Saya berharap kepada Tokopedia untuk cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah top up ini. Saya merasa dirugikan. Semoga melalui surat di Media Konsumen ini, pihak Bank Mandiri dan Tokopedia merespon segera masalah yang saya hadapi.

Iskandar Zulkarnain
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:10    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Kecewa, Tokopedia dan Bank Mandiri Tidak Mau Mengembalikan Saldo Top Up e-Money yang Gagal

  • 19 Juni 2021 - (14:56 WIB)
    Permalink

    Cashless payments (mindahin saldo OVO ke e-money) harusnya praktis, tapi malah nambah masalah n kerjaan.

    1
    1
  • 19 Juni 2021 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami kejadian serupa tapi topup lewat mobile banking Mandiri (Sekarang Livin’). Penyelesaiannya cepat sekitar seminggu dan kartu yg rusak digunting sama mereka. Kalau kasus anda memang nyangkutnya di Toped, mungkin pihak toped ragu, jangan2 setelah duitnya di refund, nanti kartunya jadi bisa dipake? Nah seharusnya memang kartunya digunting dan saldo yg ada di kartu plus yg error di refund.

  • 21 Juni 2021 - (10:11 WIB)
    Permalink

    sharing aja sih, dulu saya pernah top up e toll 150rb melalui tokopedia, namun tidak bisa masuk meskipun sudah update saldo, saya diamkan saja sih, tidak minta refund

    eh berbulan bulan kemudian(hampir satu tahun) masuk tuh saldo tiba2 di e toll wkwkwkwk

    bukan berarti akan sama ya, semoga berhasil refund nya

  • 25 Juni 2021 - (01:27 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Media Konsumen, keluhan saya dengan Tokopedia Dan Bank mandiri Sudah Selesai
    Yang Berjudul.
    (Kecewa, Tokopedia dan Bank Mandiri Tidak Mau Mengembalikan Saldo Top Up e-Money yang Gagal)

    Dalam Kesempatan Kali Ini saya memberikan terima kasih yang setinggi tingginya kepada Media Konsumen yang telah bersedia menerbitkan artikel saya, sehingga pihak Tokopedia segera menyelesaikan laporan saya dan saat ini sudah selesai.

    Saya juga berterima kasih kepada pihak Tokopedia, yang telah menghubungi saya dan Merespon Keluhan Saya Dengan Baik Dan Bank Terkait.

    Sekali lagi Terima kasih Media Konsumen, terima kasih Tim Tokopedia Care yang sudah menyelesaikan Keluhan saya dengan baik.

    Jakarta 23 Juni 2021

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kecewa, Tokopedia dan Bank Mandiri Tidak Mau Mengembalikan Saldo Top U…

oleh iskandar zulkarnain dibaca dalam: 1 menit
8