Surat Pembaca

Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual jadi Korban

Saya adalah penjual di Shopee yang baru saja mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan sehubungan dengan kehilangan barang yang saya kirimkan.

Saya mengirimkan paket vitamin seharga Rp560.000 dari Yogyakarta ke Jakarta pada tanggal 12 Juli 2021. No order paket tersebut adalah 210712P90A5N2M (No resi AnterAja 10001694420141). Tanggal 16 Juli pembeli menanyakan paket yang belum sampai dan saya tindaklanjuti dengan menghubungi pihak CS Anteraja yang dijawab akan segera jadi prioritas. Setiap hari sejak itu saya terus menghubungi sampai tanggal 19 dinyatakan akan dilakukan investigasi selama 3×24 jam. Selain menghubungi pihak AnterAja saya juga menghubungi CS Shopee tanggal 21 Juli 2021. Dijawab akan dilakukan investigasi selama 3-5 hari ke depan.

Tiba-tiba tanggal 23 Juli paket saya dinyatakan hilang melalui sistem Shopee dan kompensasi yang memenuhi syarat telah ditambahkan ke saldo penjual. Setelah saya cek ternyata kompensasi hanya sejumlah 190 ribu rupiah. Saya dirugikan sebanyak 370 ribu rupiah. Jumlah uang Rp370.000 di masa pandemi ini sangat berarti bagi saya.

Saya sangat kecewa dengan sikap AnterAja dan Shopee yang seakan-akan lepas tangan terhadap kelalaian kurir atau siapapun yang bertanggung jawab atas paket yang dipercayakan kepadanya. Saya sebagai penjual merasa menjadi korban atas permasalahan ini. Saya bertanya melalui email tidak ada jawaban, melalui telepon hanya investigasi yang dijanjikan.

Melalui surat ini, saya memohon kebijakan AnterAja maupun Shopee untuk bertanggung jawab atas kerugian yang saya alami.

Titiek Limarty
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Titiek Limarty

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Titiek Limarty yang berjudul: “Paket Hilang, Kompensasi AnterAja dan Shopee tidak Senilai Barang, Penjual...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Seharusnya tanpa asuransi pun pihak ekspedisi wajib bertanggung jawab. Dan seharusnya pihak shopee mewakili seller untuk meminta pertanggungjawaban dr pihak ekspedisi. Dan shopee kan tahu berapa nilai paket yg hilang.

  • Saya sebagai penulis artikel ini menyampaikan bahwa baik pihak Shopee maupun pihak AnterAja sudah menghubungi saya perihal permasalahan ini dan meminta maaf. Saya juga sudah mendapatkan uang saya sesuai permohonan saya di atas.

    Saya mengucapkan terimakasih pada Shopee yang dengan cepat menindaklanjuti keluhan saya. Saya juga berterima kasih pada Media Konsumen sebagai wadah yang sangat tepat untuk mengajukan keluhan konsumen sehingga masalah dapat terselesaikan dengan baik. Terimakasih untuk seluruh komentar dan dukungan dari para pembaca surat saya.

    Semoga kita semua bisa menarik manfaat dari peristiwa ini

    Salam
    Titiek Limarty

  • Kasus yang sama juga terjadi pada pihak kami dan barusan saja; kasus pengiriman tanggal 25 Juli 2021; jadi hari itu hanya ada 2 kiriman AnterAja dari Shopee; satunya untuk keluar negri (Singapore) dan baru tau ketika salah satu komplain barang nya kok tidak sesuai dan saat kita minta foto bukti bungkus nya disana tertera untuk pengiriman. Shopee International; dan pihak kami segera menelpon pihak AnterAja untuk menahan barang satunya yang masih dalam perjalanan dan mereka berjanji akan otomatis menukar kedua barang tersebut; ternyata hinggal tanggal 28 barang tidak tertukar dan yang barang tertukar juga sampai di markas Shopee Internasional untuk dikirim ke Singapore. dan sekarang kasus ini panjang karena terkesar dari AnterAja tidak ada tindakan apapun termasuk janji mereka untuk menarik barang yang salah dan pihak Shopee pun hanya berjanji menyelidiki kasus ini tanpa ada tindakan apapun; keduanya berjanji mengabari dalam waktu 3x24 jam ternyata tidak ada proses apapun

  • awalnya komplain ke anteraja karena resi 10001822913875 sejak tgl 1 Agustus 2021 jam 8 sudah delivery kurir to buyer namun sampai sekarang (3 Agustus 2021) tidak jelas keberadaan nya dimana

    usaha yg sudah saya lakukan:

    -Saya udah chat semua kurir yg bawa paket untuk kecamatan daerah saya. TERNYATA TIDAK ADA YG MEMBAWA
    - Saya sudah datang ke kantor kota saya. kata petugas bilang STATUS DIBAWA KURIR. namun semua kurir yg mengirim di daerah kecamatan ini yg saya hubungi tidak ada yg membawa paket dengan resi tsb
    - saya sudah hubungi LEADER ANTERAJA kota saya. katanya BARANG FISIK TIDAK SAMPAI DI KOTA SAYA. dan TANYA KE GUDANG SEMARANG.
    - Namun gudang semarang tidak menemukan barang fisik paket drngan nomer resi tsb

    kemudian saya komplain ke CS anter aja fi IG, WA, Email, Twitter.
    namun jawabanya sama \"sedang dlm pengiriman, akan di salurkan ke operasional agar paket cepat sampai\"
    pihak CS sendiri hanya menjawab memakai template. tidak ada solusi
    dan pekerja yg bekerja dibagian operasional sydah saya tanyain satu satu secara personal memang tidak ada yg tahu paket tsb ada dimana

    Mohon pihak anter aja atau tokopedia melihat surat ini agar saya bisa mendapat refond oenuh atas barang yg sudah saya beli.

      • nayar polisi jauh lbh mahal dr pd paket saya seharga 400rban. to uang sgitu sangat bersrti.... say sedang usaha laporkan ke BPKN agar hak saya sebagai konsumen dpt