Surat Pembaca

Uang Tabungan di Rekening BRI Hilang, Belum Ada Kejelasan dan Penyelesaian Sampai Sekarang

Saya nasabah BRI Semarang dengan nomor rekening 303601002******. Pada tanggal 05 Juni 2021, saldo tabungan saya raib dari rekening sejumlah Rp5.450.000. Saya mengetahuinya ketika cetak rekening koran.

Menurut teller, saya telah melakukan transaksi via ATM sejumlah tsb di atas. Padahal saya tidak melakukan transaksi apapun sejumlah tsb di atas via ATM. Kemudian oleh teller saya disarankan lapor ke call center BRI 14017.

Saya telah lapor dan dijanjikan penyelesaian dalam 20 hari kerja. Namun sampai saya menuliskan kejadian ini di Media Konsumen, saya belum mendapatkan penyelesaian apa-apa. Saya telah bolak-balik telepon call center dan datang ke kantor BRI unit terdekat, hanya mendapat jawaban: “Ditunggu ya bu..”, “Sepertinya ini top up Shopee, OVO atau lainnya”, “Kalau Ibu ngeklik link aja berarti ibu sudah menyetujui dan tidak ada penggantian dari BRI“, dan jawaban lainnya dari call center dan teller BRI.

Pertanyaan saya, jika transaksi via ATM bagaimana mungkin? Padahal kartu ATM ada di dompet saya. Jika top up transaksi online pasti ada nama penggunanya juga kan? Jika klik link yang saya tidak paham, apa itu kemudian saya dianggap setuju? Bagaimana mungkin saya menyetujui uang saya dikeruk orang lain yang saya tidak tahu gimana caranya dia mengeruk? Apakah ada kemungkinan orang dalam BRI yang melakukan karena bisa membaca data ATM saya sebagai nasabah BRI?

Mungkin buat BRI dan seluruh jajarannya, uang sejumlah tsb di atas hanya jumlah yang kecil, tapi buat saya, nasabah sederhana, uang tsb nilainya sangat besar. Saya berharap penyelesaian segera dari BRI, supaya kasus-kasus seperti saya tidak terjadi kepada nasabah yang lain.

Saya berharap BRI bisa menemukan hacker dan berharap pengembalian uang tabungan saya. Selanjutnya agar BRI dapat lebih meningkatkan keamanan data nasabah supaya tidak gampang diretas hacker. Terima kasih atas kerjasamanya.

Rahel Nita Damaiyanti Nadeak
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kenapa gak minta bantu lacak mbak atm mana nya biar nanti bisa cek cctv nya siapa yang transaksi

    • Assalamualikum mbak tadi pagi tgl 15 juli 2021 saya juga mengalami hal serupa. Saya menarik saldo dana saya ke rekening atm bri debet saya ... sudah nemasukin kode dll.... ehh malah balasanya error...
      Saldo dana berkurang tetapi uang masih pending di histori pengiriman sampai sekarang.. ? saya sudah minta bantuan via whatsapp pihak dana ternyata penuh
      Trus saya coba via email.
      Trus du suruh ngisi formulir bukti transfer dll
      Setelah itu ada email reply dari dana
      jawabanya suruh nunggu 3×24 jam.
      Kira2 masuk gak yaaaa ????
      Mana uang tinggal itu lagiii
      Malah di persulit atau sistem emang lagi error ??
      Biasanya saya lancar2 saja pake dana
      Trus sempat ada notiv sms dari bri
      Ada uang masuk tapi ada kata dalam kurung (reserve) ???
      Artinya kan uang di kembalikan
      Masalahnya kenapa gak kembali ke saldo dana malah nyangkut pending di histori pengiriman dana ???????.
      Aneh ajha sekelas dana masih ada bug yg sangat merugikan gitu...
      Tolong itikat baiknya pihak dana ???
      Saya jadi ragu pakai aplikasi dana

  • Masa sih teller n call center BRI gak tau atau ngasih tau kalo uang tsb dipake buat top up saldo DANA dengan nomor 0859446229191 atas nama SEL* PER*********. ?

    Kalo mbak merasa tidak pernah transaksi top up tsb, harusnya saat itu bisa lapor ke DANA, minimal buat blokir akunnya.

    Btw apakah kartu ATM mbak sudah pake chip?

    • itu Trx nya pakai internet banking mas bro, trx ke dana itu kan ada no hp nya juga coba di cros cek lagi no hp nya siapa?barangkali no hp keluarga atau temen mungkin coba di pastikan dulu

      • Maaf sy jg tdk paham klo itu tnsfer ke Dana, krn sy tdk pke aplikasi pmbyrn online, kmd klo emg dipke olh no.hp kelg at tmn sy, sy tdk akn kebinggungan dan mnt pnjlsn pihak Bank, trm.ksh

  • ngeri juga hati2 sering cek mutasi, dan pastiin yg tau data kita pribadi jgn sampe orang lain takut. jgn klik link2 aneh dll..

  • Selama tidak ada urgent, lebih baik pindahin dana ke bank lain, ga usah nyimpen di bank bumn.
    Saya jarang nemuin bank swasta bermasalah

  • Yth. Nasabah BRI kami informasikan bahwa terkait pengaduan Bp/Ibu, berdasarkan penelitian kami, transaksi tsb normal atau sukses. Terimakasih

    (Dear Media Konsumen, sy br sj menerima sms dr BRI INFO yg isinya tsb diats, sm skali tdk ada pnjelasan dr BRI, klo cm mengabarkn bhw transaksi normal dan sukses, sy jg tahu bhw transaksi tsb sukses mengeruk uang tabungan sy, pertanyaan sy uang sy kmn dan siapa yg mngeruk tdk terjawab olh BRI dan tdk ada pnyelesain dr BRI)

  • Jika klik link yang saya tidak paham, apa itu kemudian saya dianggap setuju?
    -------------
    Berarti ada sesorang yang memandu klik Link kah? Ada memberikan OTP ?