Surat Pembaca

Shopee SPinjam Tidak Transparan, Saya Merasa Dijebak

Saya Roni Faldi, nasabah Shopee SPinjam sekaligus Shopee SPayLater (sama-sama dari PT Lentera Dana Nusantara dan sama-sama di platform Shopee) dengan nomor HP 08131001***7. Khusus SPayLater, saya sudah lama menjadi nasabahnya, dari bulan November 2019 dengan limit terakhir Rp7.900.000.

Yang saya pahami, siklus penagihan SPayLater, pinjaman tanggal 25 sampai tanggal 24 bulan berikutnya, akan ditagihkan tanggal 25, dengan periode bayar tanggal 25 sampai tanggal 05. Berkaca dari siklus SPayLater tersebut, pada tanggal 25 Mei 2021 saya melakukan pencairan Shopee SPinjam senilai Rp5.250.000 (dana diterima Rp5.197.500 ), dengan 2x angsuran @ Rp2.832.280.

Bukti pencairan yang saya terima dari SPinjam

Menurut hemat saya, saya harus membayar tagihan pertama pada tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021, dan yang kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021.

Namun dua hari setelah pencairan, tagihan pertama saya muncul dan saya ditelepon sama pihak Shopee SPinjam untuk membayar saat itu juga, sampai paling telat 5 Juni (2-10 hari setelah pencairan). Jelas saya tidak menerima, dan saya sampaikan keluhan saya tersebut pada pihak penagih dari Shopee SPinjam. Saya minta agar pihak yang berwenang di SPinjam menelepon saya. Perlu diketahui:

  • Saat saya meminjam, di aplikasi tidak tertera kapan saya harus membayar.
  • Di syarat dan ketentuan Shopee SPinjam, saya tidak mendapati ketentuan harus membayarnya kapan (periode bayar).
  • Pada hari yang sama (25 Mei 2021), saya juga melakukan transaksi Shopee SPayLater yang jatuh temponya tanggal 25 Juni – 05 Juli 2021.
  • Di perjanjian kredit pun tidak dijelaskan secara gamblang tentang siklus tagihan/periode bayar (mungkin ada terselip, tapi saya tidak tahu, soalnya panjang).

Hal yang terjadi setelah komplain saya tersebut:

  1. Permintaan saya untuk dihubungi via telpon oleh pihak yang bertanggung jawab di Shopee SPinjam tidak dikabulkan sampai sekarang (hanya ditelepon penagih).
  2. Beberapa kali saya berbalas email yang berbelit-belit, yang salah satu isinya file mengenai ketentuan bayar, yang mana hal tersebut belum saya ketahui sebelumnya (SPinjam tidak transparan).
  3. Saya telah membayar angsuran pertama saya Rp2.832.280 tanggal 5 Juli (sesuai kewajaran dan tepat waktu menurut versi saya).
  4. Tanggal 8 Juli 2021 saya dihubungi untuk pertama kalinya oleh pihak ketiga (mungkin DC).
Status SPinjam saya pada saat ini
Bukti pembayaran tagihan pertama saya

Hal yang saya inginkan:

  • Agar pihak Shopee SPinjam transparan terhadap konsumen.
  • Agar pihak Shopee SPinjam dapat menelepon saya dan mendengarkan keluhan saya secara langsung.
  • Saya masih bersikeras membayar sesuai tanggal tagihan yang masuk akal (membayar angsuran kedua tanggal 25 Juli – 05 Agustus 2021) dan menghilangkan denda akibat ketidaktransparanan Shopee SPinjam, karena saya memang tidak merasa telat bayar.
  • Saya minta perlindungan saya sebagai nasabah.

Saya mohon pihak Shopee SPinjam memahami dan memberi solusi keluhan ini. Saya juga meminta saran dari pembaca Media Konsumen.

Roni Faldi
Kab. Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Saya juga gitu balasan dari pihak shopeenya berbelit belit jadi masalahnya tidak kelar kelar sampai sekarang

        • Waduh... Jadi gimana kelanjutan kasusnya pak ? Apa bapak diamin aja lagi ?

          • Belum tuntas tuntas tagihan spaylater dan spinjam semakin membengkak , saya diamin saja entar kalau ada yang nagih saya bawa saja ke kantor polisi

          • Kalau saya baca artikel mas ini, pertama kali pinjam tgl 25 mei yaa. Jelas sekali jatuh temponya akan tgl 5 juni, karena tgl 25 mei pembayaran masih ikut periode bulan juni. Beda lagi kalau pinjam di tanggal 26 mei, akan ikut pada periode bulan agustus yang jatuh temponya tgl 5 agustus. Saran buat temen2 semua sebelum melakukan pinjaman harus diketahui informasi dengan jelas agar tidak menimbulkan kesalahpahaman seperti mas ini. Dan menurut saya spinjam sangat transparan meskipun saya belum pernah meminjam, dan alhamdulillah cukup paham bagaimana mekanisme kerja spinjam.

        • duh besar juga ya bunganya. mknya kl skdr 2-10jt sy nyediain pinjaman tanpa bunga ke sodara deket. kasian udah susah mesti bayar bunga gede ke rentenir online gini.
          etapi dibantu memudahkanpun ada aja yg curang kl soal waktu ngebayar, jd curhat nie hahaha

          semoga cepet selesai deh gan, saran sy jngn main riba.

          • Ya wajar pinjam tgl 25 juni tgl 5 juli japo pak.. kecuali tgl 26 bapak pinjam nya di tagihnya tgl 5agustus.. kebijakan pun sama kok kaya di spay latter kalo konfirmasi terima barang tgl 25 pasti tgl 5 ikut masuk tagihan, kecuali konfirmasi penerimaan barang tgl 26 tuh baru masuk tagihan bulan depannya lagi..
            Saran sih jgn sampai telat bayar karna mempengaruhi BI checking, kredibilitas lancar pinjaman bank juga mudah soal nya..

      • Hemat saya..punya uang belanja boleh sesuai kebutuhan..g punya uang mendingan sabar dulu aja deh..saya pengguna shoppe juga Spaylater setelah saya pergunakan dan pelajari ternyata eh ternyata..(3 huruf bahasa jawa...) mendingan punya uang top up shoppe pay aja deh jadi ribet..

      • Yang saya tahu klo SPinjam memang jatuh tempo tgl 5. Tapi klo SPayLater bisa pilih jatuh tempo tgl 25 atau tgl 5.

      • Klo pinjam nya tgl 25 Mei berarti jatuh temponya tgl 5 Juni. Itu sudah benar itungan anda yg keliru. Untuk spinjam tgl jatuh temponya biasanya tgl 5.jika pencairan dana 10 hr sebelum jatuh tempo maka jatuh tempo akan ikut bulan berikutnya. Klo kk mengajukan tgl 28 Mei makan jatuh temponya baru tgl 5juli.kk salah peritungan

    • Saya juga pengguna spinjam terkadang sayapun bingung.tapi belakangan saya baru tau klo spinjam itu belum berijin ojk dan belum terdaftar klo gk salah sih.jadi cuma spaylatter aja yg sudah berijin dan terdaftar.

    • Sekedar saran aja. Ada baiknya sebelum minjam cari tau dahulu semuanya. Sebenarnya bisa di cari tau koq sistemnya gimana.
      Jadi spinjam itu, misalkan pencairannya sekitar 1-10hari sebelum tanggal penagihan, maka, masuk penagihan bulan berikutnya. Tapi klo hari pencairan lebih dari 10 hari sebelum tanggal penagihan, maka tagihan akan masuk ke penagihan yg berjalan/tercepat.
      Contoh:
      Penagihan tanggal 5 setiap bulan. Pencairan tanggal 27 juli, maka tagihan akan masuk bulan berikutnya. Tapi klo pencairan dana tanggal 23, yg mana jaraknya ke tanggal 5 bulan depannya lebih dari 10 hari, maka dipastikan penagihan untuk yg cair tanggal 23 bln ini, yaitu tanggal 5 bulan depannya. Misal 23 juni cair, akan masuk penagihan tanggal 5 juli.
      Semua ada loh di shopee keterangan yg ini. Ada contoh2 nya.

    • Ya begitulah mau Spinjam mau Spaylater. Menang sendiri maunya. Anteupkeun weh Lur. Itu si Boss nya Shopee juga anteng2 aja.
      Nanya2 ke CS cuma itu2 aja jawabannya. Ga akan kasih solusi. Mereka juga cuma pegawai biasa. Malah bikin jengkel sendiri ke kita nya.
      Promosi besar2 an, tapi hal2 yang begini tim nya malah kurang sigap.

    • Shopee paylater itu siklusnya serupa tapi ga sama ama shopee pinjam., Mksudny gmn?., Klw paylater itu, agan beli barang tgl 25 mei., Nah misal agan trima tgl 27 mei., Artinya jatuh tempo masuk di tgl 5 juli., Karna prhitunganny dimulai dari tgl 25 sampai tgl 5., Dan itupun baru mulai di hitung dari pas wktu barang ditrima., Beda sama shopee pinjam., shopee pinjam itu instan,. Agan cairin tgl 25 mei ya tgl 25 mei juga agan trima uangny., Konsekuensinya., Tagihan anda langsung naik cetak di hari itu juga , dan imbasny ya dari waktu pencairan ke jatuh tempo, cuma selang waktu 10 hari (tgl 25 mei pencairan, lalu jatuh tempo di tgl 5 juni), klw mau jeda waktu nya lebih pnjang, ya anda mstiny cairkan pinjaman di antara tgl 26 mei sampai tgl 5 juni., Dipastikan naik cetaknya jatuh di tgl 25 juni dgn jatuh tempo di tgl 5 juli., saran ane Tlg pahami dlu aturan maenny., Barulah eksekusi.,

    • Alhamdulillah pake s pinjam ga prnh bermsalah malah limit naik trus, trkdang bagi ibu rumah tangga spay later dan s pinjam SngaT d butuh kan, tiba2 mendadak rusak magic com atau perlatan lain bisa nyicil tanpa ribet dgn prsyratan lain2, bisa minjam tanpa d nyinyiran org lain ??

  • Agan salah sudah benar itu di tagih tgl 5 juni , ada keterangannya koq di Spaylater....kemungkinan jatuh tempo yang Agan pilih adalah tgl setiap tgl 5 , kemungkinan agan berpikir untuk pinjam tgl 25 mei berpikir 1 bulan lagi baru bayar..tapi sepertinya salah perhitungan... karena trx tgl 25 termasuk periode jatuh tempo tgl 5 .... karena di tagihkan tgl 25 ..ada koq di catatan SPlater ...

    • mungkin kalau agan mencairkan tgl 26 sudah masuk periode berikutnya dimana tagihan akan muncul tgl 1 dan tagihan tersebut akan jatuh tempo tgl 11 ..untuk masalah periode ini saya kurang paham yang memilih siapa karena belum aktifkan paylater

      • Kalu saya mengetahui siklusnya yang mengharuskan bayar tgl 5 juni pasti saya tidak ambil. Tgl 26 pun ngambilnya tetap harus bayar tgl 5 juni.. penagih pihak shoope hanya saranin ngambil tgl 5 ke atas

        • Klw ngambilnya tgl 26, dipastikan jatuh temponya tgl 5 loncat bulan gan., Contoh., Klw agan nyairin tgl 26 mei, tagihannya pasti di tgl 5 juli , krna naik cetak tagihannya jatuh di tgl 25 juni., Tapi lain halnya klw agan nyairin di tgl 25 mei, konsekuensinya., Naik cetak lngsung di hari itu juga., Artiny, tagihan akan jatuh tempo di tgl 5 juni., (Jeda 10 hari dari pncairan ke tgl jatuh tempo)., Rugi.,

        • Betul, karena saya pernah mencoba ambil tgl 28 juli pun tetap ditagih tgl 5 agustus.untung waktu itu cuman 500rb sekedar nyoba2 hahah.ga kebayang aj kalau saya ambil semua limitnya..bisa pingsan bayar cicilan secepat itu. Jadi lebih baik setelah tanggal 5. SPINJAM DAN SPAYLTER memang beda cara itungan tgl penagihannya.

    • Tidak ada keterangan saat saya melakukan pengambilan tgl 25 mei tersebut... Keterangan baru muncul 2 hari setelahnya, tapi transaksi di Spaylater tgl 25 mei baru muncul 25 juni..

      • Ngakak. Wkwkwkw. Makanya pak teliti dong. Kalo gini kan ente jadi di bully. Baca lagi pak jangan malas. Okay brother. Semoga jadi pelajaran. t&c itu pentng kawan, jgn malas untuk di baca ya.

        • Ya betul sekali mas. T&C itu suka ga dibaca ama konsumen indonesia. Pas bermasalah, jadi lemah posisinya.

          Yok baca Syarat dan Ketentuan sebelum mengambil tindakan apapun. Kalau belum jelas, jangan ambil tindakan, cari tau sampai jelas!

    • Saya sering dapat tawaran seperti shopee pinjam.
      Tp gak pernah saya ambil...
      Selain tkut utang saya juga takut kejadian yg sama.

      Entah kenapa skrg shopee barang sampai dana nya tidak langsung masuk ke dompet shopee saya, masih nunggu beberapa hari. Padahal semua sudah jelas ongkir, admin, biaya penanganan dll

  • Mustinya nunggu tgl 26. Sama kaya cc aja, kalo transaksi di tanggal cetak tagihan, kadang masuk ke tagihan yg kecetak malemnya, kadang masuk ke tagihan yg kecetak bln depan.

    • Tidak sama dengan CC siklusnya dan sangat tidak transparan... Menghubungi via telpon pun gak bisa, diminta ditelponpun tidak dikabulkan

  • Saya juga baru tahu kalau periode/tgl jatuh temponya sama dengan Shopeepaylater. Saran saya buat teman teman pembaca, jangan aktifkan SPINJAM.

    • Shopee? Aku Install untuk liat liat harga doang. Belanja aja nggak, apalagi aktifkan ini itu.
      Cukupkanlah belanja sesuai kantong saja, ada lebih boleh belanja yang mewahan atau mahalan, nggak cukup uang jangan tergiur dan terkena fasilitas ngutang untuk di bayar kemudian. Belum lagi kalau ketiban sial seperti yang banyak teman lain sudah share MK ini soal penipuan.

    • Saya juga ingin konfirmasi saja dari rekan2 yang mungkin mengalamk hal yang sama, dan mohon koreksi jika saya salah.

      Saya juga baru tau, kalau JT spinjam per tanggal 5. Kemungkinan terlewat baca TC. Tp pun setelah tau JT spinjam per tanggal 5 menurut saya itu kebijakan yang tidak memguntungkan konsumen, cenderung membuat konsumen bingung bahkan merasa dijebak.
      Jadi jebakan memang untuk konsumen yang kurang teliti dalam hal membaca TC.
      Apalagi TC shopee begitu pa jang cenderung orang hanya baca sekilas dan mungkin akan skip beberapa bagian.

      Itu saya alami juga pak baru saja bulan ini kejadian. Dan keterlambatan menurut penelepon pihak shopee yang pertama adalah dihitung harian dendanya. Tp ketika keterlambatan 1 hari dihitung full 1bulan dari total tagihan.

      Saya memanfaatkan spinjam 3x
      Masing2 ditanggal 5, 14, dan 16

      Saya bayarkan terlebih dahulu tagihan yang tanggal 5.
      Dengan asumsi saya akan bayar tagihan yang lain sesuai tanggal yaitu tgl 14 dan 16. Namun ternyata semua tagihan dr tanggal 5 sampai 16 dianggap terlambat.

      Dan beberapa hari setalah bayar saya buka spinjam muncul tagihan denda yang perhitungannya saya tdk tau bagaimana. Kalau dihitung harian dr tanggal 5 ke tanggal 9 itu adalah 4haru keterlambatan. Tapi yamg tertera adalah full tagihan denda 1bulan . Tidak ketemu angka didenda harian.

      Akhirnya saya bayarkan semua pinjaman di tanggal 18, tanpa bayar denda nya krn saya tdk nemu hitungan angka nya.

      Saya menyakan cara perhitunganya ke pihak penagih, dan dijawab keterlambatan akan dikenaka denda full 1 bulan walau keterlambatan 1hari, bahkan 1jam dan 1 detik ?

      Kita didenda full 1bulan dengan pinjaman yang berlangsung hanya setengah bulan. Pinjaman setengah bulan terlambat 1 detik akan didenda full 1 bulan.

      Terlebih team penagihan yang luar biasa tidak beretika. Dalam sehari telp bisa sampai 6 7x walau kita sudah jelaskan kebingunga kita dan kita sudah bayar pinjaman plus bunga. Penagihan hanya untuk penagihan denda sebesar 188rb.

      Saran untuk shopee namanya sudah bagus dan besar untuk bidang marketplace, sayang kalau ada penilaian buruk dari divisi shoppee yang lain. Mungkin kebijakan bisa direview kembali.

      Untuk pengguna, kalau merasa jenuh baca TC yang panjang, munkin jika tidak perlu sekali atau memang mengharuska memakai spinjam baca dulu caritau di google atau review2 tentang pinjaman2 online dan caranya dan ketentuannya.
      Tapi kalau tidak membutuhka spinjam mending di nonaktifkan, krn ada kebijakan yang menurut saya tdk menguntungkan konsumen terutama di tanggal jatuh tempo.

  • S&k spinjam dan spaylater berbeda.
    Sebelum centang dan memilih setuju, ada baiknya screenshoot poin-poin penting.
    Jika tidak jelas dan ragu, bertanya dulu, jangan pake asumsi.
    Jika sudah terjadi, ya tinggal ikuti instruksi dan petunjuk selanjutnya saja.

    • Terimakasih, Disyarat dan ketentuan Spinjam di aplikasi shoope tidak dimuat hal tersebut pak, bapak boleh cek sendiri.
      Kalu di aplikasi yg saya gunakan lainya jelas dijelasin kapan harus bayarnya.. jadi sama enak dan bahan pertimbangan yang baik bagi konsumen sebelom mencairkaan

    • Di SPinjam ada kok keterangan cicilan brp kali dan tgl jatuh tempo kapan saja. Cukup transparan. Saya sudah beberapa kali pakai Spinjam dan tidak ada masalah.

    • Mohon Maaf mas, sebaiknya sebelum meminjam di spinjam dan shopee pay later, mamasnya baca dulu kontraknya.
      Kontraknya memang begitu limit pembayaran terakhir spinjam setiap tanggal 5, spaylater tgl 11.
      Masnya ga baca kontrak
      Jadi masnya harus cerdas juga, pinjam pas bayar pembayaran tanggal 5
      Biasakan baca kontrak sebelum anda meminjam ?

  • Lebih parah saya pak....saya telat bayar Spinjam yg angsuran pertama malah muncul tagihannya double sama yg angsuran kedua beserta dendanya pula...hahahaha....setelah dilunasi semua,,,eh malah limit SpayLater & Spinjamnya dinolkan semua...mantep emang shopee

  • jadi kasus ini karena peminjam tidak membaca ketentuan Spinjam dengan seksama ... ada semua koq di Website nya bisa di baca dengan Jelas , setelah saya baca2 Spinjam di pukul rata jatuh tempo tgl 5 menurut keterangannya sampe di gambar2 kan...
    "SPinjam memiliki tanggal jatuh tempo yang tetap pada setiap bulannya. Tanggal jatuh tempo adalah tanggal 5 setiap bulannya atau akan ditentukan saat aktivasi akun."

    • tapi turut berduka , mayan banyak tuh dendanya... semoga segera di gantikan dengan keuntungan2 yang lain Gan

      • Terimakasih banyak pak...
        Tapi saya gak nerima, saya hanya mau bayar angsuran saya tepat waktu.

        • Untuk Shope pinjam mmg tanggal 5 jatuh temponya. Tapi saya lupa diawal diberitahu atau tidak tanggal jatuh temponya.

          • Jatuh tempo memang tanggal 5 pak aries... Cuman periode penghitunganya tidak jelas dan tidak dijelasin pada konsumen...

  • Di ane sih jatuh tempo tanggal 5 udah jaln 5bln, duitnya dipake modal usaha. Ane selalu bayar di tanggal 3, Karena tidak mau bermasalah dengan hutang. Yang ujungnya ribut di dunia dan kebawa ke akhirat yah jadi mending pas ada uang ya bayar saja. Soal RIBA urusan masing2, karena kebutuhan org ber beda2.

    • Iya jatuh tempo nya tgl 5 tiap bulanya.
      Tapi kasus sqya harusnya saya jatuh tempo tgl 5juli & 5 agustus...

  • Saya mengambil pinjaman tgl 23 juni jatuh tempo pembayaran pertama tgl 5 juli, saya ambil lg pinjaman tgl 29 juni jatuh tempo 5 agustus. Jadi kalau di liat dari kasus bapak kemungkinan kalau pinjaman tgl 25 juni jatuh tempo pembayaran pertama tgl 5 juli, kalau tgl 26 juni baru masuk ke pembayaran pertama tgl 5 Agustus. Saran saya untuk menjaga nama baik sebaiknya ya di bayar sesuai tgl jatuh tempo tagihan. Karena memang tidak ada keterangan waktu pembayaran pinjaman ketika kita mengajukan Spinjam, baru ada begitu pinjaman disetujui.

    • Nah ini sesuai sama yang sy liat di youtube. Kalau minjem maks 10 hari sblum tgl 5, jatuh temponya bakalan di bulan brikutnya. Krna bpk minjemya tgl 29 juni brarti itu diatas tgl 27 juni makanya bisa dpt jatug tempo 5 agus. Klu minjemnya dibawah tgl 27 juni, temponya bakalan kena tgl 5 juni (krna gak termasuk dlm wktu 10 hari itu)