Transaksi Online Kartu Kredit AEON yang Tidak Saya Lakukan Tanpa Ada Kode OTP

Yth. Redaksi mediakonsumen.com,

Saya adalah pengguna Kartu Kredit AEON dengan no 4520-56**-****-8309. Pada tanggal 20 April 2021 dan tanggal 25 April 2021 ada transaksi yang menggunakan Kartu Kredit AEON saya tanpa ada kode OTP ke no hp saya yang tidak pernah saya lakukan.

Saya sudah telepon ke CS AEON tanggal 5 Mei 2021 untuk menanyakan perihal ini dan diminta blokir kartu dan akan dikirimkan kartu pengganti. Dijelaskan klo total tagihan saya jadi 6 juta, padahal limit saya hanya 5 juta.

Lalu tanggal 3 Juni 2021 saya ditelepon oleh cs AEON perihal pembayaran tagihan dan saya tanyakan tentang komplain saya saat telepon tanggal 5 Mei. Tapi menurut info CS AEON tidak ada perihal masalah yang saya ajukan.

Mohon konfirmasi pihak AEON, apalagi di masa pandemi ini saya sudah tidak bekerja.

Hasanudin
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan AEON Credit Service Indonesia atas Surat Bapak Hasanudin

Sehubungan dengan surat Bapak Hasanudin di MediaKonsumen.com tertanggal 06 Juli 2021 dengan judul: “Transaksi Online Kartu Kredit AEON yang Tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kenapa kok tidak diblokir dulu saat tanggal 20 sudah menerima notifikasi transaksi mencurigakan? bisa mengurangi risiko biaya yang lebih besar. Dari transaksi mencurigakan pertama ada jarak 2 minggu lebih

    saya tidak tahu kartu kredit AEON ini menggunakan sistem keamanan seperti apa, apakah dia berbasis visa/mastercard atau independen, tapi yang saya tahu, memang tidak semua kartu kredit mengharuskan pengiriman OTP di setiap transaksi(tergantung marketplace juga).

    • Untuk transaksi di Lazada memang tidak menggunakan kode OTP untuk verifikasi, jadi cukup dengan nomor kartu, nama pemilik, exp-date dan kode cvv, transaksi langsung berhasil.
      Memang benar dengan yang diutarakan @Ivan, seharusnya ketika ada pembobolan pertama dengan JD.ID langsung dilakukan pemblokiran. Ini malah dilakukan pembiaran, sehingga yang bobol dengan leluasa bertransaksi sampai limit habis.
      Setahu aku, kartu kredit AEON itu bekerjasama dengan VISA deh.

      • Saya pernah transaksi di Lazada, transaksi dibawah 500 ribu. Pakai CC, kok anehnya gak ada otp masuk. Tapi transaksi berhasil, saya kaget, kok ya bisa tanpa otp. Lalu saya telpon cs Lazada, dia bilang kalo transaksi dibawah 1 juta, kode otp tidak akan ada. Ooaalaaa, saya pikir seram sekali kalo begini. Semenjak itu akhirnya saya gak berani transaksi di Lazada pake CC.

        • ini bukan saya yg transaksi,jadi saya jg bingung.harus bayar gmn soalnya jg lg tidak bekerja akibat pandemi

          • Ya kartu anda kan dibobol, jadi sudah jelas bukan anda yang bertransaksi.
            Coba ajukan penyanggahan ke AEON, kali saja diterima, tapi aku sih ragu akan diterima penyanggahan tsb, karena AEON itu kan bukan lembaga perbankan.
            @keke, for information saja, sepanjang yang aku tahu, e-commerce di Indonesia yang tidak menerapkan secude-code OTP yaitu Lazada dan Zalora.

  • iya,sanggahannya ga di terima.ada aja alasannya,minta data si pengguna jg ga di kasih

  • Setau saya transaksi di jdid wajib otp, bahkan nominal dibawah 50rb sekalipun. Agak membingungkan mengapa transaksi tgl 20 April yg TIDAK anda lakukan baru dilaporkan tgl 5 Mei

  • karena saya baru sadar ada transaksi begitu saat lihat bill tagihan,saya jarang banget lihat sms masuk