Surat Pembaca

Maybank Tidak Menepati Janji yang Telah Diberikan

Saya pemegang kartu kredit Maybank White dengan nomor: 5155959956****06. Tagihan 08 Juni 2021 muncul annual fee (istilah di Maybank disebut “CARD USAGE FEE“) sebesar Rp15.000. Annual fee kartu jenis ini memang bersifat bulanan.

Singkat cerita kartu ini memang tidak terlalu banyak benefit di saat pandemi ini, jadi saya memutuskan untuk menutupnya. Saya bayar tagihannya dan langsung mengajukan penutupan. Oleh CS dikatakan bahwa akan segera dihubungi oleh bagian penutupan.

Besoknya langsung dihubungi oleh bagian penutupan kartu kredit Maybank (namanya saya lupa), dan disampaikan bahwa sayang jika kartu dtutup, bagaimana jika kartunya tidak usah ditutup dan akan diberikan free annual fee untuk 2 tahun berikutnya. Saya tanya sampai 3 kali, apakah benar bisa free? Saya tidak ingin repot ke depannya, jika sampai nanti muncul lagi tagihannya bulan depan. Karena sistem bulanan, jadinya saya kurang yakin bisa free. Beliau menyatakan dengan yakin dan pasti bahwa tagihan fee-nya tidak akan muncul lagi.

Saya pun setuju dan benar saja untuk annual fee yang sebelumnya tertagih sebesar Rp15.000 beberapa hari kemudian dikembalikan.

Pada awal Juli saya menggunakan kartu tersebut untuk belanja di salah satu e-commerce dengan cicilan 0% selama 3 bulan. Lalu tanggal 08 Juli 2021 saat menerima billing statement, ternyata kembali ditagihkan sebesar Rp15.000. Saya telepon CS, tetapi memang tidak ada yang bisa dilakukan CS-nya, kecuali mengatakan bahwa itu semua adalah tergantung di bagian penutupan mereka. Saya bilang, jika begitu saya ingin menutupnya saja. Akan tetapi diinfokan, karena ada tagihan berjalan maka jika dilunasi harus kena penalti Rp300.000.

Saya kecewa dengan Maybank, dimana ucapan dan janji petugas penutupan mereka tidak bisa dipegang. Hanya janji kosong belaka. Rencananya nanti bulan September, jika tagihan cicilan 0% saya sudah habis, akan ditutup saja dan kali ini akan saya pastikan ditutup dengan benar.

Terima kasih.

Tarson
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Maybank Indonesia atas pengaduan Bapak Tarson

Dengan hormat, Menanggapi pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Tarson melalui Mediakonsumen.com pada tanggal 17 Juli 2021 berjudul ”Maybank Tidak Menepati...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Janji janji seperti ini hendaknya minta pernyataan lewat email. Kalau cuma omongan CS, repot.

    • biasa apa yang disampaikan bagian penutupan sangat bisa dipercaya pak, beberapa kali pengalaman dengan bank lain sangat reliable, baru kali ini mengalami dengan Maybank,

  • Wkwkwkwk, di sini yg salah yg kau, kan itu free kalo gak di pake, kalo di pake ya kena biaya bulanan lh peak wkwkwkw

    • Yang namanya pembebasan annual fee, jika memang benar dihapuskan untuk setahun ke depan ya mau dipakai transaksi atau nggak dipakai ya akan tetap free setahun ke depan.
      Apakah sudah punya kartu kredit? Pernah request waive annual fee?
      Apa ada kartu kredit yang permohonan waivenya disetujui lalu ditagihkan kembali begitu kartunya dipakai?
      Coba belajar berargumen yang bagus, semoga anda sudah vaksin.

  • terimakasih untuk maybank untuk tanggapan dan tindaklanjutnya. annual fee tertagih sudah dihapus dan semoga benar tidak tertagih lagi untuk 2 tahun ke depan sesuai persetujuannya, Terimakasih