Surat Pembaca

Barang Hilang Saat Pengiriman, JNE Belum Juga Mengganti Sampai Lebih dari 2 Bulan Lamanya

Terima kasih kepada Media Konsumen atas kesempatannya. Berikut kronologi dari hilangnya barang saat pengiriman, dan tidak mendapatkan penggantian barang/pertanggungjawaban sampai dengan dua bulan lamanya.

Berawal ketika pada tanggal 8 April 2021, saya mengirimkan paket pesanan berisi pakaian senilai Rp304.000 ke JNE Wiguna Cianjur, dengan nomor resi 021980007870821. Lama menunggu, pihak pembeli tiba-tiba menghubungi kami bahwa paket belum juga diterima. Pembeli dan kami (penjual) sama-sama menghubungi pihak JNE, untuk menanyakan status dari barang. Saat dilakukan investigasi selama 7×24 jam oleh pihak JNE, paket terkonfirmasi betul dinyatakan hilang.

Penjual (saya) diminta untuk mengisi form paket hilang, untuk klaim asuransi dan disampaikan dana senilai 11x ongkos kirim akan akan dicairkan sebagai penggantian barang yang hilang, dengan estimasi pencairan 30 hari. Tidak menunggu lama, form yang berisi data-data yang diperlukan (invoice, bukti transaksi, KTP pemilik rekening) lengkap diisi, dan tuntas dikirim kepada JNE Wiguna Cianjur, pada 5 Mei, dengan selengkap-lengkapnya data dan bukti.

Sudah 30 hari terlewati, dana penggantian belum juga dicairkan. Saya pun kembali menghubungi JNE Wiguna Cianjur (tempat mengirim barang), disampaikan terdapat revisi BAP. Saya tidak tahu ini maknanya apa, pada intinya meminta perpanjangan waktu pencairan dana.

Sampai tulisan ini dibuat, 26 Juni 2021, belum terdapat kejelasan mengenai pencairan dana dari paket hilang saat pengiriman tersebut. Semoga dengan tulisan pengaduan ini, pihak penyedia jasa yaitu JNE, membaca dan dapat segera menyelesaikan permasalahan ini.

Terima kasih.

Nurmalia Ratnasari
Cianjur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE atas Surat Ibu Nurmalia Ratnasari

Pertama-tama kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Ibu Nurmalia Ratnasari mengenai “Barang Hilang Saat Pengiriman, JNE...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Ada informasi lebih lengkap dan jelas mengenai status pergantian produk di atas?

      Rp304.000 (hanya produk)
      Rp1.250 biaya merchant tripay di web (dibayar pembeli)
      Rp40.000 biaya ongkos kirim di web (real di resi Rp44.000)
      Total pada bukti transaksi: invoice dan bukti transfer Rp345.250

  • Tidak seperti Lion Parcel
    Pernah kirim HP baru tujuan lampung
    Ternyata hilang entah di tilep sama kurirnya ato gimana
    Yg jelas proses pergantian cuma makan
    Waktu 14 hari di ganti seharga HP baru
    Asal bisa nunjukin kwitansi pembelian

    • Wah cepat ya Lion !
      Ini kasian cust. bajunya sudah 10 minggu sampai pun tidak, dapat refund dari JNE (karena ini kelalaian dari penyedia jasa), sudah menunggu lebih dari 50 hari pun tidak cair-cair.

  • Lama banget, saya pernah ngurus kehilangan paket customer WAHANA EXPRESS 3hari kerja sudah cair yg penting ajukan dihari kerja dan data lengkap, sesuai harga invoice dan ongkos kirim dibalikin kalo wahana. semoga cepet dibalikin jneee..