Surat Pembaca

Transfer Tidak Masuk, Tapi BCA Mengatakan Uang Sudah Masuk Rekening Penerima

Saya sangat sangat kecewa dengan pelayanan Bank BCA melalui costumer servicenya. Melalui email halobca@bca.co.id Saya mengeluhkan seperti ini :

“Hallo saya memiliki Rekening di bca atas nama Kiki nopiani dengan nomor rekening 734002****
Ingin mengeluhkan kendala yang sya alami.

Kronologi :
Pada tanggal 14 Juni 2021 10:16:59 saya melakukan Transfer dari Mobile banking rekening saya ke nomor rekening BRI 55710100966***** atas nama Me*** Ah*** senilai Rp. 500.000, saldo saya terpotong dan transfer berhasil dengan nomor Ref 486945 dan nomor urut 023336.
Namun sampai hari ini 21 Juni 2021 (7 Hari) sejak saya transfer, tidak ada uang masuk ke nomor rekening yang dituju. Saya sudah coba telpon ke hallo bca sebanyak 2 (dua) kali. Telpon pertama saya mendapat nomor laporan 2078469450. Telpon ke dua hanya disuruh menunggu. Namun sampai detik ini tidak ada kejelasan sama sekali.
Saya sudah melakukan cek mutasi rekening di nomor rekening BRI, sudah ke bank bersangkutan juga namun memang tidak ada dana masuk.
Demi kenyamanan pengguna BCA dan agar BCA bisa menjadi lebih baik lagi Mohon kepada anda yg membaca surat ini segera di tindaklanjuti masalah saya dengan serius. Bukan masalah nominal tapi saya ingin bank sebesar BCA menyelesaikan msalah dengan profesional dan cepat.
Semoga segera terselesaikan. Terima kasih.

Tapi balasan yang saya dapat malah seperti ini :

“Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan  Bapak / Ibu KIKI NOPIANI
telah memilih BCA sebagai sarana transaksi perbankan. Menindaklanjuti keluhan hasil transfer belum masuk, yang Bapak / Ibu KIKI NOPIANI ajukan melalui Halo BCA dengan ID laporan (ID 2078469450) , berikut kami informasikan bahwa transaksi tersebut sudah berhasil dan masuk ke penerima dana dengan nomor rekening 55710100966**** pada tanggal 14/06/2021”

*gambar 1 : status transfer berhasil di m-banking saya (BCA)
*gambar 2 : Mutasi rekening 5 transaksi terakhir di Bank penerima (BRI).

Saya mau push ke BRI tidak bisa, karena tidak punya data resmi seperti nomor transfer dll, pihak BRI pun tidak bisa menginvestigasi masalah ini karena berbeda perusahaan, bukan ranah mereka untuk menanyakan ke BCA. Harusnya pihak BCA lah yang aktif menginvestigasikan dan bertanya ke bank BRI dengan berbekal data valid di sistem mereka.

Saya berharap dengan mengadu ke BCA akan dibantu push ke pihak BRI dgn riwayat, data dari mereka. Tapi nyatanya petugas BCA hanya berpatokan pada status tulisan di layar komputer tanpa meninjau lebih lanjut permasalahannya.

Sekali lagi ini memang nominal yang saya kirim mungkin kecil, namun jika 1% dari 15 juta pengguna aktif layanan BCA mobile mengalami kejadian serupa dengan saya maka pelayanan BCA wajib dipertanyakan.

Tolong kepada pihak BCA untuk menyelesaikan masalah saya dan hubungi saya melalui email kikinopiani36@gmail.com

Kiki Nopiani
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Halo bu kiki, ini berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri transfer uang ke rekening atas nama saya sendiri, pada saat transaksi transfer uang dari bank A ke bank B melalui ATM dan saya komplain ke bank A karena dana belum masuk ke bank B. Kemudian saya print out buku tabungan dari kedua bank, Setelah dilihat oleh bank A hasil print out buku tabungan bank B saya dan dana memang belum ada masuk lalu bank A membuatkan laporan atas permasalahan saya untuk diinvestigasi oleh bank A. Prosesnya kurang lebih selama 14 hari kerja, hasilnya bank A mengembalikan dana saya. Semoga permasalahan bu kiki segera ditindaklanjuti oleh bank BCA.

    • Terimakasih kak.
      Sayangnya pihak BCA tidak meminta hal seperti itu ketika saya hubungi mereka melalui email. Balasan yang saya dapat sama persis seperti diatas.

      • Kasus sama seperti yg sya alami sekarang.sya dapt transfer dri konsumen.trnfr melalui BCA ke BRI dngn jumlah 2,5jt sya cek ke BRI uang jg blm masuk..
        Sampe pusing sya ini

  • Terimakasih kepada tim BCA yg langsung menghubungi saya.
    Untuk saat ini uang sudah terkirim ke rekening penerima.

    • Saya mau tny mba Kiki.. BCA akhirnya menyelesaikan dgn cara apa hingga transfer brrhasil masuk? Syarat-syarat apa yg BCA minta? Mohon tanggapannya

  • Pengalaman saya transfer dari BNI ke BRI sama seperti Mbak Kiki, saldo sudah terdebit tapi dana tidak masuk, saya lapor ke BNI dan oleh BNI akhirnya dana dikembalikan dalam kurun waktu kurang dari 14 hari, transfer ke BRI dari Bank yg berbeda sering tidak sampai padahal saldo sudah terpotong

  • kemarin saya tf juga demikian udah di kasih kode pelaporan kira kira berapa hari ya uang dikembalikan? terus harus gak lapor ke bank yg dituju?

  • Bos saya mau tanya saya pernah kirim uang 10 juta pkai rekening BCA ke rekening BRI adik saya bulan 7 tanggal 06-2021 tapi adik saya baru cek uang tanggal 25-09-2021 apakah masih bisa di urus. Mohon tanggapan nya bos solusi nya gimana

  • assalamualaikum saya juga mengalami hal yang sama ,dipemberitahuan dipengirim sudah terkirim, dimutasi saya pun sudah masuk ,lalu pas saya cek ternyata belum ada nambah saldo di rekening ,pas saya luar diinbox ternyata belum ada laporan, itu gimana ya solusinya ? trimakasih

  • halo bu, bila berkenan mohon sharing pengalamannya tentang apa saja yang harus dilakukan dan proses proses nya. karena saya juga mengalami hal serupa

  • uang saya sampai hari masih belum kembali sudah satu minggu lebih..bca tidak profesional kalo menyangkut uang nasabah..tapi kalo giliran kewajiban nasabah tidak akan di tunda satu jam juga..licik ini bca

  • Saya jg lagi alami ini. Udah 2x tlpn suruh nunggu2 nunggu dan nunggu. Baru 2 hari sih kita lihat sampai kapan.

    • untuk saat ini apakah transaksi sudah masuk? Dikarenakan saya juga mengalaminya, sudah telpon namun hanya disuruh menunggu

  • Saya juga mengalaminya, dari BCA istri ke BRI saya, 500ribu, laporan di bca sudah terpotong, di bri tidak masuk satupun

    • Aku baru ngalami dpt transferan dari boss 3 juta rupiah bukti ada tp sampai sekarang uang blm masuk..padahal si pengirim sudah terpotong saldo nya plus biaya admin..memang bank BCA sekarang ber masalak