Surat Pembaca

Pelayanan Gramedia Online Lambat

Tanggal 11 Juni 2021, saya membeli komik Conan 4 buah, dengan nomor pesanan: EF111GBTJHSC25. Ini adalah pembelian online pertama saya via aplikasi Gramedia, karena selain menawarkan diskon yang cukup menarik, pembelian buku online relatif lebih aman di masa pandemi seperti saat ini.

Tanggal 14 Juni 2021, saya menghubungi customer care (CS) Gramedia, karena status pesanan saya belum berubah sejak dari tanggal 11 juni, yaitu “Pesanan disiapkan”. Saat itu CS menjawab bahwa pesanan akan diproses hari itu juga dan status pesanan akan berubah.

Tanggal 15 Juni 2021 saya kembali menghubungi CS Gramedia, karena pesanan belum kunjung diproses dan status pesanan masih belum berubah. Jawaban CS saat itu, pesanan sedang disiapkan oleh tim terkait dan info selanjutnya akan dikirim via email.

Tanggal 16 Juni 2021 saya kembali menghubungi CS Gramedia karena masih belum ada info terkait kejelasan pesanan saya. Saya menanyakan kapan estimasi pesanan saya dikirim. Namun CS belum dapat memberikan info terkait estimasi pengiriman.

Tanggal 17 Juni 2021 saya kembali menghubungi CS Gramedia. Saat itu dijawab bahwa pesanan akan diproses sekitar 1-2 hari ini.

Sampai tulisan ini dibuat, yaitu tanggal 19 Juni 2021 pukul 16.42 WIB, saya kembali mengecek status pesanan saya, ternyata statusnya masih sama seperti tanggal Juni 2021 waktu selesai pembayaran.

Nama besar Gramedia ternyata belum cukup untuk memberikan pelayanan terbaik dalam penjualan online, infrastrukturnya tampaknya belum siap. Mungkin seharusnya Gramedia kerjasama dengan toko-toko online yang sudah mapan, agar tidak mengecewakan konsumen setianya.

Darmawan Dwi Hananto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Alhamdulillah hari senin 21 Juni pesanan saya dari Gramedia sudah sampai, 4 buah komik + bonus. Terima kasih kepada Gramedia & Media Konsumen, yang mereapon dengan cepat keluhan konsumen. Semoga kedepannya pelayanan penjualan online Gramedia bisa lebih ditingkatkan, karena penjualan online sangat efektif di masa pandemi. Sekali lagi terima kasih banyak ???

      • berarti setiap belanja di gramedia online harus dibarengi dengan surat pembaca agar cepat dikirim..

  • Kalau gak salah Gramedia punya toko resmi di shoope sama Tokopedia kok. Tapi diskon di gramedia.com nya memang luar biasa sih, di waktu tertentu ada yang sampe 90%. Lumayan buat anak2 belajar baca