Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual jadi Korban

Saya adalah penjual di Shopee yang baru saja mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan sehubungan dengan kehilangan barang yang saya kirimkan.

Saya mengirimkan paket vitamin seharga Rp560.000 dari Yogyakarta ke Jakarta pada tanggal 12 Juli 2021. No order paket tersebut adalah 210712P90A5N2M (No resi AnterAja 10001694420141). Tanggal 16 Juli pembeli menanyakan paket yang belum sampai dan saya tindaklanjuti dengan menghubungi pihak CS Anteraja yang dijawab akan segera jadi prioritas. Setiap hari sejak itu saya terus menghubungi sampai tanggal 19 dinyatakan akan dilakukan investigasi selama 3×24 jam. Selain menghubungi pihak AnterAja saya juga menghubungi CS Shopee tanggal 21 Juli 2021. Dijawab akan dilakukan investigasi selama 3-5 hari ke depan.

Tiba-tiba tanggal 23 Juli paket saya dinyatakan hilang melalui sistem Shopee dan kompensasi yang memenuhi syarat telah ditambahkan ke saldo penjual. Setelah saya cek ternyata kompensasi hanya sejumlah 190 ribu rupiah. Saya dirugikan sebanyak 370 ribu rupiah. Jumlah uang Rp370.000 di masa pandemi ini sangat berarti bagi saya.

Saya sangat kecewa dengan sikap AnterAja dan Shopee yang seakan-akan lepas tangan terhadap kelalaian kurir atau siapapun yang bertanggung jawab atas paket yang dipercayakan kepadanya. Saya sebagai penjual merasa menjadi korban atas permasalahan ini. Saya bertanya melalui email tidak ada jawaban, melalui telepon hanya investigasi yang dijanjikan.

Melalui surat ini, saya memohon kebijakan AnterAja maupun Shopee untuk bertanggung jawab atas kerugian yang saya alami.

Titiek Limarty
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Titiek Limarty

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Titiek Limarty yang berjudul: “Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual...
Baca Selengkapnya

38 komentar untuk “Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual jadi Korban

  • 25 Juli 2021 - (16:57 WIB)
    Permalink

    Mungkin saya juga merasakan kekecewaan ibu sebagai penjual di e-commerce toko ibu,karena saya pun sedang dikecewakan oleh e-commerce yang sama.
    Kecewa waktu terbuang, kepercayaan,malu, chat sana-sini,dll.
    Kita berdoa mudah-mudahan, permasalahan ini ada tanggapan dan penjelasan sesuai harapan ibu.
    Terimakasih.

    12
      • 25 Juli 2021 - (20:43 WIB)
        Permalink

        Aamiin… saya hanya pembeli/pengguna e- commerce yang sama.
        Kebetulan saya juga sedang kecewa,karena di batalkan sistem.
        Kirim surat juga di Media Konsumen,tapi belum dapat tanggapan dan penjelasan dari pihak terkait

        • 25 Juli 2021 - (21:29 WIB)
          Permalink

          Semoga segera mendapatkan tanggapan ya. Saya barusan dihubungi pihak shopee menanyakan kronologis. Semoga ada jalan keluar

          • 25 Juli 2021 - (22:29 WIB)
            Permalink

            Semoga lancar Bu…dan sukses selalu…Semangatttt..

        • 22 Februari 2022 - (15:01 WIB)
          Permalink

          Sudah dikembalikan dengan utuh kak kekurangannya. Masalah sudah selesai

          • 22 Februari 2022 - (15:20 WIB)
            Permalink

            Syukurlah kak saya juga mengalami kirim hp tidak sampe dan dinyatakan hilang, sekarang masih proses

          • 20 September 2022 - (14:38 WIB)
            Permalink

            kak mau tanya itu dikembalikan utuh ada persayarat nya atw tidak ?

      • 16 April 2022 - (04:39 WIB)
        Permalink

        Saya merasakan hal yg sama. Kompensasi yg saya terima hanya10x ongkir. Itupun tidak ada separuh dr harga barang seharusnya… Apakah akhirnya akan dibayar total? Atau bagaimana mbak?

    • 26 Juli 2021 - (17:05 WIB)
      Permalink

      Jangan pernah pake jasa kurir anterAja shopee express atau yang ga terpercaya, saya pengalaman pake anterAja barang nyangkut di gudangnya nunggu sampe 15 hari padahal jaraknya juga ga nyampe beda pulau, saran saya untuk yang lain gunakan jasa seperti jnt sicepat atau jne atau pos yang lebih terpercaya harga memang beda lebih mahal 1000 dari anterAja tapi jadi lebih tenang + aman

      • 28 Juli 2021 - (10:36 WIB)
        Permalink

        Enak banget ya buka usaha ekspedisi…yg ngilangin lingkungan mereka…tp ga ada tanggung jawab…apa karyawan2 kurirnya dr kluarga ??
        Soal asuransi…bulshit lah…itu expedisi pasti sudah tau resiko2…dan sudah diperhitungkan di biaya…lah yg ngilangin kalangan sendiri…minta2 asuransi….

  • 25 Juli 2021 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Hapus saja jasa kirim anteraja, id express dan shopee express. Itu jasa kirim abal2 untuk saat ini. Mungkin kedepan kl sudah ada perbaikan bisa dipertimbangkan lagi.

    6
    1
    • 25 Juli 2021 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Sudah saya hapus karena beberapa kali buat kecewa. Sering tidak dijemput, barang tertukar dan terakhir ini hilang

      • 27 Juli 2021 - (01:28 WIB)
        Permalink

        Jadi takut saya buat belanja di Shopee dan pilih kurir anteraja. Yah semoga masalahnya cepet selesai. Karena 350rb juga bukan jumlah yang sedikit. Di saat kepepet bahkan 350rb bisa buat makan hampir sebulan.

    • 26 Juli 2021 - (07:37 WIB)
      Permalink

      Saya pernah transaksi di Mall Shopee, Jasa pengiriman yang tersedia hanya SHOPEE EXPRESS. Ternyata yang antar dari Expedisi SICEPAT. Kata Kurir SiCepat dia sempat bingung, ada paket di gudang tapi No Resi gak jelas. Saya yang biasanya menggunakan SiCepat cuma 1 hari sampai, pakai SHOPEE EXPRESS makan waktu 3 hari…!!! Kocak…???

  • 25 Juli 2021 - (19:12 WIB)
    Permalink

    sesama seller di market place saya cuma punya saran non aktifkan jasa pengiriman itu pakai yg sudah lama dan terpecaya menurut saya ada 3 yg selama saya pakai minim masalah, masalah ada, seperti kiriman nyasar ke kota lain jadi pengiriman agak lama, tapi bukan yg vital seperti barang hilang, yaitu JNE,JNT, si cepat.

    • 25 Juli 2021 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Bener..sama kaya saya .pake jne,jnt,sicepat .yg lain2 nnti dlu dah..Banyak komplain saya jg..

    • 25 Juli 2021 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Betul sekali. Semuanya yang disebutkan itu sekarang yang saya aktifkan. Pernah hilang tapi benar-benar dicari dan ketemu.

      • 25 Juli 2021 - (20:41 WIB)
        Permalink

        semoga kerugian nya bisa di tindak lanjuti oleh pihak expedisi dan marketplace, karena bukan kesalahan di pihak sellernya,uang segitu lumayan apa lagi di masa seperti ini.

        jika oleh mereka kasusnya ditutup dan membiarkan seller mengalami kerugian karena kasus ini, iklaskan nanti juga di ganti berpuluh kali lipat. Yang penting tetap semangat, jalankan amanah buyer. Salam sesama seller.

    • 25 Juli 2021 - (20:40 WIB)
      Permalink

      sesama penjual olshop di shopee, pengalaman saya sih perna paket hilang tdk ditemukan di daerah jateng, informasinya 1truk paket JNT hilang dan alhamdulilah dpt ganti 100%, penjual dan pembeli dpt ganti , saya pilih jasa ekspedisi JNT saja sih soalnya dkr rmh, klo yg lain takut smoga ada dpt ganti, coba up di shopee nanti dpt dibantu sama pihak shopee

      • 25 Juli 2021 - (21:27 WIB)
        Permalink

        Terimakasih ? iya J&T memang terpercaya. Saya juga pernah diganti 100 persen. Makanya aneh ini aturan AnterAja

        • 26 Juli 2021 - (02:40 WIB)
          Permalink

          Namanya juga anter aja, kalo barang ilang ya udh biarin aja, kalo minta ganti ya ganti separuh aja.

  • 25 Juli 2021 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Saya seller juga pernah kejadian kirim dr Palembang ke jakarta udah 1 Minggu lbh gak sampe, tanya ke cs resmi anteraja di jawab formal saja. Saya chat wa kurir pickup anteraja, di jawab nya kalo paket saya nyasar ke Surabaya. Kemudian saya chat cs anteraja kenapa sampe ke Surabaya cs diem gak jawab sampe akhirnya sampe ke bekasi dan sampe pembeli. Walaupun ada drama sedikit akhirnya seller sama buyer sama2 ketawa ketika bercerita kalo paket sampe Surabaya. Kasus lainnya adalah kirim dalam kota bisa 4 sampe 5 hari sampe buyer nanya tiap jam. Sejak itu saya non aktifkan kuror tsb. Sebenarnya enak kurir tsb krn deket tempat tinggal dan buka sampe malam jd kirim bisa sampe malam. Saat ini saya pake sicepat, jnt dan JNE. Jnt andalan saya krn buka sampe jam 10 malam, baru ada ppkm sampe jam 7.30. jd kalo ada order malam bs kirim besok sampe krn deket rumah jd enak manggil kurir pickup hehe

  • 26 Juli 2021 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Shopee dan ekspedisi yang digunakan oleh pihak shopee selama pandemi sudah banyak merugikan seller maupun buyer, baik paket yang hilang, paket rusak, terlambat dikirim, return tanpa sepengetahuan seller maupun buyer. Tapi saat dilaporkan hanya investigasi yang selalu dijanjikan ujung-ujungnya tidak ada yang terselesaikan. Beda dengan TOKOPEDIA yang selalu cekatan saat ada masalah.

  • 26 Juli 2021 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Jujur saya juga kecewa dengan pihak shopee karena tdk mau membantu jg klaim barang hilang di JNT smntra klaim ke JNT lama sdh sebulan lebih dana ga cair. Barang yg saya jual senilai 1.960.000 hanya diganti 150rb ongkir dan dari pihak shopee dianggap selesai. Tolong lah aktivasi asuransi spt di TOKOPEDIA. Ini nanya asuransi ketika kirim barang penjual harus konfirmasi sendiri sama pihak ekpedisi, la emang kita tahu bayar asuransi berapa terus harus nanya gitu tiap hari satu satu sekelas SHOPEE yg internasional ga berfikiri cara EFISIEN. Sehingga kita penjual dan pembeli merasa aman. Toh asuransi ga wajib. Yg penting pembelinya paham jika asuransi off dan sebg penjual kita bisa kasih info

    • 26 Juli 2021 - (12:16 WIB)
      Permalink

      Waduh nilainya besar sekali. Sudah coba surat pembaca di media konsumen ini? Semoga uangnya bisa kembali

  • 26 Juli 2021 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Expedisi yg dapat di percaya saat ini
    Cuma Lion Parcel
    Tapi sayang blm bekerja sama dengn shopee
    Baru Bukalapak dan Tokopedia

    2
    1
  • 26 Juli 2021 - (10:44 WIB)
    Permalink

    memang untuk expidisi yg tanpa asuransi sangat rawan sih.
    aturan dari mereka klo ada kehilangan hanya diganti 10x dari biaya kirim.
    jadi klo kirim barang diatas 200k lebih baik waspada. Apalagi klo yg dikirim HP.
    malahan saya pikirnya ini kok malah bisa dijadikan celah oleh oknum nakal.

    lebih baik cari expedisi yg ada asuransinya untuk barang yg harganya diatas 200k

    • 26 Juli 2021 - (12:18 WIB)
      Permalink

      Setuju sekali. Saya pikir ini jadi celah untuk pihak yang nakal. Barang yang sedang dibutuhkan bisa lenyap tanpa perlu tanggungjawab

  • 26 Juli 2021 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Aku juga ga mau lagi gunaik kurir antar aja .. Selalu aku cek kalo abis pesen barang .. Karna pergantian kurir hanya dikasi 1 kali 1 jam .. Karna kurirnya banyak complain .. Sedangkan kurir dari expedisi yang lain ga ada yang complain .. Aku sampe 3 kali ganti alamat gara gara antar aja ..

  • 27 Juli 2021 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Seharusnya tanpa asuransi pun pihak ekspedisi wajib bertanggung jawab. Dan seharusnya pihak shopee mewakili seller untuk meminta pertanggungjawaban dr pihak ekspedisi. Dan shopee kan tahu berapa nilai paket yg hilang.

  • 28 Juli 2021 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai penulis artikel ini menyampaikan bahwa baik pihak Shopee maupun pihak AnterAja sudah menghubungi saya perihal permasalahan ini dan meminta maaf. Saya juga sudah mendapatkan uang saya sesuai permohonan saya di atas.

    Saya mengucapkan terimakasih pada Shopee yang dengan cepat menindaklanjuti keluhan saya. Saya juga berterima kasih pada Media Konsumen sebagai wadah yang sangat tepat untuk mengajukan keluhan konsumen sehingga masalah dapat terselesaikan dengan baik. Terimakasih untuk seluruh komentar dan dukungan dari para pembaca surat saya.

    Semoga kita semua bisa menarik manfaat dari peristiwa ini

    Salam
    Titiek Limarty

  • 30 Juli 2021 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Kasus yang sama juga terjadi pada pihak kami dan barusan saja; kasus pengiriman tanggal 25 Juli 2021; jadi hari itu hanya ada 2 kiriman AnterAja dari Shopee; satunya untuk keluar negri (Singapore) dan baru tau ketika salah satu komplain barang nya kok tidak sesuai dan saat kita minta foto bukti bungkus nya disana tertera untuk pengiriman. Shopee International; dan pihak kami segera menelpon pihak AnterAja untuk menahan barang satunya yang masih dalam perjalanan dan mereka berjanji akan otomatis menukar kedua barang tersebut; ternyata hinggal tanggal 28 barang tidak tertukar dan yang barang tertukar juga sampai di markas Shopee Internasional untuk dikirim ke Singapore. dan sekarang kasus ini panjang karena terkesar dari AnterAja tidak ada tindakan apapun termasuk janji mereka untuk menarik barang yang salah dan pihak Shopee pun hanya berjanji menyelidiki kasus ini tanpa ada tindakan apapun; keduanya berjanji mengabari dalam waktu 3×24 jam ternyata tidak ada proses apapun

  • 3 Agustus 2021 - (17:57 WIB)
    Permalink

    awalnya komplain ke anteraja karena resi 10001822913875 sejak tgl 1 Agustus 2021 jam 8 sudah delivery kurir to buyer namun sampai sekarang (3 Agustus 2021) tidak jelas keberadaan nya dimana

    usaha yg sudah saya lakukan:

    -Saya udah chat semua kurir yg bawa paket untuk kecamatan daerah saya. TERNYATA TIDAK ADA YG MEMBAWA
    – Saya sudah datang ke kantor kota saya. kata petugas bilang STATUS DIBAWA KURIR. namun semua kurir yg mengirim di daerah kecamatan ini yg saya hubungi tidak ada yg membawa paket dengan resi tsb
    – saya sudah hubungi LEADER ANTERAJA kota saya. katanya BARANG FISIK TIDAK SAMPAI DI KOTA SAYA. dan TANYA KE GUDANG SEMARANG.
    – Namun gudang semarang tidak menemukan barang fisik paket drngan nomer resi tsb

    kemudian saya komplain ke CS anter aja fi IG, WA, Email, Twitter.
    namun jawabanya sama \”sedang dlm pengiriman, akan di salurkan ke operasional agar paket cepat sampai\”
    pihak CS sendiri hanya menjawab memakai template. tidak ada solusi
    dan pekerja yg bekerja dibagian operasional sydah saya tanyain satu satu secara personal memang tidak ada yg tahu paket tsb ada dimana

    Mohon pihak anter aja atau tokopedia melihat surat ini agar saya bisa mendapat refond oenuh atas barang yg sudah saya beli.

      • 3 Agustus 2021 - (19:00 WIB)
        Permalink

        nayar polisi jauh lbh mahal dr pd paket saya seharga 400rban. to uang sgitu sangat bersrti…. say sedang usaha laporkan ke BPKN agar hak saya sebagai konsumen dpt

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Pen…

oleh Titiek Limarty dibaca dalam: 1 menit
38