Leasing FIF (FIFGROUP) Membohongi Nasabah

Saya salah seorang nasabah FIF yang menggadaikan BPKB, karena ada kebutuhan mendesak. Pada tanggal 7 Mei 2020 saya melangsungkan akad kredit. Sesuai dengan kontrak kredit, saya selalu bayar tepat waktu.

Saya mengalami kejadian pada tanggal 14 Agustus 2020 pukul 19.00 WIB, motor saya hilang dan saya pun telah melaporkan hal ini kepada pihak kepolisian.

Pada tanggal 18 Agustus 2020, saya datang ke kantor leasing FIF di daerah Cibubur, bermaksud melaporkan kehilangan motor saya. Saya diberikan solusi, jika saya bayar Rp2.500.000 maka hutang cicilan saya lunas, dengan syarat BPKB ditahan. Saya sebagai pemilik BPKB merasa keberatan dan meminta alasan kenapa BPKB saya harus ditahan? Pihak leasing FIF menjawab karena sudah ketentuan perusahaan dan menyekolahkan BPKB itu TIDAK DIASURANSIKAN. Karena saya masih belum menerima keputusan itu, akhirnya saya pulang.

Pada tanggal 28 Agustus 2020, saya kembali lagi menemui pihak leasing FIF dengan membawa uang yang diminta. Sesampainya di sana, saya mau membayar sesuai nominal yang diminta, asal BPKB saya dikeluarkan. Namun pihak leasing FIF tetap tidak mau mengeluarkan BPKB saya.

Kemudian pihak leasing FIF memberikan pilihan:

  1. Jika saya membayar Rp2.500.000, dengan syarat BPKB saya tetap ditahan.
  2. Jika saya membayar Rp6.000.000, BPKB saya baru dikeluarkan.

Saya tanya kepada mereka, kenapa harganya berubah? Berarti, dengan kata lain BPKB saya ada harganya. Namun mereka tidak bisa memberikan jawaban untuk hal tersebut.

Saya pun mencari informasi mulai dari pakar ekonomi, tim acc leasing BAF dan dari berbagai media. Jika menyekolahkan BPKB, biasanya diasuransikan, apalagi BPKB saya telah didaftarkan sebagai jaminan Fidusia. Benar saja, setelah saya cek SLIK OJK tertera jika BPKB saya DIASURANSIKAN.

SLIK OJK

Hingga saat ini pun pihak DC leasing FIF tidak pernah menemui saya. Akan tetapi karena permasalahan ini, SLIK OJK saya jadi jelek dengan mendapat status kualitas 5. Padahal saya orang yang selalu taat bayar. Saya ingin pihak leasing FIF segera mengubah data saya, karena saya merasa ini suatu kebohongan dan permainan pihak leasing FIF yang ingin membodohi nasabah.

Terima kasih.

Dina Rosdiana
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai FIFGROUP:
[Total:374    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

25 komentar untuk “Leasing FIF (FIFGROUP) Membohongi Nasabah

    • 23 Juni 2021 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Kalau gak diambil tar diklaim asuransinya, berarti keenakan leasing dpt 2x dari nasabah dan dari klaim asuransi

      11
      1
      • 23 Juni 2021 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Asuransi yang anda perjuangkan itu berbeda.

        Jika anda beli unit baru di Dealer: Namanya asuransi Pembiayaan. Asuransi Pembiayaan memang Lengkap beserta asuransi kehilangan unit. Karena saat itu status unit masih milik Leasing.

        Tapi asuransi yang diberikan pada anda bukan itu.

        Coba anda pelajari lagi.

        Anda punya unit dibeli Lunas, sudah jadi milik anda. Trus anda pinjam duit dengan menjaminkan Unit itu. Unitnya hilang. Itu unit milik anda yang hilang, bukan unit milik leasing. Jadi sebenarnya sisa hutang anda tidak berpengaruh sama sekali. Tagihan anda normal.

        7
        7
        • 23 Juni 2021 - (10:43 WIB)
          Permalink

          Itu asuransi beda lagi, kalau unit baru nama asuransinya TLO, tapi kalau pembiayaan namanya Asuransi Kredit buktinya di SLIk OJK saya Asuransi terdaftar padahal pihak leasing bilangnya gak terdaftar berarti bohong dong, wajar saya tanyain.

        • 23 Juni 2021 - (18:33 WIB)
          Permalink

          Semua perusahaan leasing tidak ada istilah menggadaikan BPKB, namanya adalah refinancing dan pasti salah satu syarat wajib nya adalah harus diasuransikan TLO untuk motor !!!
          Jadi gak ada bedanya, semua leasing pasti akan mengasuransikan TLO saat ada nasabah yg refinancing, gak ada asuransi kredit tapi pasti asuransi notor TLO.

          • 23 Juni 2021 - (20:55 WIB)
            Permalink

            Ya berarti ada asuransinya kan tapi knp anehnya pihak leasing malah blg gak ada asuransi.

          • 23 Juni 2021 - (22:55 WIB)
            Permalink

            Itulah mengapa riba itu dilarang dalam Islam. Menyelesaikan masalah dengan masalah.

    • 24 Juni 2021 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Buka aja bu perjanjian kredit nya seperti apa yang dilakukan. Supaya jangan terpengaruh oleh orang lain yg sok tau.

      Apakah anda ada bayar premi asuransi didepan..? Kalau ada lihat asuransi apa yang anda bayarkan.. asuransi itu banyak.. ada asuransi kematian nasabah,. Ada asuransi kehilangan motor.,. Ada asuransi hanya kerusakan motor.

      BPKB sama pihak jasa pembiayaan adalah hak nasabah selagi nasabah melakukan pembayaran sesuai dengan hutang perjanjian.. coba cek berapa kali sisa angsuran anda dikalikan dengan angsuran perbulan dan ditambah denda yang ada. Cukup bayar sesuai dengan perjanjian, bpkb adalah hak anda karena itulah akad perjanjiannya.

  • 23 Juni 2021 - (05:23 WIB)
    Permalink

    Yaaahhhhh .. begitulah berurusan dengan bank. Semoga ada pelajaran dr semua itu. Jangan lagi berurusan dengan bank untuk waktu waktu yg akan datang

    5
    2
  • 23 Juni 2021 - (06:18 WIB)
    Permalink

    Itu kebobrokan bank maupun leasing krna mrka penipu semua..jd kenapa kita bingung…klu mtr sdh hilang y ngapain diurus..maslh slik ojk biarin aja…kita mash bisa pinjem kok asalkan uang dpnya kita besarin beres urusannya…apa sih yang tdk bisa dilakukan dinegara kita..semua bisa dilakukan,jadi tenang aja..

    11
    1
    • 23 Juni 2021 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Kalau mau pinjam dibank nya susah pak krn dikit2 liat SLIK jadi sy cuma mau dari pihak leasing benerin data saya

      • 23 Juni 2021 - (19:42 WIB)
        Permalink

        Koq jdi ribed ya…lunasi atau byar cicilan sesuai tenor..lunas ambil bpkb… selesai..
        Selama byr ontime tdk akan ada masalah.

        • 23 Juni 2021 - (21:00 WIB)
          Permalink

          Ya ribetlah krn ada hak sy unk terima informasi jls tentang asuransi.
          Sy org yg taat bayar liat aja history slik sy cuma krn motor hilang klu ada asuransi ya dicover sm asuransi

  • 23 Juni 2021 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Tenang pak.. Kredit bapak jelek itu cuman setahun aja koq. Saya kapok pake leasing itu belom telat ditelponin telat sehari ditelponin berkali2 sampe seminggu didatengin DC.. kita melakukan kredit pasti diasuransikan karena bank atau lembaga keuangan lainnya tidak mau rugi jika terjadi gagal bayar..

    5
    4
    • 23 Juni 2021 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Serius mbak cuma setaun di SLIK OJK soalnya aku udh hampir setahun tetap kredit jelek

      • 23 Juni 2021 - (09:35 WIB)
        Permalink

        Data kita tetap ada di slik ojk.sampai kapanpun ada historynya.jadi selesaikan sampai tuntas.bila perlu lapor ke polisi.jika kelak anda tidak ingin kpr atau berurusan dengan pihak bank ya abaikan aja.

          • 23 Juni 2021 - (10:12 WIB)
            Permalink

            Bangun dong nak udah siang, meski mimpimu terlalu indah.

          • 23 Juni 2021 - (12:15 WIB)
            Permalink

            Kalau sudah beres masalahnya,data slik ojk juga akan berubah seiring laporan leasing.kalau tdk ada bisa minta surat lunas.

  • 23 Juni 2021 - (16:06 WIB)
    Permalink

    bayar aja kak ..
    sliknya nanti jelek terus , klo g lunas2 ..

    ada coll 3 & 5, susah nanti klo kredit2 ..

    klo lunas , nanti 5 th baru hilang historynya

    • 23 Juni 2021 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Rugi klu sy bayar mgkn asuransinya udh diklaim krn kan klaim asuransi gak bs lama2 habis laporan kehilangan biasanya ada abatas waktunya.

  • 23 Juni 2021 - (17:54 WIB)
    Permalink

    Mending datengin kantor ojk pak,jelaskan permasalahannya di sana…nanti di kasih masukan/solusi oleh pihak OJK..apa dan bagaimananya pasti di kasih tau.

  • 24 Juni 2021 - (22:28 WIB)
    Permalink

    Coba cek lg slik OJK ibu. sudah berubah blm. Ini kan sudah bulan Juni tahun 2021. Kejadian tahun lalu bulan 8 tahun 2020.
    Mana tau pelaporan ke BI sudah ter input. Kalo blm bukti kehilangan dari kepolisian jangan sampe ilang. Disimpan. Mana tau ibu perlu utk pembiayaan lagi ke bank atau non bank.

 Apa Komentar Anda mengenai FIFGROUP?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Leasing FIF (FIFGROUP) Membohongi Nasabah

oleh Dina dibaca dalam: 1 menit
25