Masalah Saat Check-In Citilink

Pada tanggal 19 Juni 2021 saya bersama rekan kerja saya bermaksud untuk melakukan penerbangan dengan menggunakan pesawat Citilink Indonesia dengan rute CGK – BPN pukul 6.30 pagi. Saya tiba di bandara CGK pukul 5.00 pagi dan mencetak boarding pass pukul 5.10 pagi. Setelah itu, saya validasi tes antigen ke KKP.

Setelah validasi selesai, saya ke konter bagasi, dan saat itu panjang antriannya. Saya menunggu hingga waktu antrian saya tiba. Setelah masuk konter bagasi, saya disuruh langsung masuk boarding dan bawa bagasinya. Kata petugasnya jika tidak langsung tidak akan bisa masuk pesawat.

Namun setelah saya masuk ke security chek 2, bagasi saya ditahan security karena ada barang (tools) besi, sehingga tertahan. Saya disuruh meminta bantuan staf Citilink di pintu 13. Lalu saya ke staf Citilink pintu 13, tapi petugasnya tidak mau membantu, malah disuruh ke pintu 27. Seandainya petugas yang di pintu 13 membantu, tidak akan seperti ini.

Lalu saya ke konter 27, petugasnya bilang “Pak ini udah gak bisa, harus ditinggal saja,” dan menyuruh ke bagian informasi ke konter awal Citilink. Setelah itu kita ditinggal penerbangan. Saya meminta penerbangan di hari yang sama, akan tetapi tidak bisa dengan catatan full.

Kemudian saya menelepon call center Citilink untuk meminta solusi. Call center menyuruh untuk membuat surat ke customer service Citilink, dengan memberikan pernyataan lengkap. Namun bagian CS hanya bisa memberikan screenshot saja yang di-print.

Dengan ini saya meminta pihak Citilink Indonesia untuk memberikan kompensasi atas tiket kami berdua yang tidak bisa kami pakai. Yang saya pertanyakan:

  1. Kenapa pihak konter bagasi menyuruh kami membawa bagasi ke atas, padahal sudah saya bilang ada tools besi?
  2. Kenapa staf Citilink konter 13 nggak mau membantu kami dan malah menyuruh ke konter 27 yang jauh?
  3. Bagaimana pelayanan Citilink buat kami pelanggan setia?

Saya sangat kecewa dengan pelayanan ini, padahal saya selalu menggunakan Citilink. Namun setelah ini saya sangat sakit hati karena ditelantarkan tanpa ada solusi yang pasti. Mohon dengan sangat kepada Citilink Indonesia mengabulkan permintaan refund kami dengan kode booking: XBTDWC.

Terima kasih. Salam.

Agus Muhamad Zamil
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Citilink:
[Total:12    Rata-Rata: 1.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

3 komentar untuk “Masalah Saat Check-In Citilink

  • 21 Juni 2021 - (15:35 WIB)
    Permalink

    Kalau merunut waktu kejadian seharusnya waktu anda cukup sampai boarding, cuma karena terhadang validasi tes antigen sepertinya waktu banyak terbuang disana. Seharusnya setelah print BP langsung check-in bagasi kali ya…
    Kebetulan dulu pernah kerja sebagai staff C/I jadinya paham kalau waktu yang ada tidak akan cukup buat bagasi anda check-in makanya disuruh untuk dibawa saja, mesti anda bilang ada tools, nanti kalaupun dipaksakan yang ada, anda sampai tujuan, bagasi anda tertinggal. Memang serba salah jadinya. Ya semoga Citilink memberikan kompensasi apapun itu. Good luck.

    • 21 Juni 2021 - (17:24 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas sarannya, namun sebelumnya mohon maaf, untuk validasi kkp sangat lancar, tdk terjadi antrian yg sangat banyak, namun saat bagasi checkin antrian panjang dan khususnya di konter checkin no pertama di sebelah kanan setelah masuk dari luar bandara ( saya lupa no berapa) lama prosesnya tidak maju2..

  • 21 Juni 2021 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas sarannya, namun sebelumnya mohon maaf, untuk validasi kkp sangat lancar, tdk terjadi antrian yg sangat banyak, namun saat bagasi checkin antrian panjang dan khususnya di konter checkin no pertama di sebelah kanan setelah masuk dari luar bandara ( saya lupa no berapa) lama prosesnya tidak maju2..

 Apa Komentar Anda mengenai Citilink?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Masalah Saat Check-In Citilink

oleh Agus Muhamad zamil dibaca dalam: 1 menit
3