Kecewa dengan Jaringan Internet FTTH Indihome Telkom

Saya adalah pengguna baru layanan internet Telkom Indihome dengan nomor Layanan 1116 4410 0005. layanan internet di kota/wilayah saya baru ada sekitar 1 bulan yang lalu tepatnya tanggal 6/5/2021. Pada awal-awal adalah saya dan beberapa orang yang mendaftar karena pertama kali mendapatkan tawaran dari sales indihome. Di awal-awal pemasangan terlihat normal-normal saja speed yang didapat baik siang maupun malam hari sesuai dengan yang didaftarkan yakni 20mbps.

Tapi setelah beberapa minggu tepatnya sekitar 3 minggu setelah pemasangan speed yang didapat semakin kurang dan ping sangat tinggi. Jelas ini sangat mempengaruhi kenyamanan dalam menggunakan akses internet. Kemudian suatu kali saya mencoba mengajukan komplain ke indihome melalui twitter pada tanggal 1 Juli 2021 dan responnya cukup bagus.

Saat itu cs langsung membuatkan tiket laporan dan pada malam harinya datang teknisi indihome ke rumah dan mengabarkan kalau jaringan saat ini sangat padat. Dikatakan oleh teknisi bahwa RADIO Wireless yang menghubungkan ke uplink overload. dan teknisipun hanya menyarankan untuk merestart modem berkali-kali. Namun cara ini tidak membantu sampai sekarang 08/07/2021 jaringan masih tetap lambat.

Speedtest hari ini

Lambatnya ini sekali lagi dari statement teknisi yang datang saat kunjungan bahwa RADIO Wireless Overload yang artinya tidak sanggup menghandle pengguna di wilayah saya. Idealnya jaringan FO itu menggunakan kabel serat optic sedangkan di wilayah saya hanya di-handle oleh RADIO Wireless untuk menghubungkan ke uplink.

Untuk itu dimohon kepada yang berwenang untuk membantu mengatasi permasalahan ini. idealnya sebelum membuka layanan di wilayah saya tolong sarana dan prasarananya dikalkulasi dulu jangan sampai pelanggan dirugikan karena peralatan tidak sanggup menghandle beban.

Sudah hampir 2 minggu akses internet lambat dan tidak ada perubahan yang signifikan. Teknisipun sepertinya sudah angkat tangan karena mereka mengetahui kemampuan alat sudah tidak sanggup lagi menghandle pelanggan yang sangat banyak.

Terima kasih.

Aris Sunanto
Jl. Darussalam – Sungai Guntung
Indragiri Hilir

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom Witel Riau Kepulauan atas Keluhan Bapak Aris Sunanto

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Aris Sunanto pada tanggal 8...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalo saya uang deposito belum dibalikkan udah dari mei sampe juli. Kapok saya pake indihome

    • Kalo uang deposit akan dikembalikan setelah 12 bln sejak pemakaian / 1 thn sejak pemasangan. Tagihan langsung terpotong otomatis oleh sistem dr uang deposit. Ini yg saya alami,,

    • maaf sepertinya anda salah tanggap =D
      untuk yang kerumah² memang menggunakan kabel FO
      tapi berhubung di tempat saya adalah kepulauan jadi mereka menggunakan Radio wireless untuk menghubungkan antar pulau. padahal waktu diawal pemasangan dijanjikan hanya sementara menggunakan radio wireless kurleb 2 bulan. dan kenyataannya sudah lebih dari 3 bulan setelah mereka menjanjikan belum juga terealisasi. hingga akhirnya terjadi overload.

  • Kebiasaan plat merah, bagian pemasaran gak pernah paham teknis & gak pernah sinkron antar bagian, yg penting dapet pelanggan banyak, peralatan megap2 urusan nanti, kenyamanan konsumen gak masuk itungan.

    • betul pak. diawal² kami ada digrup pemasang indihome dan disitu juga ada teknisi/salesnya bahwa apa yang menjadi kekhawatiran kami adalah tidak sanggupnya radio wireless menanggung bandwith yang tinggi sedangkan kemampuan radio wireless tidak sama dengan kabel. tapi di awal pendataan calon pelanggan mereka menjanjikan bahwa pemakaian radio wireless tidak akan lama kurang lebih 2 bulan lagi artinya bulan april seharusnya pemasangan sudah memakai kabel optic. tapi kenyataannya pada bulan ke enam dan sampai sekarang mereka masih tetap menggunakan radio sebagai penghubung antar pulau. dan sekarang apa yang menjadi kekhawatiran terbukti.

  • Kalau sama BUMN yg satu ini udah deh, cuma bisa geleng-geleng. Dari jaman dulu Speedy sampai sekarang Indihome selalu buruk kinerjanya.

  • jika anda pindah ISP lain, kemungkinan akan mengalami problem yang sama.
    sabar saja

  • Kayak yg baru hidup aja di Indonesia negara yang tidak pernah memikirkan Konsumen, dan YLKI yg tidak berfungsi dengan baik, saya pakai Indihome kalau siang hari ping selalu tinggi, akhirnya internet lambat, sdh berkali² komplen hasilnya pasrah aja sudah 1 tahun bikin laporan tetap ga ada perubahan

  • Pelaku usaha adalah wajib mengatasi tugas dan tanggung jawabnya terhadap karyawan atau pelanggan. * tetapi jika tidak di tepati tentu itu punya alasan tersendiri. Namun sejauh ini koneksi Indihome 👍, saya orang lapangan masalah simulasi radio dll saya pikir stabil manta semua tergantung keahlian ITnya. Lebih mantap lagi kalau sudah FO, tidur nyenyak kalau saya yg kerja situ. Owh iya untuk yg membutuhkan IT teknisi kami siap melayani. Semua tergantung topologi.