Indodana Menambah 1 Tenor Cicilan untuk Transaksi di Tokopedia

Tanggal 28 Juni saya pakai limit Indodana sebesar Rp4.***.*** di Tokopedia, dengan memakai promo bunga 0% dengan tenor 3 bulan, dan angsuran per bulan sekitar Rp1.340.000.

Pada tanggal 28 Juli 2021 sekitar pukul 22:45 saya mau bayar, tapi tidak bisa. Terus saya coba, tapi tidak bisa juga. Akhirnya saya bayar di pagi harinya. Apa yang terjadi? Tenornya BERTAMBAH menjadi 4 bulan. Bisa dibilang saya kena denda Rp1.340.000. Itu cukup berat di tengah situasi pandemi dan kota Surabaya PPKM karena pandemi.

Saya coba berkali-kali telpon CS untuk permohonan penghapusan 1 tenor itu. Namun CS bersikukuh tetap tidak bisa dihapus. Katanya karena saya pakai promo cicilan 0% dan S&K-nya memang kalau terlambat nambah tenor 1 bulan.

Jujur bagi saya ini berat, sama saja saya lambat hitungan jam tapi kena denda Rp1.340.000, itu jebakan dari INDODANA. Di tengah situasi seperti ini kita terus berusaha untuk tetap bayar, tapi pihak Indodana malah memberatkan.

Abdurrahman
Surabaya, Jawa Timur


Update (3 Agustus 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Indodana sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Indodana:
[Total:12    Rata-Rata: 1/5]
Tanggapan INDODANA atas Keluhan Bapak Abdurrahman

Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Abdurrahman di Media Konsumen tanggal 31 Juli 2021 dengan judul “Indodana Menambah 1...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Indodana Menambah 1 Tenor Cicilan untuk Transaksi di Tokopedia

    • 31 Juli 2021 - (20:43 WIB)
      Permalink

      Cukup tragis om karna nominal nya 1.340.000 itu cukup memberatkan di tengah situasi yg seperti ini

      • 31 Juli 2021 - (21:28 WIB)
        Permalink

        Senasib mas, saya pake fitur pinjam.
        Ngeri naudzubillah.
        Pinjem 2jt cair 1,780,000 bayar 1,087,000 x 3 bulan.
        Kenapa ojk diam saja sama kondisi ini, pihak indo dana tidak terbuka di awal pas penentuan suku bunga.

      • 31 Juli 2021 - (22:25 WIB)
        Permalink

        Waduh, parah bener tuh Indodana. Seenak jidatnya aja ngasih denda. Sekelas bank pun nggak sampai segitunya.

  • 31 Juli 2021 - (20:34 WIB)
    Permalink

    ada baiknya membayar jgn tll mepet dg tgl Japo apalagi pas di tgl Japo, antisipasi kegagalan bayar

    • 31 Juli 2021 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah gan , karna uang ada di orang dan baru di TF jam sekitar 22:30 paginya saya bayar alhasil sama saja di kenakan denda 1,340,000 dan itu cukup m mberatkan bagi saya di tengah pergerakan ekonomi yg sempoyongan , dan kota kota di batasi pergerakannya

  • 31 Juli 2021 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Lah bisa gitu…. teror trs lah..toh diawal cm 3bulan.knp jadi 4bulan… sinting bener,..gak usah bayar sekalian klo gitu caranya….parah.. mdh2n cepet selesai om masalahnya y….bajingan tengik itu pinjol…jebak orang seenaknya aja…. Gilak

    • 31 Juli 2021 - (21:58 WIB)
      Permalink

      Amin. Tau om bulan depan kalo ini gak selesai emang gua tunggu DC nya ,, datang kerumah

  • 1 Agustus 2021 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Sangat prihatin akan kejadian kejadian seperti ini. Di masa Pandemi begini di mana banyak orang sangat membutuhkan bantuan, malah terjebak begini.
    Semoga dilancarkan rejekinya dan mendapatkan solusi yang terbaik. Doaku hari ini, khusus untuk anda.

    • 1 Agustus 2021 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Amin makasih mas itu lah sebab nya di tengah pemberlakuan PPKM masih kayak gini

  • 1 Agustus 2021 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Bayar nya lebih awal om, tengah malam rentan miss jaringan memang.tpi itu memang keterlaluan nambah tenor 1 bulan tapi bisa ngakalin pinjam ke aplikasi lain dulu sementara ketimbang bayar denda 1 bulan. Aplikasi lain seperti kredivo atau akulaku dendanya harian.jadi ga kena denda cukup besar. Atau.harus Ada plan lainnya until batar cicilan. Saya jug pernah dapat notification bunga 0 persen tapi saya g berani ambil karena memang dendanya 1 bulan.

  • 1 Agustus 2021 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Sering denger secara langsung sih
    Klo membayar tagihan terlalu mepet atau d hari terakhir
    Sering error’ ntah d sengaja’atau tidak
    Sering denger seperti itu,

    Semoga segera terselesaikan

  • 1 Agustus 2021 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Dibayar 3X aja, kuatin mental ditagih DC, paling rame cm 2-3 minggu aja. . Yang pasti kalo pinjol mah jgn minta keringanan, tunggu mereka yg nawarin keringanan, dan itu biasanya kl udah telat lama. Ntr juga bakalan dihapus dendanya kl situ ngeyel, jaman lg kayak gini ga ada empati dan simpati sama sekali itu pinjol. Ga usah takut atau malu. Bayar 3X aja, kalopun ntr dibebaskan dendanya resiko paling cuma ga bisa pinjem lagi disitu.

  • 4 Agustus 2021 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Semua platform pinjaman termasuk bank menerapkan sistem seperti itu. Telat satu hari saja udah kena denda. Hanya saja untuk bank lebih kecil dendanya ketimbang pinjol.

    Saran saya coba telp lagi ke cs minta keringanan. Misal diringankan atau dijadikan cicilan lagi. Ini juga biar nama anda gak kena BI checking. Soalnya kalau udah BI checking udah jelek nama di bank dan jasa keuangan.

 Apa Komentar Anda mengenai Indodana?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Indodana Menambah 1 Tenor Cicilan untuk Transaksi di Tokopedia

oleh AAB dibaca dalam: 1 menit
22