Setelah Setahun Gagal Bayar di Tunaiku Amarbank

Sedikit cerita dari saya, setelah 1 tahun gagal bayar di Tunaiku Amarbank, karena saya di-PHK dan sampai saat ini belum bekerja kembali. Baru saja tepatnya kemarin saya mendapat email untuk membayar tagihan yang sudah tertunggak, karena data saya akan dialihkan ke pihak agency (kolektor).

Melalui email tersebut saya berbicara jujur apa adanya, kalau saya hanya sanggup membayar cicilan paling tidak Rp200 ribu/bulan. Akan tetapi saya harus membayar Rp1 juta terlebih dulu agar dapat mencicil sesuai kemampuan saya di bulan depan.

Yang menjadi keberatan saya, bagaimana saya mendapatkan uang Rp1 juta dalam 1 hari? Karena saya hanya diberi waktu 1 hari. Saya minta waktu sampai akhir bulan untuk mencari dananya dahulu, tetapi tim penagihan Tunaiku Amarbank tetap keukeuh harus dibayarkan hari Jum’at. Kalau lewat dari hari tersebut, maka data saya akan diserahkan ke pihak agency (kolektor).

Apakah di sini ada yang sama seperti saya? Saat pandemi yang semakin darurat ini apakah pihak kolektor masih akan ke rumah?

Tolong agar pihak Tunaiku Amarbank bisa memberi sedikit ruang untuk saya mencari dana. Karena saya pun tidak lari. Niat saya akan membayar, karena memang sudah kewajiban saya, tapi di sisi lain untuk saat ini saya tidak punya penghasilan apapun. Lalu kalau nasabah tidak sanggup bayar saat seperti ini, apakah tidak ada keringanan lain dari perusahaan Tunaiku Amarbank?

Terima kasih.

Yuliana
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:116    Rata-Rata: 3.4/5]
Tanggapan Tunaiku atas Surat Ibu Yuliana

Pertama-tama, kami menyampaikan terima kasih untuk informasi yang Ibu Yuliana sampaikan. Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Yuliana pada tanggal...
Baca Selengkapnya

67 komentar untuk “Setelah Setahun Gagal Bayar di Tunaiku Amarbank

  • 8 Juli 2021 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Banyak kasus sulit bayar khusus nya karena pandemi dc nya ke rumah hanya saja berbeda sikap semoga ada jalan biar clear case nya

    • 8 Juli 2021 - (12:13 WIB)
      Permalink

      Yakin mbak setelah bayar 1 jt , gak bakalan mulus omongannya yg dibantu 200rb/bln.
      Mending deal2an dulu yg bayar 200rb/bln.
      Kasian nanti setelah bayar 1 jt , gak diproses yg kita minta 200 rb/bln nya

      6
      1
      • 8 Juli 2021 - (12:43 WIB)
        Permalink

        Menurut saya juga itu hanya rayuannya aja, karna saya minta nomor kontrak dan total tagihan saya disistem tapi tidak dikirimkan malah saya hanya dikirimkan virtual account saja untuk pembayarannya. Mau saya usahakan bayar 1 juta dulu juga saya khawatir bulan depan tetap minta sesuai tagihan . Punya uang untuk kebutuhan sehari2 aja saya udah alhamdulillah karna memang belum mendapat pekerjaan juga sampai saat ini

        • 9 Juli 2021 - (20:37 WIB)
          Permalink

          Sya mantan nasabah tunaiku juga dan sama seperti mbak,karna pandemi jadi tidak bisa membayar tapi itu kasus saya setahun yg lalu..
          Saran..lebih baik bayarkan saja semampu mbak dan abaikan omongan dari DC,bayar via aplikasi tunaiku jgn sesekali titip atau di tf ke DC..bayar sesuai hutang yg mba pinjam,abaikan dulu bunga.a..nanti klo sudah lunas pokok pinjaman,baru mba nego soal bunga.a..bayar saja 200 yg penting ada transaksi..semoga jawaban saya dapat membantu mbak..kawanku juga saat ini seperti itu,dia nasabah tunaiku juga dan sama telah nunggak satu tahun dan dia hanya mampu bayar 250 ribu,alhamdulilah tidak pernah ada DC yg mendatangi dia

          • 14 Juli 2021 - (15:13 WIB)
            Permalink

            Cara byr di aplikasi tdk sesuai cicilan gmn ya mas? Sy may byr sesuai kemampuan aja

          • 14 Juli 2021 - (17:41 WIB)
            Permalink

            Bisa mba sri kita masukin nominal yg akan kita bayar di atm aja kaya transfer biasa masukin no kontrak nya tr tinggal masukin nominal nya klo sudah bayar biasa nya ke esokan nya baru update jumlah yg telah kita bayar

          • 4 September 2021 - (17:43 WIB)
            Permalink

            Kalo misalnya no hp nya hlg gmna ? Saya jg ditagih di datengin ke rmh tp anehnya gak ada yg email ke sy dr tunaiku. Melainkan dia dtg ke rmh dan ngancem katanya apa tante saya gak kasihan sama saya, kalau ada apa2 sama saya dijalan? Kenapa jd ngancem2 kaya gitu ya

        • 10 Juli 2021 - (01:59 WIB)
          Permalink

          Aq awal pinjam 9jt dengan cicilan 800rb kurg dgn total keseluruhan 15 jt kurang dan sdh masuk cicilan ke 6. Pas ada psbb aq mnta penangguhan di acc slama 3bln. Dan aq kaget bgt di situ. Harusnya cicilan aq yg hanya sisa 7jtaan malah jadi balik ke awal lagi dengan total cicilan keseluruhan 15jt kurang… Apa gak gila tuh bunganya. Blm lagi kalau tiap bln telat kena 150rb/bln. Bodoh bgt udah pnjem di ammar bank. Bukan membaik. Malah bikin belangsakk.. Hati hati deh buat kalian !!!

        • 10 Juli 2021 - (04:37 WIB)
          Permalink

          Lebih baik jangan di bayar dulu sampai mereka deal sesuai kemampuan bayar kita. Kalo bisa kita bayar sesuai hutang pokok nya saja

        • 15 Juli 2021 - (00:18 WIB)
          Permalink

          Saya juga sempat mencicil, tapi kalau bisa setelah transaksi berhasil langsung screenshot buat jadi bukti. Saya aja yg udah mencicil tagihannya ga berubah malah makin banyak, harus lebih hati2 sih sy yg sisa 4,2jt aja msh di tagih 7,5jt lbh. Saya aja yg udah complain lewat media konsumen belum ada penyelesaian dari pihak mereka. Semoga cepet selesai ya Mba urusan nya.

        • 9 Juli 2021 - (15:37 WIB)
          Permalink

          sama yg kaum ngutanger juga .pas mau minjam manis.giliran bayar pahit.galakan yg punya utang pula

          2
          7
      • 9 Juli 2021 - (17:58 WIB)
        Permalink

        Bener tuh mbak jgn mudah percaya sama pinjol,saya pun sama mbak,malah yang pinjam itu teman saya sampai” sudah hampir 7 juta dlm tempo 3 bulan,tapi saya trus yg diteror sama pinjolnya.
        Awalnya pun sama saya disuruh bayar 500 ribu slelbihnya 300 ribu per bulan.tapi saya tidak percaya begitu saja.karna yg pinjam itu teman saya bukan saya

    • 11 Juli 2021 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Slow mba semua juga tunggakan yg lebih dari 3 bln atau 1thn bakal di lempar ke agency saya aja masih ada tunggakan di tunaiku udah 3thn saya blom bayar2 dan saya pribadi itu gak ngalamin di datengin pihak dc tunaiku atau agency nya paling via email soal nya no yg saya daftarin udah mati jd dia gak bisa telp klo email itu saya yakin pihak agency yg kirim email ke kita bukan pihak tunaiku nya jd klo mba nya masih niat bayar bayarkan semampu mba nya 200rb/bln udah bagus mba karena juga lama2 lunas inti nya setelah bayar cek di aplikasi tunaiku nya berkurang apa gak klo gak kurang patut di pertanyakan ke pihak tunaiku nya langsung tp klo berkurang rutinin aja mba bayar per bulan

      • 14 Juli 2021 - (15:32 WIB)
        Permalink

        Mas, beneran ga byr tunaiku 3th, ga da DC yg dateng? sy cicilan ke 7 baru kali ini telat seminggu dah ketar ketir. Ada Dc nya ga si mas ?

        • 14 Juli 2021 - (17:35 WIB)
          Permalink

          Beneran 3thn saya gak bayar dan saya bayar aja baru 2x selama masa angsuran ke 3x nya pas di telp dc cewe si akhir nya saya bayar dan itupun bayar minimal doang 500rb setelah itu gak bayar2 lg sampe sekarang dc cewe juga saya yakin itu pihak agency saya pribadi gak pernah ketemu atau keluarga saya di temui sama dc dari amarbank jd pendapat saya si gada tp gak tau yg laen ada apa gak nya paling yg dateng cuma dari home credit itu juga awal2 telat dan sampe 1 thn masih datengin sampe sekarang juga gak dateng2 lg pihak HCI

          • 30 Juli 2021 - (15:31 WIB)
            Permalink

            Mas mau tanya .. dia datangin ke alamat perusahaan ga ya ? Aku blm berenti kerja tapi di kerumahkan gaji cmn 700k cicilan 1880k . Mnrt mas gmna . Apakah dia nyamperin ke alamat perusahaan ?

          • 30 Juli 2021 - (15:43 WIB)
            Permalink

            Saya si udah keluar dari kerjaan tapi saya gak dapet kabar dari temen yg masih kerja dstu klo ada colector nagih kstu palingan yg dari bank aja klo amar bank si gada

          • 18 September 2021 - (14:28 WIB)
            Permalink

            Mas .mau tanya, saya kan galbay sudah 2 thn .tetiba kollector datang nah pas banget ketemu sama saya. Tp kita tidak menemukan solusi di karenakan saya sudah tidak bekerja lagi dan tidak pinya uang.
            Dia bil 1 minggu lagi akan dtg, tp kalau saya masih gak ada uang dia mau kasih ke pihak agency. Apakah bener dia akan dtg ke rumah lagi

      • 10 September 2021 - (16:38 WIB)
        Permalink

        serius mas? saya 2 tahun . masih ada yg wa sih krn ga ganti nomor. tp ga pernah di datangi. 1 x saya ladenin, malah ngatain saya “Gila” . jd lbh baik emg ga diladenin dulu ya

  • 8 Juli 2021 - (11:10 WIB)
    Permalink

    Bank yang satu ini keras kepala mbak, jarang ngasih keringanan dan dispensasi. Anda minta restrukturisasi pun bakal kena biaya dan makin nambah utangnya. Saran saya kuatkan mental hadapi DC, jangan berharap banyak dari bank ini. Silakan baca di MK sini, bnyk sekali yang bermasalah dengan Tunaiku. Tidak menyarankan tidak bayar, tapi kalau tidak ada ya mau gimana lagi ? Ada niat bayar, selalu ingat itu aja. Ntar kalau sudah kerja bisa diselesaikan , sekarang tidak bisa mau gimana lagi.

    • 8 Juli 2021 - (11:23 WIB)
      Permalink

      Betul mbak, bunga+dendanya sangat mencekik. Yang seharusnya hutang saya tinggal 10juta tetapi dapat email tagihan hutangnya 27juta mbak. Dan saya pernah melakukan pengajuan restruktusisasi tetap harus membayar cicilan juga yang hanya nominalnya berbeda . Saya ada itikad baik mau mencicil tetapi tidak pernah ditanggapi, lagi pandemi seperti ini denda+bunga nya malah semakin gilaa.

      • 11 Juli 2021 - (22:51 WIB)
        Permalink

        Saran aja mba ada cicilan laen apapun lebih baik jngn ajuin resturukrisasi lebih baik denda berjalan karena pengalaman saya denda akan mati di bulan ke 3 atau bahkan lebih cepet dalam 1 bln jd mba lebih baik denda berjalan gak nambah bunga 2x lipat

        • 8 Juli 2021 - (21:07 WIB)
          Permalink

          saya saranin gak usah dibayar…dia gak ada DC lapanagan..cuma gertakan lewat tlp aja..saya galbay juga hampir 1 tahun..ga usah direspon kalau ada tlp atau WA dari TUNAIKU

          • 9 Juli 2021 - (06:24 WIB)
            Permalink

            Katanya dc tunaiku amarbank merata , apalagi kondisi lagi ppkm darurat seperti ini apa mungkin mereka datang kerumah

          • 10 Juli 2021 - (15:00 WIB)
            Permalink

            Btw pinjem berapa ka.
            Apakah tdk nyebarinn data2 yg ada di hp( sadap)

    • 10 Juli 2021 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Kalau memang ada kemampuan utang harus dibayarkan tapi kalau kondisi kita mau makan aja hrs pontang panting yah mau bagaimana.
      Saya gagal bayar juga ditunaiku di wa dc nya yah saya respon klau ngancam yah saya tanya balik aja klau ngk ada uang buat bayar kalian mau apain saya.

  • 8 Juli 2021 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Biasakan membaca syarat dan ketentuan.
    Jika digital, bisa di screenshoot atau dicetak saja.
    Pelajari dulu sebelum tandatangan kontrak.
    Nunggak 1 bulan saja bunga dan denda otomatis bertambah setiap hari.

    • 8 Juli 2021 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Iya saya baca karna saya tidak buta. Permasalahannya setiap saya mau terlambat bayar saya selalu info ke pihak bank terserbut dan juga sudah melalukan restruktusisasi dan mengisi form untuk keringanan . Jadi sangat terkejut saja dengan tetap berjalannya bunga+denda setelah semua keringanan yang sudah saya ajukan.

      4
      1
    • 8 Juli 2021 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Berdasarkan pengalaman..dah cuekin aja..ga bakal juga ada yg datang..memang itu kerjaan mereka aja ngancam2 buat shok terapi.. apalagi 1 tahun gagal bayar..berdasarkan ketentuan OJK, kalau sdh lebih 9 bulan itu sdh dilepas atau g usah ditagih… lagi pula, Tunaiku atau Pinjol2 itu brengsek

      • 8 Juli 2021 - (19:52 WIB)
        Permalink

        Saya ada niat membayar walaupun dengan cara dicicil tetapi disaat saya sudah mempunyai penghasilan, karna kalaupun mereka sekarang memaksa saya bAyar ya percuma saya juga tidak ada penghasilan, bisa buat makan aja sudah alhamdulillah. Berulang kali program keringanan saya ikuti tetapi tetap tidak ada keringanan malah rekstruktusi tetap harus membayar. Benar2 saya bingung dengan sistemnya, saya mengikutin program2 keringanan agar denda dan bunga bisa dihilangkan tetapi malah bertambah banyak dari pokok pinjaman saya.

        • 10 Juli 2021 - (10:32 WIB)
          Permalink

          Saran kakak ngk usah minta ini itu cukup klau ada berapa bayar saja tiap bulan dan di simpan bukti pembayarannya.

    • 8 Juli 2021 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Bagaimana bisa segala upaya saya mengikuti program keringanan amarbank tetapi hutang saya malah bertambah banyakk, yang seharusnya tinggal 10juta tetapi saya ditagihkan 27juta. Bayangkann mencekiknya seperti apa kalian.

      • 9 Juli 2021 - (22:59 WIB)
        Permalink

        Saya jg mngikuti program keringan slm 3 bln. Yg ad pbayaran dmulai dr awal lagi dan yg seharusnya perbulan 1jt sekian jadi bertambah 1jt sekian2. Dtambah lagi pernah telat bayar 2bln karna pandemi dan sy drumahkan (tdk di gaji) tapi org dc datang ke rumah untuk menagih

  • 8 Juli 2021 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Ya Allah mba utang 15 jute jadi 26 jute boa edaaan.
    Saran saya ya mba kalau musim sekarang ni, kalau ada ya kasih kalau tidak ada jgn maksain.
    Kalau amarbank ngancem abaikan sja toh tugas mereka buat nagih.pihak kolektor datang kerumah jgn takut mereka juga manusia sama sama makan nasi apa yg di takutkan.
    Mending kalau ada rejeki bayar pokok nya saja jgn sama bunganya.kalau pihak amarbank tdk mau ya udah gk usah dibayar bukan salah kita kan.

    • 8 Juli 2021 - (19:24 WIB)
      Permalink

      Iya mereka mau menghapus denda saya kalau saya bayarkan 1 juta, tetapi hutang yang saya bayarkan tetap 26juta. Kalau saya besok bisa bayar minimal 1juta hutang saya jadi 23juta lagi. Padahal seharusnya tinggal 10jutaan saja

      • 9 Juli 2021 - (08:15 WIB)
        Permalink

        Nggak ush dibyr..ngapain takut sama depcolektir…wong kita aja buat makan aja susah malah mikirin tagihan

  • 8 Juli 2021 - (18:39 WIB)
    Permalink

    Pengalaman sy, lebih baik DC dtng,krna klo sdh jatuh ke DC keputusan tergantung DC dan bukan Bank, cicilan yg tdi 26 jta, kemungkinan bisa menjdi 20 jta,
    itu saran sy mba,maaf ini pengalaman sy pribadi 4 bulan lalu,sy jga nunggak lebih dri setahun dan cicilan sdh masuk 3x,

    • 8 Juli 2021 - (19:26 WIB)
      Permalink

      Tapi saya dikasih disc sama pihak amarbank tetapi saya harus bayar 1juta dulu, dan didiskon tagihan saya jadi 23juta.

      • 9 Juli 2021 - (08:17 WIB)
        Permalink

        Lapo wong utang 15 juta kita disuruh byr 25juta..nyicil dengab nominal 15 juta jgn mau 25juta..klu mrka nggak mau nggak ush dibyr selamanya..saya berani bilang bgini krna saya mengalaminya…enak aja wong kita utang 15 disurih byr 25 jut

  • 8 Juli 2021 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Itu penagihan resmi dari pihak bank langsung? Kok email-nya pake Yahoo? Mencurigakan… 🤔

    Hati2 aja, jangan sampai dikerjain DC yg mengaku sebagai pihak resmi bank. 😈

    • 8 Juli 2021 - (20:31 WIB)
      Permalink

      Awal email saya balas dia bilang, dia baik tidak seperti tim kolektor . Saya juga baru pertama kali dapat email penagihan seperti itu biasanya email resmi dari tunaiku seperti reminder pembayaran dan tagihan saja.

  • 9 Juli 2021 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Itu yg saya alami, tapi alhamdulillah saya diberi keringanan oleh platform pinjol yg terdaftar di OJK ini karena saya di phk dan beralih ke ojek online. Awalnya saya pinjam 1jta, tpi membengkak mnjadi 1.4jta karena menunggak -+ 6 bulan dan disuruh nyicil minim 200rbu.akhirnya saya melakukan angsuran dgn cara cicil sampai sekarang.

  • 10 Juli 2021 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama mba , tapi belum dapat solusi hehe. Saya cuma bilang kalau sudah ada pasti saya bayar semampu nya .
    Toh kalau di paksain yg ada susah sendiri , yg penting kita masih ada itikad baik buat bayar 🙏

  • 14 Juli 2021 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Gak perlu dibayar sekalian mbak, saya aja udah coba nyicil . Tiap bulan juga. Janji manisnya amarbank, denda dan bunga di stop. Ehh pas telat bayar cicilan, ternyata berbunga dan berdenda lagi …… Gila emang lintah darat

  • 10 Agustus 2021 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Bagaimana kelanjutannya mbak? Saya baru telat 3 hari sudah di telp dan WA setiap hari . Padahal saya sudah bilang saya kena ppkm dan dirumahkan, syaa juga covid kmrin di awal sampai pertengahan juli. Saya blg akhir bulan agustus akan dibayarkan.
    Tapi dc yg wa saya tidak mau tau

  • 10 Agustus 2021 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Saya jg sudah mncoba mncicil 200ribu, tp tidak mengurangi tagihan di app. Haduh…

  • 3 September 2021 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya kasus sama, saya sdh email, sudah telp untuk keringanan mencicil, yg ada di kasih restruktur dimana hutangnya malah membengkak, malah jadi sulit bayar.
    Logikanya kita minta keringanan cicilan untuk perbulan supaya hutang lunas, malah di beri restruktur yang menambah hutang dan cicilannya lebih besar dari cicilan sebelumnya….ya mana mampu bayar …..kalau di kasih keringanan waktu itu pasti sudah saya cicil sesuai kemampuan keuangan. malah di restruktur lagi ke 2 kali tanpa persetujuan saya, katanya otomatis….bener-bener tidak ada kebijaksanaan sama sekali dari pihak Management Tunaiku. Makanya saya juga ragu mau cicil 200 rb atau 500 rb, takutnya tidak mengurangi data di aplikasi

    • 3 September 2021 - (17:33 WIB)
      Permalink

      saya sudah setahun nunggak masih belum bisa bayar sisa pinjaman saya 4jt sudah masuk angsuran ke 8 dari 12x cicilan saya sudah nunggak 1thn sekarang saya harus bayar 11jt barusan di wa sama orang tunaiku namanya chintya saya sampai kaget pinjaman 10jt harus bayar 11jt sedangkan saya sudah bayar 8jt kurang dan tinggal bayar ribanya. saya pusing banget gimana cara bayarnya. saya sudah pernah email untuk pengurangan bunga tapi ga ada respon sama sekali…. saya sedih banget gatau harus gimana lagi ngadepinnya😭 mana sekarang untuk biaya sehari2 saja susah banget 😭😭😭😭😭 saya sudah email ke ojk katanya disuruh lapor ke pihak yg berwajib

      • 10 September 2021 - (17:11 WIB)
        Permalink

        mbak erlisa boleh minta no nya. saya satu server sm mbak. sama sama telat , tp 2 tahun

  • 17 September 2021 - (17:57 WIB)
    Permalink

    saya malah udah disebar data dan parahnya lagi disebar data yang bukan ada di hp saya tapi parahnya di hp si kontak darurat. kan parah.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 67 komentar sampai saat ini..

Setelah Setahun Gagal Bayar di Tunaiku Amarbank

oleh Yulia Genova dibaca dalam: 1 menit
67