Harap Tokopedia Investigasi Dulu, Baru Ambil Keputusan!

Saya pemilik akun Sanindo (toko spare part komputer) di marketplace Tokopedia. Pada tanggal 25 Juli 2021, 12:19 WIB, nomor invoice: INV/20210725/MPL/1437919371, akun pembeli Tokopedia atas nama Weweh memesan harddisk 1 TB SATA, dengan menggunakan ekspedisi TIKI ONS, nomor resi: 660031165490. Untuk paket tersebut kami kirim tanggal 26 Juli 2012. Pada tanggal 27 Juli 2012 pukul 11:46 WIB paket sudah diterima oleh pembeli.

Pada tanggal 28 Juli 2021 18:03 WIB pembeli mengajukan komplain, dengan catatan barang yang diterima tidak sesuai (barang jadi harddisk 250 GB dan tidak ada segel barang) dan melampirkan video unboxing. Setelah kami cek, ternyata harddisk sudah tidak sesuai dengan yang kami kirimkan (bukan barang dari toko kami). Kami juga ada dokumentasi paket sebelum kirim ke pembeli.

Berikut unboxing dari konsumen, saya dokumentasi ke akun saya, supaya bukti nanti masih bisa kelihatan:

1. https://youtu.be/eBW8wUuFpMU (unboxing dari pembeli)

Dalam diskusi komplain, saya sebagai pihak penjual melampirkan bukti-bukti dokumentasi bahwa barang yang dikirim itu sudah sesuai, yaitu harddisk 1 TB, berikut buktinya:

1. https://youtu.be/Vt98rnuIoeY (Youtube, dokumentasi dan packing)

2. Perbedaan data dari pembeli dan penjual (dengan gambar 1 dan 2)

Untuk packing mungkin masih bisa palsuin ya, tapi kalau segel pasti susah, karena setiap barang elektronik yang saya kirim terdapat segel. Saya juga konfirmasi ke tim Tokopedia untuk diinvestigasi secara tegas.

Pada tanggal 1 Agustus 2021, CS atas nama Kenzie dari tim komplain Tokopedia, tanpa melakukan investigasi bukti dari penjual (kasus seperti ini bisa dicurigai dari penjual, pembeli dan ekspedisi), langsung langsung menyetujui komplain pembeli.

Pertanyaan saya:

  1. Untuk kasus tersebut, teman–teman seller ada masukan? Kalau ada masukan tolong dibantu infokan.
  2. Tokopedia sebagai pihak penengah, apakah sudah melakukan investigasi ke ekspedisi, pembeli maupun penjual? Apakah sudah bersikap netral? Kalau kasus tersebut kelolosan satu kali saja, akan muncul dan terulang terus. Jangan sampai disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hermanto
Seller Tokopedia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sudah beberapa kali terjadi pembeli menipu konsumen, biasanya memang anak muda yg tidak benar - benar paham hukum dan konsekuensi dari perbuatannya sih. Kalo nominalnya besar dan Tokopedia tidak bisa memoderasi dengan baik, solusi nya bisa melalui jalur hukum gan. Apalagi sama - sama Jakarta pasti mudah untuk di selesaikan.

    Kita pernah 1x menemui pembeli nakal di lokasi kota yang sama dengan kita. Selanjutnya kita kontak secara personal dan kunjungi alamatnya langsung, tetapi rumahnya kosong seolah bersembunyi dari tanggung jawab perbuatannya. Tapi produk yg kita jual tidak seberapa sih karena hanya sandal jepit https://www.tokopedia.com/xplodcompany
    Tidak sepadan dengan effort kalo dibawa ke ranah hukum akhirnya kita ikhlaskan aja.

    Kalo memang kerugiannya besar dan sepadan dengan usaha menegakkan keadilan, bawa ke ranah hukum aja..Lumayan bisa buat pengalaman jg siapa tau diliput media..

  • maaf, info saya terlambat, karena terhambat proses pendaftaran akun di MK ..

    setelah saya amati :
    -dari pembeli :
    video "buka" bungkusan paket
    -dari penjual :
    video "kemas" bungkusan paket

    ada hal menarik, yaitu :
    "HARDDISKNYA TERBALIK", sbb :
    pembeli, pada waktu membuka kemasan paket, lalu memperlihatkan HD-nya, posisi HD itu sudah terbalik, dan tidak sesuai dengan posisi HD pada waktu penjual melakukan pengemasan.

    coba diamati sekali lagi, video "kemas" dan "buka" (bila masih ada) ..
    tirukan, dan amati pergerakan barang pada "waktu pengemasan oleh penjual" dan "waktu unboxing oleh pembeli" ..
    maka akan terlihat, pembeli mengeluarkan HD dari case-nya dalam keadaan terbalik ..

    ini, bisa dilihat dengan cara :
    menirukan pergerakan HD, cas HD dan bungkus kemasan ..

    seharusnya, anda diatas angin, karena bukti video sudah berbicara tentang kebenaran dari sisi penjual ..