Surat Pembaca

Klaim Biaya Ongkir Pengembalian oleh Pembeli di Tokopedia

Tanggal 07 Mei 2021 saya membeli barang melalui Tokopedia dari pelapak Fortune Jogja, nomor invoice: INV/20210507/MPL/1231497798, total belanja Rp93.400. Saat barang sampai dan saya cek, ternyata barang tidak layak dipakai. Saat itu juga saya komplain ke penjual, dan membuat komplain. Komplain diterima, dan akhirnya sepakat dengan syarat saya mengembalikan barang tersebut.

Tanggal 21 Mei 2021 saya menggunakan layanan ekspedisi SiCepat seharga Rp18.000 untuk mengirimkan ke alamat penjual (Fortuna Jogja- Bantul). Tanggal 27 Mei 2021 penjual (Fortune Jogja, a.n. Bpk Joko) menerima barang tersebut.

Di prosedur Tokopedia ada tertulis pembeli bisa mengklaim biaya ongkir oleh pembeli dengan menyertakan bukti resi pengembalian, dan dengan syarat barang pengembalian telah diterima oleh si penjual. Saya pun telah melampirkan resinya. Tertulis tanggal 27 Mei klaim diajukan.

Tanggal 27 saya hanya terima pengembalian dana dari Tokopedia sebesar Rp76.125. Sedangkan total biaya yang telah saya keluarkan adalah Rp112.801 (total biaya invoice Rp 93.400 dan biaya ekspedisi pengembalian barang Rp18.000). Kapan kekurangan Rp36.676 dapat saya terima dari Tokopedia?

Saya minta penjelasannya, mengapa untuk klaim biaya pengiriman Rp18.000 pihak Tokopedia tidak mengembalikan ke saya? Rekening koran Bank BNI tidak tercantum dalam pengembalian tersebut.

Joeng Sukamto Jusuf
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sebelum klaim ongkir pengembalian pihak tokopedia harus verifikasi data dulu bro, kan disana tertera maksimal verifikasi sampai tanggal berapa-berapanya.

      • sudah di verifikasi, dan sudah diterima klaimnya. Tulisannya juga sudah ada. Di layar karena screen shot tidak muat, jd tidak tertayangkan. Di system tokopedia, pasti sudah ada.

  • Invoice transaksi sudah ada di atas di dalam surat diatas. Buka data di system tokopedia, semua terlampir disana, alamat email dan no telepon. Lha, kan sudah satu layanan satu atap dengan twiternya tokopedia, koq masih minta saya untuk upload data no invoice,dllnya di message privatenya twiiter?? Tokopedia sudah besar begini belum ada layanan terpadu begitu???

  • Case closed. Sudah terselesaikan. Dana sudah di kembalikan.
    Terima kasih Tokopedia,
    Terima kasih Media Konsumen atas tayangannya.

  • Kasus saya juga sama (Inv/20220220/mpl/2062237433), sudah dilakukan Klaim Ongkir, pengembalian barang sudah juga tetapi hanya harga barang saja yang telah diterima pengembaliannya.
    Padahal estimasi dana pengembalian klaim Ongkir tgl 9 maret 2022 tapi sampai hari ini tgl 30 maret 2022 belum diterima juga dananya (melalui chat tokopedia tidak ada gunanya juga).

    • Wah saya mau retur jadi takut, mau tanya ka inikan otimatis by sistem ya waktu dikomplain? Bukanya ongkir wajtu kita retur itu gratis?? Pilih pickuo dan ekspedisi yg terintegrasi bukanya gratis ya?