Surat Pembaca

Penipuan Belanja Online Lewat Modus Akun Instagram

Saya mau membeli produk kecantikan Scarlett, saya lihat di instagram ada promo beli 7 item harga 200.000. Terus lanjut pemesanan via WA di minta transfer ke Bank BRI a/n Fitri Handayani sebesar nominal Rp200.011.

Saya transfer via aplikasi GO-JEK/GO-PAY seharga segitu. Besoknya saya tanya apa paketnya sudah dikirim. Lalu saya diminta aktivasi ke nomer WA lain, katanya ini nomor si tukang paket. Lalu saya hubungi, tukang paket minta resi dari penjual produk kecantikan tadi, saya paste ke tukang paket. Terus tukang paket bilang, paket saya harus diasuransikan melalui ATM atau M-banking. Alasannya paket saya ini benda cair nanti pecah dll.

Lalu saya ditelepon via WA oleh tukang paket, dipandu agar registrasi asuransi untuk paket saya melalui M-banking. Saya buka M-banking Bank Mandiri saya lalu diarahkan ke aplikasi Linkaja, yang berwarna merah. Sebelumnya ditanya saldo saya berapa, agar tidak ada salah paham jika saldo terpotong bisa dikomplain. Saya jawab saldo saya 1 juta.

Lalu saya diminta isi nomer telepon dari si tukang paket, terus nominal yang katanya itu kode akses paket yaitu Rp997.544. Saya bilang itu nominal. Tukang paket jawab tidak, jika saldo ATM terpotong maka akan diproses pengembaliannya. Saya tanya lagi ini bukan penipuan kan, tukang paket bilang bukan, ini perusahaan resmi. Sampai bersumpah bawa-bawa nama Tuhan si tukang paketnya. Jadi saya kirim. Ternyata saldo saya terpotong.

Saya hubungi lagi nomer tukang paket tidak aktif lagi. Sedangkan nomor tukang produk kecantikan tadi masih aktif tapi telpon dan WA saya tidak dijawab. Sampai saat ini saldo saya belum kembali.

Mohon bantuannya. Saya mau uang saya kembali. Tolong dibantu.

Sinta Kusmiati
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Modus penipuan seperti ini sudah banyak terjadi. Oleh karena itu harus lebih waspada aja, terutama belanja di medsos seperti Instagram, Facebook, dll. Sekarang kan sudah ada banyak marketplace yang lebih aman. Ya anggap saja 1jt lebih tersebut sebagai biaya sekolah agar nanti bisa lebih hati-hati ketika belanja online.

  • Saya hanya ingin bertanya, sejak kapan IG itu diakui sebagai Marketplace? Sejak kapan IG user diakui sebagai Seller resmi? Platform IG hanya mempertemukan anda di rana Sosial Media, seperti anda ketemu orang tak dikenal di jalanan lalu dia bilang menjual sesuatu, anda tertarik dan anda transaksi.
    Saya ingat kata kata bijak di suatu iklan: Kesan Pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda.
    Semoga mendapatkan solusi terbaik.

  • Apapun itu Terima Kasih atas pelajaran berharganya ?
    Semoga Pembaca yg blm terliterasi akhirnya tercerahkan ?

  • Disini saya cuma mau bilang, tolong mbak jadikan ini pelajaran kedepannya. Jangan lagi percaya dengan cara transaksi seperti itu lagi, dan coba mbaknya baca lagi tentang bagaimana bertransaksi yg aman di online shop.

  • Terima kasih untuk sharingannya. Semoga pembaca dapat mengambil pelajaran yang berharga. Buat KOMINFO urusin bokep saja sana.

  • Inilah pentingnya upgrade pengetahuan,jngan hnya hp aja yg smart tp yg diupgrade ig,fb,tiktok doang ??,smoga diganti dg rejeki yg lebih dr yg hilang bu ??

    • Nanya kepenipu, apakah ini penipuan? Nggak mbak...mgkn penipunya cekikikan sambil jawabnya...

    • Mau tanya Bu, apakah ibu jga diancam? Misal kalau tidak di selesaikan pembayarannya akan di bawa ke hukum

  • okelah, saya paham kamu nulis surat ini kenapa,
    kamu ditipu, okelah jadi pelajaran bagi kamu dan bagi orang lain

    oke

    tapi terus kamu tulis surat ini buat siapaaa, ditulis dong, IG nya @####### apa, kurirnya apa(dicantumkan tapi tidak ditulis, ya mgkn oknum ya pasti), tapi ya tetap ditulis dongggg, terus ini surat tujuannya untuk siapa g ada, terus kamu minta uang kamu balik sama siapa?

    tolong lapor polisi, ini jelas penipuan, dah, gitu aja, semoga cepat selesai

  • Transaksi via marketplace aja masih banyak yg ketipu. ini order dr Instagram & WA dgn harga yg gak wajar.
    Komplain ke siapa kalau begini..
    Lapor ke Bank jg susah uang balik, paling pemblokiran norek jg lama