Kacaunya Sistem Peringatan dan Respon Customer Service Shopee

Saya seorang penjual di Shopee berstatus Star+ Seller, tanggal 23 Juni 2021 pukul 17.26 mendapatkan notifikasi dari Shopee yang isinya memperingatkan toko saya akan dinonaktifkan status Star+ nya karena menjual Jam Meja/ Weker yang dilarang dijual oleh Penjual Star/Star+ dan diminta untuk segera menghapus produk tersebut paling lambat hari Jumat tanggal 25 Juni 2021 bila ingin mempertahankan status itu. Pada saat itu juga saya segera mengirimkan email ke CS Shopee melalui menu Pusat Bantuan dengan nomor tiket #178842819 mempertanyakan maksud notifikasi peringatan itu.

Sungguh aneh seumur hidup saya belum pernah mendengar ada produk jam weker terlarang. Seperti apakah jam weker terlarang menurut Shopee? Weker itu adalah weker digital biasa dari merek ternama Jepang dan produk pun bergaransi resmi. Saya juga sudah menjual produk itu sejak 5 tahun lalu di Shopee, dan produk itu hanyalah satu dari ratusan weker analog dan digital yang ada di display toko saya di Shopee, tapi mengapa hanya 1 weker ini yang secara tiba-tiba dianggap terlarang oleh sistem Shopee?

Pada hari yang sama pukul 20.49, CS Shopee merespon email saya untuk menginfokan product id barang yang terkendala dan saya segera memberikan screenshot produk itu dari halaman produk di toko saya. Lalu pukul 23.25, ada balasan lagi dari CS Shopee menyampaikan bila notifikasi warning terhadap seller untuk memberitahu adanya penurunan performa toko dalam memenuhi kriteria sebagai penjual Star+ dan disarankan untuk meningkatkan performa toko. Saya diminta untuk evaluasi performa toko melalui halaman Program Star untuk melihat performa dan status Star+ berdasarkan syarat kriteria dari Shopee. Kemudian saya langsung cek ternyata semua kriteria Star/Star+ terpenuhi oleh toko saya bahkan jauh di atas angka yang ditargetkan Shopee.

Saya tidak puas dan merasa aneh dengan jawaban CS Shopee karena jawaban tidak nyambung dengan permasalahan inti yang saya tanyakan di awal mengenai warning pelanggaran produk. Mengapa jawaban CS Shopee malah menyimpang ke performa toko yang pada kenyataaannya tidak ada masalah sama sekali. Sangat terlihat CS Shopee menjawab asal-asalan dan saya merasa diputar-putar oleh jawabannya.

Setelah saya berikan data performa toko saya yang sangat baik, CS Shopee malah minta waktu untuk diteruskan ke tim terkait dan meminta saya menunggu 3 hari kerja. Bagaimana mungkin saya menunggu 3 hari kerja sedangkan hari Jumat tanggal 25 Juni 2021 berdasarkan notifikasi peringatan itu toko saya akan dinonaktifkan status Star+ Sellernya.

Karena respon Shopee yang ngaco seperti ini maka saya harus posting masalah ini di Media Konsumen, apalagi memang selama ini berdasarkan pengalaman saya setiap ada masalah dengan sistem dan CS Shopee selalu harus saya tempuh melalui Media Konsumen, kalau tidak ya akan dibawa putar-putar terus oleh CS Shopee dan masalahnya tidak akan selesai.

Sepengetahuan saya, Shopee adalah perusahaan internasional, namun dari dulu tidak ada perbaikan dari sisi kualitas customer servicenya. Saya heran bagaimana standard kualifikasi Shopee atas customer servicenya. Mengenai notifikasi peringatan yang tidak ada dasarnya seperti ini, juga bukan pertama kalinya saya alami. Sebelumnya juga beberapa kali terjadi dan respon CS Shopee juga modelnya sama seperti pada kasus ini.

Yuliana Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kejadian yg sama persis saya alami di shopee.star seller sy jd hilang dan sepertinya dibrokir dikarenakan infonya ada barang jualan sy yg di indikasi barang terlarang.sy coba chat atau email ke CS alhasil nihil,star seller sy hilang dan tdk bisa daftar ke star seller lg sepertinya di brokir.sy sdh jualan lbh dr 4thn hny karena star seller aktif beberapa bulan baru di bilang produk sy barang terlarang,kita jualan part mobil produk terdaftar kok di blg terlarang,ngaco shope,kecewa sdh pasti atas pemberhentian star sellernya.Dgn menghub cs2 shopee agar bisa mendpt solusi terbaik malah tambah emosi dgr jwban mereka.pasrah lah,males chat sm tim shopee

    • Mereka lagi butuh dana tambahan. Nampaknya pinalti untuk seller Tiongkok berimbas. Lgian yang kerja di tempat mereka itu anak kemarin sore yang baru lulus kuliah. Mereka diiming2 pendapatan bulanan yang lumayan. Tapi sayang kinerja mereka berantakan.

      • Hmm sepertinya benar, pantas saja kalau merespon sering menguras emosi karena tidak nyambung dengan topik, kayak kebiasaan ngecap gitu.

        • Kalau dari Jepang, biasanya SEIKO. Mungkin ada yg report kalau produk anda KW

  • Untuk menyelesaikan kendala antara penjual dengan pihak shopee atau pembeli dengan pihak Shopee secara langsung alangkah lebih baik olshop sekelas Shopee itu membuka kantor offline di area² secara langsung.. Agar masalah bisa terselesaikan antara kedua belah pihak secara langsung dan mufakat. Tidak sepihak saja dan terkesan asal²an saat memberi respon secara online.

  • CS Shopee emang kagak pernah nyambung dg inti permasalahan, kebanyakan emang selalu muter-muter dg jawaban yg standart!

    • Kemarin tanggal 24 Juni 2021, pihak Shopee menghubungi sy by phone dan mengatakan akan meneruskan dulu masalah ini ke tim terkait utk mencari tahu mengapa produk itu bs masuk kategori terlarang. Malam harinya sy mendapatkan email dr CS Shopee yg isinya tetap meminta saya menghapus produk itu dan semua produk di display termasuk yg berstatus Habis, karena terdeteksi produk bekas/second hand/used product. Disini sy baru tahu ternyata sistem dan CS Shopee tdk paham arti fitur teknologi paten Quiet Sweep Second Hand yg artinya Jarum Detik Berjalan Tanpa Suara/Detak. Sy membalas email itu dan menjelaskan/menterjemahkan arti fitur itu. Pagi ini tgl 25 Juni 2021, pihak Shopee menghubungi sy lagi dan meminta maaf atas kesalahan sistemnya. Disini sy sekaligus memberikan saran utk programmer Shopee untuk memperkaya kosa kata Bahasa Inggrisnya, dimana Bahasa Inggris itu punya banyak vocabulary yang mempunyai beberapa arti tergantung konteks kalimat/penggunaannya. Karena masalah sudah clear, maka masalah ini sdh selesai. Terima kasih.

  • Cs shopee memang bikin usap dada.. Beda sama toko ijo.. Kualitas cs nya jauuuhhh diatas shopee.. Sampai heran shopee ini gmn sih dlm memperkerjakan cs nya? Kok cs nya kalau ada apa2 ga memberi solusi malah muter kesana kesini bikin emosi