Surat Pembaca

NIK Penerima BPUM UMKM 2021 Terdaftar Atas Nama Orang Lain

Akibat kesalahan input data oleh pihak dinas terkait, dalam hal ini Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung, mengakibatkan Nomor Induk Kependudukan yang saya miliki terdaftar atas nama orang lain. Begitu pun nomor rekening Bank BRI saya terdaftar sebagai penerima a.n. orang lain, sehingga saya tidak bisa dan tidak menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) UMKM 2021.

Saya telah coba konfirmasi baik ke pihak dinas terkait selaku yang melakukan pendataan dan kepada pihak Bank BRI selaku penyalur, tetapi seperti dipingpong kesana kemari saling lempar kesalahan. Karena begitu kita coba datangi para pihak tersebut, yang ada dihadang duluan di depan pintu masuk oleh satpam, yang sepertinya tidak memahami permasalahan meskipun sudah diperlihatkan data-data kebenarannya.

Tidak adanya koordinasi sarana koreksi data dan perbaikan data di masing-masing antara pihak pemberi data (dalam hal ini pihak Dinas Koperasi UMKM) dan pihak penyalur (dalam hal ini pihak BRI) menjadikan banyak permasalahan seperti yang saya alami di atas. Dan juga masalah salah sasaran pemberian bantuan BPUM UMKM, dimana mendadak orang-orang yang tidak punya usaha sama sekali berbondong-bondong mendaftarkan diri sebagai penerima BPUM, dan mereka malah mendapatkan bantuan tsb.

Pertanyaan saya, data nama saya jelas, usaha jelas, perizinan baik dari kelurahan setempat dan nomor induk berusaha jelas, begitu pun persyaratan kriteria yang dipersyaratkan saya berhak, tetapi kenapa masih bisa terjadi nomor NIK KTP yang muncul terdaftar sebagai penerima orang lain, baik di link BPUM UMKM Kota Bandung maupun di eform BRI itu sendiri?

Apakah ini disengaja oleh oknum-oknum agar bisa memanfaatkan dari kesemrawutan dengan menginput data secara tidak benar? Wallahu a’lam. Maaf saya jadi suudzon, karena belum adanya tindakan baik dari dinas terkait atas permasalahan ini. Padahal saya sudah coba datangi dinas terkait sebagai yang melakukan pendataan, pihak Bank BRI selaku penyalur, lewat email dan whatsapp pengaduan Kemenkop dan terakhir di situs lapor.go.id, tetapi semua tidak ada tanggapan dan solusi perbaikan.

Demikian permasalahan seputar BPUM UMKM yang saya alami dan kedepan semoga bisa menjadi koreksi dan perbaikan khususnya kroscek masalah pendataan dan input data secara baik dan benar. Karena sayang program mulia yang baik dan membantu dari Bapak Presiden seperti ini tidak dilaksanakan sebaik baiknya oleh aparatur dan lembaga di bawahnya.

Sekian dan terima kasih, wassalam.

Erlan Martin Kurniawan
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • benar sekali pak di daerah saya kab. cianjur juga sama banyak kejadian nama, nik, no. rek. di eform sudah sesuai tapi pas di cetak rekeningnya keluar nama orang lain begitu pula dengan alamtnya. belum ada tanggapan sama sekali baik dari pihak bank maupun dari pihak koperasi daerahnya. bikin pusing tujuh keliling.

  • Sama kejadian sama saya, pas buka rekening, no nik atas Nm saya,tapi yg keluar nama orang lain,

  • Bagaimana bang Erlan apakah sd saat ini permasalahan bang Erlan blm selesai, ini kejadian juga bang sama saya nik udh bener cuma nama di buku tabungannya typo, akhirnya blm bisa diambil, saya mau liat buku tabungannya juga ga boleh, katanya nanti dihubungi lagi, saya tegaskan ke petugasnya siapa yg menghubungi, petugas seolah cuek menanggapi. Aneh memang, tidak profesional sama sekali. Dan ternyata dilingkungan saya juga ada yg gitu, karena si penerimanya kolot trus ga diurus2, pas coba dibantu urus sama teman2 ternyata bantuannya udh ada yg ngambil. Oo siapa dia??

    • Alhamdullilah sampai saat ini detik ini tidak ada tanggapan baik dari lembaga terkait, kementrian terkait, bank BRI terkait semua saling lempar kesalahan sepertinya

  • sma dngan kjdian bpak sya dini hari Nik sdh bnar tpi beda nma d buku Bri jdi tdk bsa d cairkan.

  • Sama dengan yg saya alami,saya berasal dari riau,nik saya terdaftar tapi nama tidak atas nama saya. Saya klarifikasi ke bank kta orng bank tunggu aja sampai berubah sendiri sementara sampai saat ini belum juga berubah2 sampe sudah 2 bulan lebih..bukan cuma saya aja yg mengalami tapi banyak di tempat saya ini yg salah nama nya.. Tidak sesuai nik nya.. Kemana kami harus memperbaiki nya.. Mohon info nya.

    • Sama begitulah yg mereka katakan ,mereka saling lempar kesalahan baik pihak lembaga terkait maupun BRI sebagai penyalur, karena sampai saat ini detik ini tidak ada response atau klarifikasi atas masalah ini

  • Kejadian yg sama juga saya alami di Riau, nik terdaftar akan tetapi nama oranglain yg keluar, saya sudah usaha ke pihak terkait, di bank BRI awalnya dengan hasil katanya, tunggu aja sampai perubahan namanya benar cek saja terus di linknya, sudah 3 bulan sampai detik ini belum juga ada perubahan nama, lalu saya mencoba hubungi di via whatapp umkm dengan jawaban yg sama..sementara kita masyarakat yg kecil ini mengharap dana itu cair agar dapat membantu modal usaha kita apalagi di masa pandemi sekarang, sangat disayangkan dimana perhatian pihak
    terkait atas masalah ini? Tidakkah ada bantuan solusi agar cair?

    • Menyimak bahwa kasus seperti ini banyak terjadi dan tidak ada tanggapan dari lembaga terkait dan bri selaku penyalur saya berkesimpulan ada sesuatu terjadi dg data penerima bpum entah sengaja di buat semrawut agar oknum bisa ambil kesempatan dalam kesempitan karena terlihat dilakukan secara sistematis dan terjadi di semua daerah untuk itu harap kpk mengaudit dana penyaluran bpum ini

    • Sama persis yg saya alami hari ini. Nik terdaftar sebagai penerima BPUM tp setelah akan dicairkan nmr rekening tercatat atas nama orang lain. Jadi dana tidak bisa dicairkan.

        • Melalui mendatangi dinkop kota bandung jawaban nya sama dg nomor pengaduan whatsapp kemenkop katanya gak Terima pendaftaran baru/ulang, kalau merasa sudah daftar di tunggu saja di link eform bri dan tanya pihak bri nya, nanya ke pihak bri jawab nya bri hanya sebagai penyalur tanya ke pengusul nya dalam hal ini kemenkop/dinkop kota bandung, bgt seterus nya saling lempar bolak balik cape, bgt pun melalui pengaduan di situs lapor jawabannya sama saja

          • Kasus nya sama kaya saya dan teman2 saya di sini Bojong gede kab Bogor,di suruh tunggu tp sampe hari gini udah mau 4 bulan nama ga berubah,malah pihak BRI bilang kalo sampe bulan Desember nama ibu ga berubah berarti ga dapet bukan rezeki ibu,begitu jawaban profesional orang bank .

    • Monggo yg BPUM nya belum bisa cair karena nmr rekening tercatat atas nama orang lain bisa ditanyakan kembali ke BRI tempat validasi data sebelumnya. Tanggal 8 Desember ini saya urus kembali BPUM saya yg belum bisa dicairkan waktu itu ternyata sudah bisa dicairkan. Memang tidak ada pemberitahuan dari pihak BRI, tapi saya coba urus kembali. Monggo segera diurus sebelum akhir bulan Desember 2021.