Ongkir yang Tidak Sesuai Dibebankan kepada Seller Shopee

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya ini. Saya seller di Shopee, orderan nomor 210724RC125JD1 telah selesai, tapi dana yang masuk sangat kecil (tidak seperti orderan lain dengan barang yang sama).

 

Saat saya cek, ternyata ongkir kena 2 Kg dan dibebankan ke saya untuk kekurangannya. Saya sudah pastikan ke kurir, dan kurir menjawab barang tersebut kena ongkir 1 Kg. Kalau memang 2 Kg, kenapa orderan lain bisa kena 1 Kg dan hanya yang ini yang kena 2 Kg? Padahal barang sama, packingan sama.

Mungkin dana yang terpotong kecil (hanya Rp18 ribu), tapi justru itu lebih tinggi dari laba saya dan karena ini saya rugi atas orderan tersebut.

Saya sudah komplain ke CS Shopee, tapi mereka tetap bilang barang kena 2 Kg. Saya harap melalui surat ini saya bisa mendapatkan hak saya. Terima kasih.

Lidya
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir Sicepat di Shopee:
[Total:72    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Ongkir yang Tidak Sesuai Dibebankan kepada Seller Shopee

  • 31 Juli 2021 - (11:20 WIB)
    Permalink

    Nah sicepat lagi. Sepertinya sicepat kl tidak error malah terlalu canggih. Kalau kurir lain ukur volume masih pakai meteran, kl sicepat sudah tidak pakai lagi. Untuk ukur volume alatnya langsung ada di timbangan, dan sepertinya sangat tidak akurat.

    • 31 Juli 2021 - (21:54 WIB)
      Permalink

      Makin ke sini jualan di shopee mirip kerja bakti; ga dapet untung sama sekali, potongan biaya layanannya gede banget. Contoh kasus diatas, udah harus nanggung kelebihan ongkir Rp 18.000; harus nombokin biaya admin layanan pula Rp 12.000, total Rp 30.000, sedangkan Shopee cuma nanggung Rp 15.000; konsumen cuma nanggung Rp 3.000 untuk 2kg; enak banget tuh konsumen bayarnya dikit banget

      • 31 Juli 2021 - (22:14 WIB)
        Permalink

        kmren saya juga dpet orderan 27rbuan trus ngirim pake si cepat juga. saya pikir apa packingan saya keberatan ya jadii nambah. eh ternyata banyak juga yg kejadian bgtu di shopee x si cepat. hadeuh.. bukan nya untung malah pendapatan saya -1rbuan . tau gitu mending ga saya kirim yaa rugi barang malah suruh nambah ongkir

  • 31 Juli 2021 - (14:28 WIB)
    Permalink

    Kalau pakai sicepat jgn sampai beratnya mendekati 1,3kg atau packingannya kegedean. Kalau kurir yg lain sih jarang ditimbang lg tp kalau sicepat melewati timbangan pas sorting

  • 31 Juli 2021 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga bermasalah dg kurir 1 ini.. Sudah 2minggu hampir semua transaksi kena selisih ongkir yg dibebankan ke seller.. Gak mau rugi lagi, saya cut off aja ekspedisi nya..
    Ekspedisi yg lain malah dpt cashback,, pake SICEPAT malah makin rugi kena selisih ongkir.

  • 31 Juli 2021 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Ga hanya sicepat. Paket saya yg pakai j&t pun mengalami kasus serupa. Total sudah sekitar 350rbn nombokin. Padahal selalu saya timbang sebelum kirim paket. Tapi tetap saja shopee dan para ekspedisi main curang begini

    • 1 Agustus 2021 - (01:10 WIB)
      Permalink

      Di luar jalur nih salah satu kurir ***T sama eccomerce ****ak saya kirim paket 3 kg, kebetulan yang anter ade di kilo ulang jadi 3,4 kg karen sudah terlanjur dianter ke outlet tetap saya kirim dan ternyata kena penalty tambahan ongkir 50.000 buset harga barang ga seberapa sama laba penaltynya gila.
      Nasi sudah jadi bubur ya sudah lah.
      Yang jadi pertanyaan apakah pihak eccomerce tidak bisa menagih ke pembeli.
      Belum lagi aturan harus pake buble warp padahal bukan barang pecah belah, buble warp emang bagus tetapi untuk barang yang bukan barang pecah belah seharusnya ga perlu maksa jualan buble warp.

      • 1 Agustus 2021 - (01:18 WIB)
        Permalink

        Sy malah prnh jual barang ,endingnya malah minus 260k !!
        Boro2 untung,rugi barang,malah saldo jd minus, jual barang malah jd py utang.
        Pdhal dr awal berat,lokasi pengiriman barang sdh sy pastikan,dan berdasarkan itu kluar angka ongkir nya.
        Praktek nya beda..ongkir endingnya gedee banget dan tnp pmberitahuan smaskali,hasil pnjualan lsg di sikat sopek,masih jg sopek nagih 260k

        Lsg tutup lapak di shopee,ga lagi2 jualan lwt sopek !!!

    • 1 Agustus 2021 - (04:03 WIB)
      Permalink

      Saya beli perdana sim pake shopee express isi barangnya hilang mana paket udah rusak basah dan sobek.
      Biasanya saya pake jne / jnt, tapi karna shopee seperti memaksa harus pake shopee express apa boleh buat, tidak seperti dulu sekarang sebelum bayar tidak ada opsi pilihan jasa kirim, default shopee express.
      Uang memang dibalikin tapi saya tetap rugi waktu dan ngurusnya ribet nunggu investigasi lah, ini lah, itu lah.
      Jadi seller di shopee sekarang seperti kerja rodi jual barang harus murah kalau barang laku di potong biaya admin yg mahal, dìtambah iklan harus jalan.
      Perlahan ukm indo mati sama shopee, tidak ada peluang untuk usaha kecil, baru buka toko harus langsung saingan sama produsen besar yg pasang harga ga kira2 murahnya.
      mending blokir aja itu app shopee.

  • 31 Juli 2021 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Inti masalah sebetulnya ada di petugas sortir/input, bukan di ekspedisi atw di shopee.. Klw orangnya julit ya pake ekspedisi manapun bakalan sama. Saya juga sering kaya begitu di berbagai marketplace dan ekspedisi. Tp klw pas orangnya baik apalagi kenal, berat 1,5kg pun masih dihitung 1kg, padahal batas ada di 1,3kg.
    Atw packingnya besar kasusnya ya begitu juga, sama aja. Sebaiknya lebih kecil dari dus indomi atw ya jangan pake dus. Saya kirim kerupuk 5bks yg beratnya cuma 250gr, di ekspedisi yg sama, pake dus sama ngga, itu dihitung beda. Yg pake dus dihitung volume karena terlihat jelas “kotak” dan dianggap 2kg. Yg dibungkus plastik tetep dihitung 1kg.

  • 1 Agustus 2021 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Untuk menghindari kendala serupa, pastikan seller memasukkan berat dan dimensi produk dengan benar saat mengupload barang 🙂

    Jika merasa sudah mengupload berat dengan benar silakan kirim screenshot berat produk dan estimasi ongkir yg benar dr web jasa kirim

    Kalau ternyata sistem Shopee yg salah menenyukan ongkir, pasti diganti sam aShopee, pernah gini kok

    • 1 Agustus 2021 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Wah ini shopee yang dulu mungkin ya. Shopee yang sekarang jangan harap dibalikin. Saya saja sampai kirim bukti foto paket+Hasil timbangan saya 1.087kg. Shopee dan j&t bilang 1.470kg tapi mereka saja ga bisa balas bukti foto timbangan saya. Lucu kan

  • 1 Agustus 2021 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga baru mengalaminya. Komplain ke shopee ditolak alasan berat 1.45 kg padahal berat aslinya ga sampe 700 gram dan sudah jual banyak produk itu. Parah. Udah bayar admin lebih dari 5% masih juga dibebankan kaya gini.

  • 1 Agustus 2021 - (15:24 WIB)
    Permalink

    SiCepat selalu timbang ulang setiap paket. Pada saat ditimbang ulang, selalu ada fotonya sebagai bukti. Coba datangin kantor/gerai SiCepat, dan tanyakan kok bisa jadi 2KG. Soalnya saya pernah jual barang yang beratnya tidak sampai 600 gram, dihitung 2 KG oleh SiCepat. Saya datengin, lihat fotonya, dan benar cuman 500 gram. Yang input entah sengaja atau tidak, di input 2 KG. Janji dikembalikan uangnya, sampai sekarang belum ada kabar. Kalau sicepat, sekali udah kena selisih, harus langsung cek ke kantor/gerainya, kalau tidak, akan sering begitu

    • 1 Agustus 2021 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas tanggapan teman2 di sini.hari ini saya minta foto timbangan paket sesuai saran.di foto tertera berat 1350gram.sebelumnya kasus ini terjadi,saya minta mas kurir pickup yang biasa ambil ke toko untuk pastikan barang ini di hitung berapa oleh sicepat.3 foto di kirimkan masing2 berat 1250gram,1200gram dan 1300gram sehingga mas kurirnya juga menginfokan barang tersebut masih 1kg.dan atas informasi tersebut,saya menentukan berat di shopee 1kg.saya anggap ini kesalahan dari saya,jadi dengan ini saya mengucapkan terimakasih atas media konsumen yang telah memuat surat ini.dan terimakasih pihak shopee yang telah berusaha menelpon saya akan tetapi karena di jam sibuk saya packing barang (jam 3-4sore),telpon tidak terangkat oleh saya

  • 2 Agustus 2021 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Hari ini pihak shopee menelpon saya dan telah menyetujui untuk membantu penangganan masalah selisih ongkir ini.terimakasih kepada shopee yang sangat baik dalam menanggapi keluhan dari seller dan pengguna.dengan demikian melalui balasan ini,saya menyatakan komplain ini sudah close.terimakasih media konsumen

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Sicepat di Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Ongkir yang Tidak Sesuai Dibebankan kepada Seller Shopee

oleh Lidya dibaca dalam: 1 menit
19