Keluhan Pesan Barang di Aplikasi Akulaku

Pada tanggal 07 Juli 2021, saya memesan Samsung Galaxy A21s rRAM 6 GB ROM 128 GB di Akulaku, dari merchant Pusat Celular, dengan pembayaran uang muka sebesar Rp530.000 (sudah dengan ongkir sebesar Rp20.000). Tanggal 07 Juli 2021, pesanan sudah dijemput oleh kurir SiCepat dengan nomor resi: 001126935429, yang ternyata nomor resi palsu, sebab nomor resi tersebut untuk pengiriman orang lain yang sudah lewat waktunya.

Sejak tanggal 09 Juli 2021, saya sudah mencoba chat merchant Pusat Celular, tapi tidak mendapat tanggapan. Customer service Akulalu yang saya hubungi menyarankan untuk menunggu tanggapan dari merchant dalam waktu 14 hari kerja dari tanggal chat, yang berarti tanggal 29 Juli 2021.

Tanggal 23 Juli 2021, status pengiriman sudah diterima, padahal barang belum sampai. Pada tanggal 27 Juli 2021 saya menelepon Akulaku lagi untuk komplain dan meminta pembatalan pembelian. Saya disuruh menunggu sampai tanggal 29 Juli 2021.

Tanggal 29 Juli 2021, saya kembali menghubungi Akulaku dan diarahkan untuk komplain dan pembatalan pesanan melalui aplikasi Akulaku dalam option feedback merchant. Semua langkah sudah saya lakukan, tapi hingga saat ini belum ada solusi dan uang muka dan limit cicilan Akulaku belum kembali.

Tolong segera laporan saya diproses. Saya tidak bersedia membayar angsuran pada tanggal 02 Agustus 2021 untuk barang yang tidak saya terima, sebab sudah jelas ada unsur penipuan dari merchant Pusat Celular yang seharusnya sudah di-black list.

Terima kasih.

Sanggup M. Purba
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:25    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Sanggup M. Purba

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Sanggup M. Purba pada tanggal...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Keluhan Pesan Barang di Aplikasi Akulaku

  • 31 Juli 2021 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Oalah Dul Dul..ga kapok jga..
    Puluhan ratusan yg tertipu aku..
    Nangis ngasih dah… tagihan dtng
    Barang ga sampe

  • 31 Juli 2021 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Ada lg korban penipuan Fintech Akulaku. Sering2 baca Media Konsumen.. Om. Mslh nya sudah banyak korban dari penipuan akulaku. Mungkin si om… Yg sekian ratus korban dari akulaku. Akulaku sekarang tidak seperti akulaku dulu. Karena akulaku sekarang berbasis pinjol alias lintah darat. Bukan berbasis kredit barang. Limit hanyalah sebuah kiasan saja. Ber izin OJK pun gk jaminan. Karena OJK dan Akulaku samanya. Setali tiga uang. OJK tutup mata..tutup telinga. Seller di akulaku fiktif semua. ” Masih mau kredit barang di akulaku???…

    • 31 Juli 2021 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Akulaku sudah terkenal dengan seller bodongnya. Sangat tidak di rekomendasikan berbelanja online via Akulaku. Lebih baik dengan Bukalapak/Lazada namun pembayaran via Akulaku. Kalau secara direct di app Akulaku sangat tidak terpercaya, lebih hati-hati kedepannya.

  • 31 Juli 2021 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Saya pernah kredit hp tahun lalu untuk anak di akulaku senilai ± 1.5 jt selama 3 bln
    Alhamdulillah barangnya sampai, dan sudah lunas. Ngeri juga ya banyak seler fiktif
    Mudah²an cepat selesai masalahnya ya om…

  • 31 Juli 2021 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Kesalahannya satu, yakni belinya lewat aplikasi Akulaku, semua toko di Akulaku engga jelas, rating entah dari mana, engga bisa liat feedback, dan setelah barang dikirim biasanya seller udah engga respon.

    Mau kredit barang pakai Akulaku?
    Beli barangnya di Bukalapak atau Blibli, bayarnya via Akulaku. Kalau ada masalah pada seller, komplennya gampang, kerja toko lebih transparan. Itu follow up terus Akulaku nya, kalau ga di follow up nanti situ yang rugi.

  • 31 Juli 2021 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Ga kapok2 amat, banyak seller fiktif dan sering banget kasih resi pLsu disitu gan. baca2 mk kebawah..

  • 31 Juli 2021 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Waduh ada juga yg kena apes parah…sy mesen xiaomi note 4x yg d kirim note 4 kaga ada sinyal juga , sy ngotbanin uang buat biyaya tlp dampai habis 50ribu buat ngutusin biar bisa di kembalikan ,tggpnnya cs akulaku bikin pusing juga suruh nunggu 14 hari kerja ,sy tlp penjualnnya sempet marah juga ,buat yg baru harus hati” ngajuin credit d akulaku , ngeri lah apalagi barang berharga ada nilai gede

  • 1 Agustus 2021 - (11:52 WIB)
    Permalink

    Saran aja kalo mau beli barang mending E comers lain,akulaku lbh cocok buat di jadi metod bayar saja,jgn beli lgsg di apk terkadang proses nya jg lama bgt

  • 2 Agustus 2021 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya Pribadi melakukan pembelian diakulaku selama ini aman-aman aja, bahkan limit kredit saya udah mencapai 10jt. Awal-awal belanja di AKULAKU juga sempet Deg-degan, karena nomer resi tidak bisa dicek (bukan seller official). Tapi Alhamdulillah barang diterima dg aman. Saran saya kalau belanja lewat aplikasi AKULAKU wajib di toko yg official. Kemudian saya akhirnya selalu beli di official store. Tapi kemudian saya berhenti belanja lewat aplikasi AKULAKU langsung, saya lebih memilih belanja lewat Shopee lalu dengan pilihan pembayaran AKULAKU. Karena kalau lewat Shopee komplainnya lebih mudah, dan sellernya pun punya rating yg jelas.

  • 4 Agustus 2021 - (18:38 WIB)
    Permalink

    saya pada tanggal 1 agustus 2021 kemarin membeli laptop di akulaku merchant GOLDEN STORE, barang dikirim pada hari yang sama tetapi dengan mencantum kan resi palsu, saya berkali-kali menghubungi toko tidak dibalas, mencoba hubungi cs pun tidak responsif. jika pihak akulaku tidak ingin bertanggung jawab setelah 14 hari tepatnya 14 agustus . saya akan melaporkan kepihak berwajib seperti polisi dan ojk.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Keluhan Pesan Barang di Aplikasi Akulaku

oleh Sanggup m Purba dibaca dalam: 1 menit
15