Retur Barang Rusak dari Seller di Bukalapak

Selamat Malam,

Saya membeli produk di bukalapak dengan seller Alysoy_Shop. Saat saya bertanya masalah pengiriman ke pelapak tetapi tidak pernah ada respon sama sekali dan setelah barang sampai ternyata yang dikirim barang rusak.

Saya langsung mengajukan komplain ke bukalapak melalui aplikasi. Pihak bukalapak menyarankan untuk mengirim balik paket tersebut.

Saat saya tanya jika saya sudah mengirim balik ke seller lalu berapa lama uang saya bisa dikembalikan (langsung dikembalikan atau 1×24 jam atau setelah detektif conan lulus SD)? Jangan sampai saya kirim balik tapi uang saya tidak jelas kapan dikembalikan. Pihak bukalapak tidak menjawab pertanyaan saya hanya menjawab akan dikembalikan setelah dikirim balik. Iya, tapi kapaaaaaan???

Dan apakah ada sanksi ke seller yang tidak bertanggung jawab seperti Alysoy_Shop atau pihak bukalapak hanya membiarkan seller-seller seperti ini yang merugikan konsumen???

Muhammad Alfin Nur
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:22    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Perihal Retur Barang Rusak dari Seller di Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada kami melalui kanal Media Konsumen. Bersama surat ini kami informasikan bahwa...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Retur Barang Rusak dari Seller di Bukalapak

  • 25 Juli 2021 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Masih ada aja orang mau transaksi di Bukalapak, saya mah sudah kapok. Lebih baik ke marketplace lain seperti Tokopedia, Lazada, Jakmall, dll.

    1
    2
  • 25 Juli 2021 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Ya nanti uang dikembalikan setelah barangnya sampai ke seller pak. Dan seller klik terima barang. Makanya pilih mau dikirim pakai jasa kirim apa, nanti resinya dimasukkan, selesai. Tunggu barang sampai ke seller.

    • 26 Juli 2021 - (15:09 WIB)
      Permalink

      kirim balik barang dulu pak ..
      nanti baru refund uangnya ..

      # kredit mobil murah , teje honda all jatim

  • 26 Juli 2021 - (13:34 WIB)
    Permalink

    Rrsiko beli online ya begitu pak. Kudu banyak sabar, ikuti aja proses returnya input no resi pengiriman kalau status barangnya sudah diterima pelapak walupun belum diklik terima barang oleh pelapak, uang retur tetap bakalan sampai ke akun bapak tetapi lebih agak lama proses masuk uangnya. Intinya belanja online harus siap lebih sabar. Belanja online siap resiko lebih besar mau resiko kecil belanja offline saja bapak 🙏😊

  • 26 Juli 2021 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Sebelum membeli secara online pastikan lihat rating dan ulasan dari pembeli lainnya, dan apabila ada opsi asuransi pengiriman/barang sebaiknya dipilih juga apabila produk mudah rusak. Karena kita ngga tau barang rusak dari toko atau dari pengiriman yang ngga dihandle dengan baik.

  • 26 Juli 2021 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Kejadiannya mirip dengan saya, tapi kasus saya barang yg saya beli rusaknya di saat pengiriman alias di pihak expedisi nya.

    Dari tanggal 18 Juli sampai hari ini 26 juli hanya diminta menunggu saja. Tapi tidak pasti menunggu sampai kapan. Karena di konfirm ke pihak expedisi sudah diurus asuransinya ke pihak marketplace bukalapak. Tp dikonfirm ke buka lapak di forum diskusi komplain barang. Sepertinya yg membalas robot alias otomatis. Setiap ditanya tunggu 3×24 jam sedang diurus ke pihak asuransi.

    Punya saya barangnya ga begitu mahal hanya raket badminton saja, tp sama aja butuh kejelasan. Barang yg rusak pun ga dipegang, uang pun belum tau di setujui atau tidak oleh pihak asuransinya.

    Jadi bingung juga klo udah begini 🥱

  • 27 Juli 2021 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Masalah refund dan pengembalian dana serta ongkir pengembalian barang ke seller sudah selesai setelah saya mengirim resi yang sesuai dengan alamat seller (bukan setelah sampai ke seller).

    Terima Kasih.

  • 5 Agustus 2021 - (03:59 WIB)
    Permalink

    Sudahlah uninstall aja bukalapak setelah kasus ini selesai. Masih banyak ecommerce lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Retur Barang Rusak dari Seller di Bukalapak

oleh Alvin dibaca dalam: 1 menit
11