Surat Pembaca

Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

Saya Herniati. Saya belanja di Shopee dengan menggunakan akun anak saya dengan username: didieni. Saya belanja HP dengan harga murah banget, tapi saya malah terkena penipuan.

Saya belanja di Shopee pada tanggal 6 Juni 2021. Saya sudah berhasil bayar lewat Alfamart, untuk pembelian HP Infinix Play 10 seharga Rp1.050 ribu. Saya sebenarnya ingin HP Infinix 10s, tapi karena uang tidak cukup, akhirnya saya beli yang bisa kebeli.

Saya cuma heran sama Shopee ini, tidak seperti si ijo (marketplace sebelah) yang kalau ada indikasi kita mau ditipu, itu barang tidak bisa dibeli. Saya merasa setelah kejadian di Shopee ini banyak jebakan. Saya batalkan pesanan yang barusan kebeli, karena ingin beli HP Infinix 10s si penipu. Tadinya CS Shopee bilang bahwa 2 hari lagi dana bisa dicairkan, tapi saya kaget, karena tiba-tiba penipu segera bisa mencairkan.

Penipu itu mengatakan bahwa dia akan membantu mempercepat uang saya kembali ke ShopeePay dan membatalkan HP yang sudah terbeli. Dia memandu saya memakai kode QR via whatsapp. Akhirnya uang tsb ditransfer ke penipu.

Kenapa CS Shopee tidak mengamankan uang konsumen jika ada indikasi penipuan? Mengapa pula jika terlanjur ditransfer tidak ditindaklanjuti dan diusut?

Saya akhirnya tersadar ternyata dia penipu. Sebelumnya saya yakin karena pakai ShopeePay akan aman, karena pihak Shopee akan menindaknya. Kemudian langsung saya laporkan ke CS Shopee. Akibat laporan saya itu, penipu tsb miscall terus sampai pukul sepuluh, tapi tidak saya angkat. Transfer tsb berhasil pukul 6 sore.

Coba pembaca lihat, itu kan kelihatan galaunya si penipu, karena uang saya telah diblokir oleh Shopee di Bank Nobu. Tinggal urusan saya sama Shopee ini yang ribet dan ruwet, muter-muter terus.

Transfer ke penipu, kejadiannya hitungan menit.

Saya minta tolong ke Shopee untuk balikin uang saya, tapi CS Shopee telepon dan bilang ke saya kalau masalah uang ya sudahlah, katanya tidak bisa dikembalikan dan agar lebih berhati-hati ke depannya.

Kok bisa sudahlah? Data transfer jelas di mana dan ke mana. Uang saya siapa yang tilep? Uang untuk makan saya hilang begitu saja. Jadi kita lapor Shopee itu cuma jebakan, dia mengambil uang orang secara tidak halal. Benarkah dugaan saya ini?

Saya mohon uang yang ditransfer ke Bank Nobu dibalikin ke saya Rp550 ribu, yang Rp500 ribu biarlah ke Shopee. Uang segitu sangat lama saya dapatkan. Melalui Media Konsumen ini, tolonglah saya!

Terima kasih.

Herniati
Mataram, NTB


Update (4 Juli 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dipandu kesana kemari oleh si penipu.. kasihan...

    Semoga ada jalan keluar deh

    • Saya turut prihatin ya bu,
      Jaman sekarang jangan tergiur barang murah bu,pihak2 tidak bertanggung jawab byk berkeliaran di marketplce..
      Seandai nya ingin beli hp d online belilah di penjual resmi nya,semisal oppo belilah di oppo official nya bu,lbh aman,itu pengalaman sy berkali2 ketika beli hp d online di official resmi nya aman2 aja bu,
      Mudah2n mslh nya bs cpt selesai ya bu,dan bisa mnjd pljran juga untuk yg lain nya supaya kedepan nya lbh berhati2 lagi,

      • Ya mas ari....kalo market sebelah siijo kalo ada hp murah banget kita langsung di peringati dan barangvtakvbisa dibeli itulah bentuk perlindungan siijo,cuma saat itu uang sy kurang seratus sy jadinya belanja ke shoper

        • Market place yang merah juga aman, dan bertanggung jawab,, belanja sangat nyaman..

        • @Fitri

          1. Anda selalu memuji Tokopedia. Mengenai Peringatan Penipuan.

          Memang benar, banyak toko di Tokopedia yang ketika di buka berstatus ‘ Toko ini dalam Pengawasan ‘ atau ‘ Jangan dulu bertransaksi di toko ini ‘.

          Banyaknya toko yang statusnya di awasi itu adalah buah dari Laporan pengguna, bukan inisiatif pihak Tokped sendiri.

          Pengguna Tokopedia (seller dan buyer) di dominasi oleh bapak bapak. Mereka lebih peka dengan hal hal yang mencurigakan. Sehingga mereka rajin melaporkan Toko toko yang mencurigakan itu.

          2. Ibu ibu yang kebanyakan Naif. Sedangkan bapak bapak lebih mengedepankan Logika. Itu yang mendasari penipuan lebih banyak menimpa ibu ibu.

          3. Shopee adalah akun yang berisi uang 13 Juta, sehingga makin banyak orang yang tertarik untuk membobol akun Shopee.

          Tanpa anda sadari ketika anda terdaftar di SPaylater dan SPinjam, akun anda berisi uang 3 Juta limit Paylater dan 10 Juta limit SPinjam.

          Harusnya ketika mengetahui itu, anda wajib meningkatkan kewaspadaan akun anda dari hal hal yang mencurigakan.

          Tapi kebanyakan orang memperlakukan akun sama saja seperti sebelum terdaftar. Itu kesalahan besar.

          HP di taruh di sembarang tempat, mengakses Shopee sambil membuka aplikasi lain yang penuh iklan. Merasa biasa saja padahal HP nya berisi uang 13 Juta.

          4. Kalau sudah kejadian, rugi besar.

          Rugi ketika akun shopee di bobol bukan terhitung sejumlah nominal yang di bobol itu.

          Umpama limit SPaylater dan SPinjam anda terkuras habis sebesar 13 Juta. Anda tidak rugi 13 Juta tapi banyak rentetan kerugian daripada itu.

          Konsentrasi anda terganggu karena sibuk mengurusi itu, berefek pada semua tindakan anda selanjutnya, yang kerugian kerugian dari itu terus bertambah.

        • Semua toko online wajib melindungi data konsumen, baik pembeli maupun penjual krn itu bentuk tanggung jawab mereka tapi juga harus benar2 memperhatikan berbagai macam transaksi di dalamnya, bukan brarti ikut campur dlm transaksi antara pembeli dan penjual tapi lbh ke hati2an dan kewaspadaan apabila ditmukan adanya harga yg tdk wajar seharusnya pihak Shopee / market palce yg lainnya lbh waspadah trhadap akun2 yg terindikasi melakukan penipuan, dan apabila trjd hal2 yg merugikan ke2 bela pihak seharusnya pihak Shopee tanggung jawab krn biar bagaimanapun juga kejadian ini trjd di shopee / market place yg lainnya, semoga kedepannya semuanya saling teliti, saling jaga dan saling waspadah

          • Salah nya itu kenapa chat wa diladeni shopee pasti tdk mau bertanggung jawab karna terjadi penipuan akibat melayani chat wa apalagi klik link dan memberikan kode OTP, brrti kesalahan diri sendiri , kalau sdh terjadi pasti yang di salahkan aplikasi nya padahal yg salah manusia nya tdk hati2 ,

        • Klo dlihat dr apa yg d tampilkan ini adalah murni kesalahan dr ibu sendri, krn bukti pembayarannya msh dlm proses dan blm d aprroved namun krn ibu tdk sabar sehingga chat by WA dtmbah lg memberikan OTP, akhirnya kena tipu deeh, yg sabaar ya bu lain kali hrs cerdas

      • Kami juga begitu...
        Uang saya ada di shoppeepay sebesar Rp126.000,-
        Blm bisa diambil
        Kenapa ya...
        Kan shoppee sdh legal...
        Dan Promosi di Televisi bisa gencar sekali....

      • Hahahahha, si jago oren perusahaan asing sialan emang kayak gitu??, bakar bakar uang buat mendominasi pasar Indonesia, yg di buat sengsara ya umkm Indonesia, mending di si hebat ijo aja kalo mau belanja

        • Pihak shopee tdk menyarankan untuk customer di teruskan ke WA,,,ada msalah di marketplace,,,ya di selesaikan di marketplace nya itu,,,bukan di arahkan ke no.WA...klo udh di arahkan ke no.WA,,itu udh jelas penipuan

      • Menurut saya di sini bukan aplikasi shopee nya yg salah , tapi sangat di sayangkan mengapa anda melayani chat wa dari penipu dan bahkan scan kode itu, sangat dibsayangkan, saya pelanggan shopee dari awal baru buka dan berjuta2 uang saya di shopepay aman2 saja , jika saya membatalkan orderan uang akan masuk ke shopepay kita dalam waktu 15 menit tdk sampai 1x24 jam , dan saya tidak pernah melayani apapaun chat dari wa termasuk ada yg mengatas namakan shopee . Jangan pernah kita mengklik link yang diberikan orang melalui wa

      • Karena kesalahan sendiri kok nyalahin pihak e-commerce nya, jaman sekarang pembeli itu juga harus pinter2lah milih mana toko yang terpercaya, nggak asal beli aja langsung bayar?

    • Pembeli nya pemula.kasihan..kan ada garansi shopee. Gak cocok.dibatalin.y kan kk

    • Kynya ke salahan si ibu ini...dia mengkonfirmasi via no.WA....trs kode otp di kasih....kode otp itu rahasia....jgn di ksh ke siapapun?

    • 2 olshop si Sapi ama Laa syahdah dah gua tinggalkan karena banyak reseller bodongnya..
      dah nasibnya bagimu bro kena mafia transaksi setan, buat pengalaman jauhi olshop yg cuma melek omset transaksi doang tp malas mikirin kwalitas layanan..

    • Kalau saya lihat proses pembeliannya menyalahi prosedur dari pihak Shopee. Pihak Shopee tidak bertanggung jawab jika melakukan transaksi diluar aplikasi Shopee. Saran saya jika membeli sesuatu di market place lihat dulu sellernya terverifikasi atau tidak, kalau di shopee biasanya ada star seller, atau jualannya dicap garansi shopee, atau liat review pembeli sebelumnya. Semoga anda lebih bijak jika membeli barang melalui market place ??

    • Adik sya 4 hari yg lalu,ngasih nmor rekening,uang nya habis hilanh sendiri 450ribu,lapor ke bank Bca ga mau tanggung jawab,dan suruh lapor kepolisi,di polisi ga di tanggapin,akhirnya atm nya di blokir sendiri,dan di buang,bangsat semua

    • saya juga kena kemarin yg nipu sama namanya bank nobu nama aslinya acep supriyatna kena 330rban mau lapor juga bingung karna shopee oay itu bukan bank

    • Kita sebagai konsumen kalo sudah terlanjur transfer apakah shopee tidak bisa menolong kunsumennya? coba bagaimana cara kita menyelamatkan uang kita?...coba bisa cara mandiri pasti kulakukan..tp tak mungkinlah ..karena itu transfer pakai shopeepay

      • Market place yang merah sangat aman,, selama kita belum konfirmasi terima barang,duit kita masih dipegang market place,kalo kita ada komplin duit kita juga ditahan market place gak di terusin ke pelapak..

      • Shopee itu aman... Jika barang tidak sampai maka uangnya juga akan ditahan oleh pihak shopee... Kalau masalah kepercayaan toko liat ratingnya berapa... Jumlah produk terjual berapa... Respon penjual bgmn... Dan liat harga jika sangat beda jauh dari biasanya maka itu ada indikasi penipuan...

          • di tiap market place beda beda Pak.
            rating seller (toko) ada yang bisa dibeli.
            yang semisal kita (seller) ada rating jelek, setelah ada beberapa rating bagus, rating jelek kita hilang.

            kalau rating barang saya belum pernah nemu ada yang bisa dibeli.

            beli transaksi, saya belum pernah nemu Pak.
            kalau transaksi palsu, banyak. misal transaksi untuk naikkan rating barang, atau rating toko/seller.

      • wallet olshop tuh diisi dikit saja 100rb kek, ntar kalau kurang buat bayar transaksi baru ditambah lg sesuai nominal yg dibutuhkan..awas olshop sarangnya mafia reseller bodong dan para hacker jahat.

      • Sepertinya ibu setelah bayar, melakukan komunikasi dgn seller melalui whatsapp, itu yg berbahaya sebetulnya. Sampai kirimin QR code dan kasih ke seller kode OTP. Shopee tidak akan bisa bantu jika ada interaksi diluar aplikasi shopee dan yang disarankan pihak Shopee.

  • Kurang jelas, tidak ada kronologisnya.. yang baca juga bingung..
    Mngkin bwt pembaca yg lain jadi pelajaran,jangan gampang tergiur harga murah. Kl org surabaya bilang,murah kok njaluk slamet ?
    Dan kalau menulis keluhan di media konsumen tuliskan kronologis kejadiannya dengan detail dan jelas ya. Biar yang dikomplain juga paham masalahnya

    • Tanyakan aja mas bagian mananya yg kurang jelas..msoalnya hp saya jg jadul ni pengen beli yg bagusan ketipu...yg mana yg ga jelasnya?

    • Sebenar nya dia udah sering baca kasus kaya gini dari komen di artikel lain penulis udah pernah ngalamin juga aneh memang bisa kena lg wkwkwk

  • hati-hati belanja online . sudah banyak kejadian penipuan khususnya di marketplace ini.
    kalau masih awam dengan dunia digital mending beli langsung aja ke tokonya.

    • Saya turut prihatin yaa Bu , sebaiknya ibuk lebih hati2 lagi dalam berbelanja terkhusus bagi yang jual hp murah2 Bu .. dan aku saranin lagi besok2 lagi jangan sampai ada transaksi masukin otp segala masuk ke link dll ya Bu.. dan sebagai pembeli juga harus cerdas jangan sampai mau diarahin buat transaksi di luar market place yaahhh. Be smart buyer pokoknya.

  • Pasti ngeklik link yg dikasih penipu, niatnya mau dapet hp bagus dengan harga murah.. eh ketipu.

    *Saya cuma heran sama Shopee ini, tidak seperti si ijo (marketplace sebelah) yang kalau ada indikasi kita mau ditipu, itu barang tidak bisa dibeli.*

    Yang namanya ketentuan masing2 marketplacr kan beda beda bu engga sama. selama kita tidak memberikan KODE OTP, PASSWORD, KODE WA, TELEGRAM, ISI LINK YG TIDAK JELAS DLL. Insya Allah akun aman dan tidak terjebak oleh muslihat penipu. semoga cash nya cepet beres yaa.. Dan semoga tim shopee adil memutuskan, gapapa dapet voucher juga..

    • Ya memang kejadian ini salah pembeli, tapi Loh aneh juga ya, shopee sudah berhasil memblokir rekening penipu, tp tdk berupaya utk menarik dananya kembali. Sebenarnya belanja dimarketplce manapun aman meskipun kita sudah terlanjur beli dan bayar di toko penipu, dengan syarat 1 prinsip yang harus kita pegang "jika ada kendala yang terjadi terkait dana wajib komunikasi dengan CS"

        • kl uangnya masih di pihak shopee sih bisa balik. tapi ibu "menolong" si penipu mencairkan uangnya dg cara mengikuti petunjuk si penipu hingga masuk ke bank nobu. kalau sudah masuk bank ya pihak bank lah yang harus dihubungi utk pengembalian. dan itu ribet bet bet bet.

          • lha iya, si ibu ini sudah di iming2i sama si penipu, supaya cepet cair dananya dengan ngasih QR code, tp si ibu nggak ngeh kalo itu jebakan batman si penipu supaya uangnya masuk ke rekening si penipu, maaf ya bu, saya juga pernah batalin pesanan di shopee dengan shopeepay, dan uang itu aman kembali di shopeepay 1 x 24 jam, asal kita sabar nunggu dan tidak tergiur iming dari pihak penjual / penipu, jelas2 si ibu dihubungi via wa pribadi bukan di chat resmi shopee masih nyalahin shopee, ibunya saja yang kurang waspada, lain kali hati-hati saja, semoga ada solusi dari bank...

  • Mbak merasa sudah pernah dirugikan sebelum nya oleh shopee lalu kenapa masih mau belanja disini?

    • Ok saran ya bu
      1. Jangan tergiur harga murah, di cek dulu harganya berapa di google kisarannya, kalo ada yg super miring harus hati-hati.
      2. Biasakan baca deskripsi produk dan ulasan konsumen lain siapa tau uda ada yg komen kalo ketipu.
      3. Jangan pernah mau berurusan di luar marketplace tersebut. Misal ni ibu ada masalah di shopee urus lewat aplikasi shopee saja. Jangan mau lewat yg lain2 krna biasanya di aplikasi sdh diberikan fitur2 untuk mengurangi kemungkinan penipuan.
      4. Jangan pernah klik link sembarangan dari siapapun apalagi kalo linknya tidak jelas. Jangan pokoknya
      5. OTP itu kepanjangannya one time password atau sandi sekali pakai dan itu Jangan pernah dikasih tau ke siapapun. Dan hati2 kalo ada kiriman otp padahal ibu sedang tidak memerlukannya berarti ada yg coba masuk akun ibu
      6. Shopee pay itu sama aja kaya bank bedanya dananya di shopee duluan. Dalam kasus ibu sepemahaman saya penipunya bisa masuk akun ibu dan langsung mengirimkan saldo shopee pay ibu ke rekeningnya (kalo sperti ini bisa hubungi cs bank tersebut untuk di cek dan konfirmasi, kadang bank bisa memblokir rekening penipu)
      7. Shopee tidak bertanggung jawab atas kehilangan saldo shopee pay ibu kalo memang akun ibu dibajak (coba ibu baca lagi syarat dan ketentuannya).

      Semoga masalahnya cepat selesai ya bu

  • Kronologisnya kurang jelas, awal ingin dibatalkannya itu karena apa ya? Terus setelah saya buka bit.ly/garansipesanan yg diinstruksikan penipu, itu mengarah ke pencurian data akun pembeli, jadinya pembeli diarahkan untuk mengisi data akun di situs tsb, setelah itu penipu login ke akun shopee pembeli lalu penipu klik terima pembatalan pesanan di akun tokonya, setelah saldo refund ke shopeepay pembeli, penipu menguras isi saldo ShopeePay pembeli ke QR Bank Nobu

  • Jangan pernah memberikan kode OTP, id, dan password. Apalagi sampai mengisi di web seperti itu. Kalau sudah sampai sini agak susah itu. Karena kelalaian sendiri. Saya doakan semoga ada titik temu.

    Mau di marketplace apapun, selagi ada celah bisa kok dipakai nipu. Di ijo juga ada. Di merah juga banyak. Kita harus jeli juga, jangan sampai terjebak. Kalau pun kita terlanjur transaksi ke penipu, selagi barang tidak sesuai kan dana akan tetap tertahan. Tinggal lapor aja ke CS. Bahwa barang tidak sesuai.