Surat Pembaca

Penanganan Komplain dari Traveloka Sangat Lama dan Bertele-tele

Saya melakukan booking Hotel Grand Mercure Setiabudi Bandung, pada tanggal 9 Juni 2021, melalui aplikasi Traveloka. Nomor pesanan: 701746185, rencananya stay tanggal 16 – 18 Juni 2021. Tanggal 15 Juni 2021 saya mendapat informasi dan diperkuat berita dari media, perihal pelarangan aktivitas pariwisata di Bandung.

Sebagai warga negara yang taat aturan pemerintah, saya langsung mengajukan permohonan pembatalan tanggal 15 Juni 2021 kurleb pukul 20.00. Awalnya saya menghubungi pihak hotel. Terkait berita dan aturan larangan pemerintah agar wisatawan khususnya JKT tidak ke Bandung, pihak hotel (Ibu Sisca (if I’m not wrong) & Bapak Ikmal) menyarankan sebaiknya untuk jangan ke Bandung dan saya harus menghubungi pihak Traveloka karena booking melalui Traveloka (masuk akal).

Saat itu saya juga sudah bicara bahwa pemesanan saya non-refundable. Namun pihak hotel mengatakan bisa diproses karena FORCE MAJEUR, asalkan dapat konfirmasi dari pihak Traveloka sebelum jadwal check in saya (16 Juni 2021 pukul 14.00). Kronologi selanjutnya:

  • Tanggal 15 Juni 2021, pada pukul 20.10 saya langsung menghubungi pihak Traveloka (Ajis) untuk membatalkan booking-an hotel saya, sesuai rekomendasi dari pihak hotel sebelumnya.
  • Tanggal 15 Juni, pukul 21.25 saya mendapat email notifikasi dari Traveloka bahwa saya harus tunggu 60 menit ke depan.
  • Tanggal 15 Juni Pukul 21.43, dapat email lagi, isinya masih sama, harus menunggu lagi.
  • Tanggal 16 Juni 2021 pukul 04.01, saya mendapat email lagi dari Traveloka, masih harus menunggu katanya masih diproses.
  • Tanggal 16 Juni Pukul 10.38 saya minta pihak Traveloka untuk mempercepat proses penanganan masalah ini.
  • Tanggal 16 Juni Pukul 11.24 Traveloka balas permohonan maaf atas kendala dan meminta saya untuk tetap menunggu.
  • Tanggal 17 Juni 2021 Pukul 17.42, saya follow up ke Traveloka, tapi tidak ada respon
  • Tanggal 19 Juni 2021 Pukul 08.03, saya follow up lagi, menanyakan progress, belum ada respon juga.
  • Tanggal 19 Juni Akhirnya saya telp hotel, dan info dari Pak Edo & Ibu Siti (Bagian Reservasi Hotel), pihak Traveloka baru info ke pihak Hotel melalui email tanggal 18 Juni 2021 (setelah jadwal check out saya), sehingga hotel tidak bisa memproses pembatalan saya.
  • Tanggal 20 Juni 2021, saya telp Hotel & Traveloka, pihak Traveloka (Lisna) berdalih telah menghubungi pihak hotel tanggal 15/16 Juni 2021 dan hotel telah menolak permohonan pembatalan saya. Setelah saya minta bukti aktivitas tersebut, mereka tidak bisa menunjukkan dan hanya bilang akan cek dan follow up ke agennya (EKSPEDIA). Sebagai customer saya tidak tahu keberadaan Ekspedia.

Sesuai konfirmasi dari pihak hotel, bahwa pengembalian/refund tidak bisa dilakukan karena pihak hotel baru menerima konfirmasi cancellation hari Jumat tanggal 18 Juni hotel 2021 by email. Sampai sekarang belum ada solusi dari Traveloka dan pihak hotel.

Dalam hal ini kami meminta solusi dari Traveloka dan Grand Mercure. Saya bukan semata-mata hanya menuntut pengembalian full atas dana yang sudah kami keluarkan, setidaknya kami sebagai customer tidak merasa dilempar sana-sini tanpa ada solusi dan saling menyalahkan antara kedua pihak.

Mohon bantuan dari semua pihak untuk dieskalasi masalah ini untuk pertanggungjawabannya. Apabila membutuhkan bukti, saya siap memberikan seluruh data history transaksi dan email.

Terima kasih. Salam sehat,

Tri Y.
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kejar terus, kawan. Traveloka harus tanggung jawab, dibayar ke dia.
    Ada tiga tahunan saya tidak lagi berhubungan dengan traveloka terkait refund. Dan ternyata makin ke sini semenjak adanya Pandemi, kasus malah menumpuk ada yang terhitung bulanan tidak selesai.
    Katanya unicorn... Kok begini yah?

    • Case closed. Traveloka sudah me-refund dana saya full.
      Terimakasih Media Konsumen dan teman2 :)
      Pengalaman sangat berharga dan untuk pembelajaran ke depannya.
      Semoga pelayanan Traveloka bisa lebih baik dari sebelumnya, dan bisa menangani complain dengan cepat dan tepat.

  • **mereka tidak bisa menunjukkan dan hanya bilang akan cek dan follow up ke agennya (EKSPEDIA)**

    Ini jalurnya ketika booking lewat Traveloka:
    Konsumen ==>> Traveloka ==>> Expedia ==>> Hotel

    Dan ketika terjadi pembatalan adalah:
    Hotel ==>> Expedia ==>> Traveloka ==>> Konsumen

    Jadi tahu sendiri kan kenapa prosesnya bisa lama.

    • Jadi selama ini Unicorn magang di Expedia? Mohon jagoan jagoan startup telusuri, aku jadi terkesima sekaligus penasaran.

  • Kepada Yth.,
    Bapak Tri Y.,

    Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka.

    Menanggapi surat terbuka yang Bapak Tri Y. tujukan kepada Traveloka di MediaKonsumen.com pada 7 Juli 2021, dapat kami sampaikan bahwa Traveloka telah menghubungi Bapak Tri melalui sambungan telepon dan email guna berkoordinasi lebih lanjut serta memberikan solusi terbaik terkait situasi yang Bapak Tri alami. Adapun solusi tersebut telah diterima dengan baik oleh Bapak Tri.

    Demikian pernyataan resmi ini kami sampaikan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat kami,
    Tim Customer Care Traveloka

    • Kejadian serupa di traveloka saya alami saat ini. Saya booking hotel tgl 21 Maret 2023 pagi pk 07.45, pembayaran sdh dilakukan dan saya pun mengirimkan bukti bayar secara manual, tp tdk terkonfirmasi. Segera saya hub cs terkait permbayaran saya melalui chat traveloka.
      Balasannya hanya 'Maaf atas kendala yg Anda alami....dst' 'segera akan kami proses'
      Saya hub cs traveloka bbrp kali tdk bs berbicara lgsg dgn cs nya.
      Tgl 22 Maret 2023 saya follow up lg,,
      Maksud saya, saya hanya ingin tau kendala nya apa knp tidak terkonfirmasi kemudian solusinya apa?
      Sampai saat ini tdk ada respon dr traveloka.
      Memang bukan uang besar, tp akan menjadi besar krn ketika saya perlu untuk menginap untuk menemani tante yg sedang sakit dan traveloka tdk merespon keluhan saya.
      Ini baru 2 hr loh, saya baca keluhan customer lain hingga berbulan².. Kebayang deh cara penanganan traveloka seperti apa jika keluhan konsumen tdk cpt direspon..

  • Kejadian sama dengan yang saya alami, no pesanan 769664890, menginap di ganesha inn cakranegara tgl 20-21 maret 2022. Pihak hotel WA saya untuk refund krn ada kendala di hotel tgl 12 maret, tetapi WA tidak masuk krn no di traveloka saya beda sam a no WA. Tgl 19 saya konfirm ke hotel untuk cek in besok baru pihak hotel ngasih tau kalo tidak bisa akhirnya saat itu juga saya telp traveloka untuk minta refund. Traveloka @mail tetapi tidak masuk krn salah @mail. Tgl 22 maret saya telp cs akan dibantu dan ada @mail masuk yg isinya trrimakasih telah menghubungi kami. Saya balas @mail bagaimana mengenai komplain saya, ada balasan bahwasanya pengajuan refund tidak bisa karna konfirmasi dari pihak hotel perubahan dan pembatalan reservasi tidak bisa dilaksanakan. Padahal pada saat datang ke hotel tgl 19 maret yg membatalkan reservasi adalah pihak hotel. Akhirnya saya minta chat sendiri ke pihak hotel masalah pembatalan tersebut dan saya screenshoot sebagai bukti untuk balasan @mail ke traveloka. Tgl 23 maret saya telp cs bilang masih dibantu. Tgl 24 maret juga bilang masih menunggu team hotel spesialist, tgl 25 maret saya telp lagi juga masih menunggu team hotel spesialist.....
    Yang saya pertanyakan apakah sebenarnya pihak traveloka benar-benar menghubungi pihak hotel, karena dari chat saya ke pihak hotel minta klo traveloka disuruh menghubungi pihak hotel, tetapi balas di @mail saya pihak hotel tidak bisa melaksanakan pembatalan atau perubahan reservasi

  • Saya juga mengalami hal yang sama. ID Booking 839287944. Penanganan masalah yang saya alami sudah mau 3 bulan belum selesai juga. Bedanya ini bukan mengenai refund. Tapi pengubahan cicilan yang mana pada saat chekout tiket pakai metode pembayaran kartu CC. Pilih 12x pembayaran dan berhasil dapat tiketnya. Namun sayang banget di tagihan kartu CC saya ditagih secara full. Saya sudah komplain ke pihak Traveloka. Tapi belum ada penyelesaian sampai sekarang. Hanya mohon maaf terus atas ketidaknyamanan pelanggan. Saya disuruh tidak membayar sebesar harga tiket tersebut sampai berubah menjadi cicilan kata CS Traveloka dan bila ada beban bunga dibebankan Oleh Bank tsb pihak Traveloka akan bertanggung jawab. Nyatanya tidak seperti itu. Pihak Traveloka tidak ada tanggung jawab sama sekali dengan apa yang saya alami. Hingga keluar e-statement CC kedua sejak saya pesan tiket pesawat tsb dan dibebankan bunga Bank oleh bank tidak ada tanggung jawab traveloka. Saya disuruh menunggu informasi selanjutnya. Sebentar lagi tagihan ketiga akan keluar. Bisa jadi akan bertambah terus bunga Bank dr kartu CC saya. Saya sudah dibebankan bunga cicilan dari traveloka pada saat chekout ditambah bunga bank ditagihan bulan kedua. Tim dari traveloka tidak profesional.