Surat Pembaca

Komplain Pelunasan Awal Home Credit Indonesia yang Tidak Sesuai Penjelasan Awal

Yang terhormat Media Konsumen dan HCI,

Saya adalah salah satu penerima dana Multiguna dari Home Credit Indonesia dengan nomor kontrak: 3901267776, jumlah pembiayaan sebesar Rp17,8 juta dan tenor 36 bulan. Angsuran untuk setiap bulannya sebesar Rp1.104.600.

Saya telah melakukan pembayaran sebanyak 23 bulan atau sekitar Rp25.405.800. Saya ingat waktu awalnya sales marketing HCI dengan semangat, menjelaskan bahwa kalau mau pelunasan awal hanya cukup membayarkan sisa hutang pokok saja, dengan contoh kasus hutang pokok 10 juta, sudah dibayarkan 9 juta maka apabila ingin lunas di awal, tinggal bayar sisa 1 juta saja.

Betapa kagetnya saya, setelah menelepon Home Credit untuk pelunasan awal, ternyata masih harus membayar kurang lebih Rp11 jutaan lagi! Lalu yang saya bayarkan selama ini apa? Apakah sales marketing-nya menipu?

Seandainya dari awal pihak Home Credit menjelaskan kalau skema pembayaran yang mereka tawarkan adalah skema piramid, saya jamin pasti semua orang tidak akan mau menerima pembiayaan ini, karena bunga yang mereka tawarkan lebih dari 100%.

Bayangkan saja, hutang awal Rp17,8 juta, sudah dilunasi hingga Rp25,4 juta, tapi masih juga tidak bisa ditutup lunas dan ditagih terus sisa 13 bulannya. Jujur saya sudah tidak sanggup untuk membayar lagi HCI ini.

Semoga pihak Home Credit dapat memberi solusi terkait masalah seperti ini. Apalagi di masa pandemi, dimana pendapatan kami tidak seperti dulu.

Antania Hanjani
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Home Credit atas Surat Ibu Antania Hanjani

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan keluhan dari Ibu Antania di MediaKonsumen.com pada 6 Juli 2021 di kolom Surat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kedepannya lebih baik jangan berhutang jika ada miskom terjadi hal yg seperti sekarang ini jelas banget bunganya tinggi amat..

  • Lalu yang saya bayarkan selama ini apa?

    yang dibayar tiap bulan sebesar 1.104.600. itu adalah kombinasi antar bunga dan pokok. jadi yang anda bayar kan 23 x 1104600 = 25405800 itu bukan semuanya membayar pokok.

    [bahwa kalau mau pelunasan awal hanya cukup membayarkan sisa hutang pokok saja, dengan contoh kasus hutang pokok 10 juta, sudah dibayarkan 9 juta maka apabila ingin lunas di awal, tinggal bayar sisa 1 juta saja.]

    contoh ini benar jika bunga 0%

    • iya kak, makanya dari awal dari sales marketing sudah miscomm. dari sisi sales dia kejar closing byk bykin nasabah. dari sisi nasabah tdk kroscek ulang

      • jujur sih secara logika tidak masuk akal, jika seperti itu home credit untungnya darimana
        semoga cepat lunas

        • Iya Hci terkenal dgn bunga yg 2x lipat kak. Semoga ada titik temu k2 belah pihak ka.

  • Jelas koq dari awal cicilannya 1,1 x36 jdi sekitar 39,8jt.
    Perjanjiannya bunga flat atau bunga menurun?
    Lebih baik bayar sesuai kontrak, ga usah bayar dipercepat.
    Dananya bisa diputarkan untuk kepentingan yg lain

      • Hahhaha mimpi lah klw homecredit mau memberikan solusi, dh nelpon selalu gangguan jaringan lah, kantor GK jelas lah. Diawal perjanjian bunga 2.2% , tapi nyatanya melebihi dari 100% .. Tapi klw mengancam ini itu homecredit bak tak punya dosa . Tak pernah mengakui ..

        • Iya ka byk yg kena jerat rentenir online ini ka, kalau sampai kenapa napa Dan ada dc lapangan yg tdk sesuai sop sy akan rekam ka buat dilaporkan.

          • Klw DC laangan gk mempan samaku, ancaman mereka yg di wa / telpon selalu saya simpan. Tapi DC lapangan tak pernah mengakui nya klw ancaman bukan dari pihak mereka..

  • Saya juga kena rayuan gombal HCI
    Pelunasan awal gak sesuai apa yang ditawarkan.
    Sangat kecewa.
    Kalau mau pakai HCI, mending untuk ambil barang elektronik, jgn dana multiguna. Bunganya 100%?

  • ngutang sama temen aja, nda ada bunga, bisa dilunasi pokok nya

    mungkin sebaiknya kontrak dibaca dengan jelas

  • Ya gitu lah HCi sudah menunggak pun harus cicil ulang sesuai total hutang truz selama ini duit cicilan kita buat bayar hutang ke siapa???

    • bahkan dari kontrak awal aja, mereka tulis bunga 2.99% dengan kenyataanny beda kak. Sales diawal janji manis gataunya ditipu kita

  • Gw juga korban bujuk rayu marketing HCI sama persis bilang begitu pak ..saya masih ada 10 x lagi angsuran ..tobat ga mau lagi berurusan dengan lintah darat HCI..

    • iya kak benar, kalau mau dibaca yang komplain di Media Konsumen ternyata juga banyak kasus mirip dengan iming iming diawal yang gataunya malah beda pas mau pelunasan.

  • saya jg kapok pinjem tunai di hci.pinjem 5jt potong admin 500 balikin nya jd 8.6jt?. mnding kalau hci buat beli barang elektro saja.

  • Sekedar update untuk pembaca hari ini 12 juli 2021 jam 09.23 WIB
    Petugas Care HCI menelepon saya dan menyuruh untuk membayar tagihan berjalan juni 2021. Mereka info akan memberikan hitungan pelunasan awal ataupun keringanan apabila telah dibayar tagihan juni. Namun saya tidak setuju untuk membayar karena hal ini telah terjadi di beberapa bulan lalu, ketika saya call cs HCI hal ini juga SOP yang dibicarakan lalu setelah dibayarkan pihak HCI hilang begitu saja.

    Jadi hasil call dengan HCI , pihak CS akan info ke manajemen HCI dan akan menghubungi terkait hasil keringanan lunas seperti apa.

    • Gak usah dibayar sis, karena itu sekedar tipu2 juga dan akan berulang2, nnti kalau di tanya atau di datangi dept collector bilang pembayaran sy pending sampai ada kejelasan dari pihak HCI, brp bunga yg di terapkan sebenarnya, bila perlu tanya minta ketemu dgn bagian perhitungan bunga nya, sy yakin dia gak ada bagian itu...

      • hi kak, iya tadi HCI email hanya info pending penagihan 6 hari dan perhitungan berubah lagi dan menjadi 16 juta lebih, lalu mereka ala ala diskon harus bayar 9juta lebih itupun juga tidak jelas dan bunga 100% bukan bunga kontrak 2.99%