Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual jadi Korban

Saya adalah penjual di Shopee yang baru saja mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan sehubungan dengan kehilangan barang yang saya kirimkan.

Saya mengirimkan paket vitamin seharga Rp560.000 dari Yogyakarta ke Jakarta pada tanggal 12 Juli 2021. No order paket tersebut adalah 210712P90A5N2M (No resi AnterAja 10001694420141). Tanggal 16 Juli pembeli menanyakan paket yang belum sampai dan saya tindaklanjuti dengan menghubungi pihak CS Anteraja yang dijawab akan segera jadi prioritas. Setiap hari sejak itu saya terus menghubungi sampai tanggal 19 dinyatakan akan dilakukan investigasi selama 3×24 jam. Selain menghubungi pihak AnterAja saya juga menghubungi CS Shopee tanggal 21 Juli 2021. Dijawab akan dilakukan investigasi selama 3-5 hari ke depan.

Tiba-tiba tanggal 23 Juli paket saya dinyatakan hilang melalui sistem Shopee dan kompensasi yang memenuhi syarat telah ditambahkan ke saldo penjual. Setelah saya cek ternyata kompensasi hanya sejumlah 190 ribu rupiah. Saya dirugikan sebanyak 370 ribu rupiah. Jumlah uang Rp370.000 di masa pandemi ini sangat berarti bagi saya.

Saya sangat kecewa dengan sikap AnterAja dan Shopee yang seakan-akan lepas tangan terhadap kelalaian kurir atau siapapun yang bertanggung jawab atas paket yang dipercayakan kepadanya. Saya sebagai penjual merasa menjadi korban atas permasalahan ini. Saya bertanya melalui email tidak ada jawaban, melalui telepon hanya investigasi yang dijanjikan.

Melalui surat ini, saya memohon kebijakan AnterAja maupun Shopee untuk bertanggung jawab atas kerugian yang saya alami.

Titiek Limarty
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Titiek Limarty

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Titiek Limarty yang berjudul: “Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mungkin saya juga merasakan kekecewaan ibu sebagai penjual di e-commerce toko ibu,karena saya pun sedang dikecewakan oleh e-commerce yang sama.
    Kecewa waktu terbuang, kepercayaan,malu, chat sana-sini,dll.
    Kita berdoa mudah-mudahan, permasalahan ini ada tanggapan dan penjelasan sesuai harapan ibu.
    Terimakasih.

      • Aamiin... saya hanya pembeli/pengguna e- commerce yang sama.
        Kebetulan saya juga sedang kecewa,karena di batalkan sistem.
        Kirim surat juga di Media Konsumen,tapi belum dapat tanggapan dan penjelasan dari pihak terkait

        • Semoga segera mendapatkan tanggapan ya. Saya barusan dihubungi pihak shopee menanyakan kronologis. Semoga ada jalan keluar

    • Jangan pernah pake jasa kurir anterAja shopee express atau yang ga terpercaya, saya pengalaman pake anterAja barang nyangkut di gudangnya nunggu sampe 15 hari padahal jaraknya juga ga nyampe beda pulau, saran saya untuk yang lain gunakan jasa seperti jnt sicepat atau jne atau pos yang lebih terpercaya harga memang beda lebih mahal 1000 dari anterAja tapi jadi lebih tenang + aman

      • Enak banget ya buka usaha ekspedisi...yg ngilangin lingkungan mereka...tp ga ada tanggung jawab...apa karyawan2 kurirnya dr kluarga ??
        Soal asuransi...bulshit lah...itu expedisi pasti sudah tau resiko2...dan sudah diperhitungkan di biaya...lah yg ngilangin kalangan sendiri...minta2 asuransi....

  • Hapus saja jasa kirim anteraja, id express dan shopee express. Itu jasa kirim abal2 untuk saat ini. Mungkin kedepan kl sudah ada perbaikan bisa dipertimbangkan lagi.

    • Sudah saya hapus karena beberapa kali buat kecewa. Sering tidak dijemput, barang tertukar dan terakhir ini hilang

      • Jadi takut saya buat belanja di Shopee dan pilih kurir anteraja. Yah semoga masalahnya cepet selesai. Karena 350rb juga bukan jumlah yang sedikit. Di saat kepepet bahkan 350rb bisa buat makan hampir sebulan.

    • Saya pernah transaksi di Mall Shopee, Jasa pengiriman yang tersedia hanya SHOPEE EXPRESS. Ternyata yang antar dari Expedisi SICEPAT. Kata Kurir SiCepat dia sempat bingung, ada paket di gudang tapi No Resi gak jelas. Saya yang biasanya menggunakan SiCepat cuma 1 hari sampai, pakai SHOPEE EXPRESS makan waktu 3 hari...!!! Kocak...😂😂😂

  • sesama seller di market place saya cuma punya saran non aktifkan jasa pengiriman itu pakai yg sudah lama dan terpecaya menurut saya ada 3 yg selama saya pakai minim masalah, masalah ada, seperti kiriman nyasar ke kota lain jadi pengiriman agak lama, tapi bukan yg vital seperti barang hilang, yaitu JNE,JNT, si cepat.

    • Bener..sama kaya saya .pake jne,jnt,sicepat .yg lain2 nnti dlu dah..Banyak komplain saya jg..

    • Betul sekali. Semuanya yang disebutkan itu sekarang yang saya aktifkan. Pernah hilang tapi benar-benar dicari dan ketemu.

      • semoga kerugian nya bisa di tindak lanjuti oleh pihak expedisi dan marketplace, karena bukan kesalahan di pihak sellernya,uang segitu lumayan apa lagi di masa seperti ini.

        jika oleh mereka kasusnya ditutup dan membiarkan seller mengalami kerugian karena kasus ini, iklaskan nanti juga di ganti berpuluh kali lipat. Yang penting tetap semangat, jalankan amanah buyer. Salam sesama seller.

    • sesama penjual olshop di shopee, pengalaman saya sih perna paket hilang tdk ditemukan di daerah jateng, informasinya 1truk paket JNT hilang dan alhamdulilah dpt ganti 100%, penjual dan pembeli dpt ganti , saya pilih jasa ekspedisi JNT saja sih soalnya dkr rmh, klo yg lain takut smoga ada dpt ganti, coba up di shopee nanti dpt dibantu sama pihak shopee

      • Terimakasih 🙏 iya J&T memang terpercaya. Saya juga pernah diganti 100 persen. Makanya aneh ini aturan AnterAja

        • Namanya juga anter aja, kalo barang ilang ya udh biarin aja, kalo minta ganti ya ganti separuh aja.

  • Saya seller juga pernah kejadian kirim dr Palembang ke jakarta udah 1 Minggu lbh gak sampe, tanya ke cs resmi anteraja di jawab formal saja. Saya chat wa kurir pickup anteraja, di jawab nya kalo paket saya nyasar ke Surabaya. Kemudian saya chat cs anteraja kenapa sampe ke Surabaya cs diem gak jawab sampe akhirnya sampe ke bekasi dan sampe pembeli. Walaupun ada drama sedikit akhirnya seller sama buyer sama2 ketawa ketika bercerita kalo paket sampe Surabaya. Kasus lainnya adalah kirim dalam kota bisa 4 sampe 5 hari sampe buyer nanya tiap jam. Sejak itu saya non aktifkan kuror tsb. Sebenarnya enak kurir tsb krn deket tempat tinggal dan buka sampe malam jd kirim bisa sampe malam. Saat ini saya pake sicepat, jnt dan JNE. Jnt andalan saya krn buka sampe jam 10 malam, baru ada ppkm sampe jam 7.30. jd kalo ada order malam bs kirim besok sampe krn deket rumah jd enak manggil kurir pickup hehe

  • Shopee dan ekspedisi yang digunakan oleh pihak shopee selama pandemi sudah banyak merugikan seller maupun buyer, baik paket yang hilang, paket rusak, terlambat dikirim, return tanpa sepengetahuan seller maupun buyer. Tapi saat dilaporkan hanya investigasi yang selalu dijanjikan ujung-ujungnya tidak ada yang terselesaikan. Beda dengan TOKOPEDIA yang selalu cekatan saat ada masalah.

  • Wadaawww anteraja lagi Shopee lagi, selalu bikin masalah...☹️☹️☹️

  • Jujur saya juga kecewa dengan pihak shopee karena tdk mau membantu jg klaim barang hilang di JNT smntra klaim ke JNT lama sdh sebulan lebih dana ga cair. Barang yg saya jual senilai 1.960.000 hanya diganti 150rb ongkir dan dari pihak shopee dianggap selesai. Tolong lah aktivasi asuransi spt di TOKOPEDIA. Ini nanya asuransi ketika kirim barang penjual harus konfirmasi sendiri sama pihak ekpedisi, la emang kita tahu bayar asuransi berapa terus harus nanya gitu tiap hari satu satu sekelas SHOPEE yg internasional ga berfikiri cara EFISIEN. Sehingga kita penjual dan pembeli merasa aman. Toh asuransi ga wajib. Yg penting pembelinya paham jika asuransi off dan sebg penjual kita bisa kasih info

    • Waduh nilainya besar sekali. Sudah coba surat pembaca di media konsumen ini? Semoga uangnya bisa kembali

  • Expedisi yg dapat di percaya saat ini
    Cuma Lion Parcel
    Tapi sayang blm bekerja sama dengn shopee
    Baru Bukalapak dan Tokopedia

  • memang untuk expidisi yg tanpa asuransi sangat rawan sih.
    aturan dari mereka klo ada kehilangan hanya diganti 10x dari biaya kirim.
    jadi klo kirim barang diatas 200k lebih baik waspada. Apalagi klo yg dikirim HP.
    malahan saya pikirnya ini kok malah bisa dijadikan celah oleh oknum nakal.

    lebih baik cari expedisi yg ada asuransinya untuk barang yg harganya diatas 200k

    • Setuju sekali. Saya pikir ini jadi celah untuk pihak yang nakal. Barang yang sedang dibutuhkan bisa lenyap tanpa perlu tanggungjawab

  • Aku juga ga mau lagi gunaik kurir antar aja .. Selalu aku cek kalo abis pesen barang .. Karna pergantian kurir hanya dikasi 1 kali 1 jam .. Karna kurirnya banyak complain .. Sedangkan kurir dari expedisi yang lain ga ada yang complain .. Aku sampe 3 kali ganti alamat gara gara antar aja ..