Kendala Pemasangan Layanan IndiHome karena Tidak Ada Tiang

Yth. Telkom Indonesia,

Pada tanggal 14 Juli 2021, saya mengajukan pemasangan IndiHome melalui website IndiHome. Pagi harinya saya dihubungi pihak Telkom untuk konfirmasi dan dinyatakan di tempat saya tersedia jaringan internet dan mendapat nomor registrasi: MYID-2052107090417. Kemudian pukul 14.00 saya dihubungi oleh teknisi yang katanya mau survey area rumah saya, tapi saya bilang saya tidak bisa hari itu karena ada kegiatan lain, sehingga ditunda hingga besok harinya.

Pada tanggal 15 Juli 2021 dilakukan survei oleh tim dari IndiHome ke rumah. Hasil dari pengecekan tersebut didapatkan bahwa tidak bisa memasang jaringan, dikarenakan tidak adanya tiang untuk pemasangan kabel jaringan IndiHome dan harus dipasang ke tempat saya. Padahal tetangga depan rumah saya sudah terpasang IndiHome dengan kabel fiber optic dipasang di tiang listrik.

Tanggal 18 juli 2021 saya kembali menghubungi teknisi, saya mengatakan kepada teknisi kalau dipasang saja di tiang listrik seperti tetangga saya tersebut. Teknisi bilang, tolong buatkan berita acara kalau warga atau tetangga saya mengizinkan untuk mengaitkan kabel IndiHome ke tiang listrik miliknya bukan milik PLN. Kemudian saya mengirim berita acara tersebut lewat WA. Teknisi bilang akan diajukan ke kantor dan janji tanggal 21 Juli 2021 akan ke rumah, tapi ternyata tidak juga ke rumah.

Tanggal 23 Juli 2021 saya menghubungi teknisi dan menanyakan mengenai tiang tersebut. Pihak teknisi menolak dengan alasan tidak bisa mengaitkan kabel begitu saja ke tiang listrik, sehingga harus mengajukan ke Telkom untuk penanaman tiang IndiHome. Ketika ditanya kira-kira kapan proses pengajuan tiangnya selesai, katanya tidak bisa mengestimasikan berapa lama selesai. Saya juga menghubungi IndiHome lewat twitter dan facebook dan mereka mengatakan masih dalam proses.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa tetangga saya tersebut bisa dipasang di tiang listrik untuk fiber optic-nya sedangkan saya tidak bisa? Padahal saya sudah mendapatkan izin dari tetangga saya untuk mengaitkan kabel ke tiang listrik miliknya, bukan milik PLN. Bahkan sudah membuat surat pernyataan dan sudah ditandatangani diatas materai. Kalau memang tidak bisa, kenapa teknisinya meminta saya membuat berita acara.

Di masa pandemi ini saya sangat membutuhkan jaringan wifi untuk WFH dan Belajar Online. Tolong pihak Telkom Indonesia Regional Sumatera untuk menindaklanjuti surat ini.

Terima kasih.

Desi Kartika Sari
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Pasang Baru IndiHome:
[Total:2    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Kendala Pemasangan Layanan IndiHome karena Tidak Ada Tiang

  • 24 Juli 2021 - (13:41 WIB)
    Permalink

    ini saran saya bukan suatu pembenaran dan praktek yg salah ya ….

    coba janjikan uang tips ke teknisi tersebut …

    • 24 Juli 2021 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Update : Tanggal 24 Juli 2021 pukul 13.58 saya dihubungi melalui call center 147, dan saya sudah menyampaikan bahwa saya memutuskan untuk cancel atau membatalkan pasang baru layanan indihome dan close masalah ini, Terima kasih sudah menanggapi 🙏

      • 26 Juli 2021 - (06:37 WIB)
        Permalink

        Sebenernya, deket rumah saya itu ada 3 tiang yg ada ODP nya, dan pas diperiksa masih ada slotnya, tapi teknisinya bilang gak ada tiang buat menghubungkan kabel dr titik ODP ke rumah saya, padahal ada tiang milik tetangga saya yang kebetulan juga pake indihome, kami gak ada uang sebanyak itu sampai mau beli Tiang Pribadi, makanya saya saranin ke teknisinya kabelnya dikaitkan ke tiang listrik tetangga saya saja, tiang tetangga saya juga Tiang Pribadi bukan milik provider lain juga, bahkan sudah kami bantu minta izin ke tetangga saya, sampai dibuatkan berita acara, dan ditandatangani diatas materai, eh pas udah dibuat teknisinya tiba” bilang gak bisa, teknisinya plin plan sekali, kalo tidak bisa harusnya bilang dari awal, keliatan sekali kalau saya itu disepelekan dan dipermainkan oleh teknisi, syp yg gak kesel di ghosting seminggu lebih nunggu kabar, sampe aktivitas rumah terhambat gara” menunggu teknisi nya dateng, kalau mau tanam tiang baru kan prosesnya lama sampe berbulan”, sedangkan saya butuhnya cepet, saya kira kalo daftar lewat website indihome cepet karna langsung ke pusat, ternyata makin lambat, datanya tidak diverifikasi oleh regional sini, sampe salesnya minta didata ulang, jadi data yg saya input kemaren apa gunanya? makanya saya cancel aja pemasangannya 🙂

  • 24 Juli 2021 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Ya kalo gak ada tiang resmi, pasang tiang pribadi aja, saya pernah dl pasang Speedy bangun 10 tiang biar dpt layanan Speedy. Kalo skrg sih gak perlu depan rumah sudah banyak tiang provider jd tinggal pilih2 heheh

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang Baru IndiHome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Kendala Pemasangan Layanan IndiHome karena Tidak Ada Tiang

oleh Desi dibaca dalam: 1 menit
5