Surat Pembaca

Penipuan dengan Modus Pencairan SPinjam, Penipu Mengetahui Semua Detail Saya di Shopee

Assalamualaikum,

Saya Nur Alfiyah, dengan akun Shopee: alfisakila5. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini.

Kronologinya, pada bulan Juni 2021 saya mendapat SMS kode OTP atas nama Shopee (bukan nomor telepon, tapi atas nama Shopee). Kemudian tidak lama ada telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat. Lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi dia mengirimi saya kode OTP lagi untuk meyakinkan saya kalau mereka benar-benar dari pihak Shopee.

Setelah itu dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini. Bahkan nominal Shopee SPayLater beserta Shopee SPinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu dia bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 2 juta rupiah. Saya masih tidak percaya, tapi kemudian dia meyakinkan saya dan saya disuruh untuk membuka aplikasi Shopee saya langsung dari handphone saya dan bukan link lainnya, ini murni langsung dari HP saya.

Kemudian saya disuruh klik di bagian pojok bawah yang ada gambar orang (saya) dan klik di postingan dan tertera tulisan (dalam proses Rp2.000.000). Akhirnya saya percaya kalau ini dari tim Shopee. Kemudian saya disuruh klik pengaturan chat dan saya disuruh menulis kode OTP yang saya terima melalui SMS tadi.

Setelah saya tulis kode OTP tadi, di bawah tulisan saya langsung keluar tulisan “Dalam proses 2.000.000” lagi dan tulisan (masukkan PIN Shopee Pay anda). Lalu saya bertanya “Kenapa kok pakai PIN Shopee Pay kak?“, dia bilang untuk memasukkan hadiah 2 juta tadi secara otomatis ke Shopee Pay saya. Kemudian dia bilang kalau saya dapat mencairkan uang 2 juta tadi, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 2 juta tersebut.

Kemudian saya bilang “Saya akan ke Indomaret dulu kak untuk top up“, tapi katanya tidak bisa top up melalui Indomaret, hanya bisa melalui mobile banking. Saya bilang “Saya gak punya mobile banking kak“, tapi dia bilang kalau dia lihat di server Shopee, kalau saya biasanya bayar SPaylater menggunakan mobile banking.

Mulai dari situlah saya kayak dituntun dengan kode-kode dan anehnya saya kayak dihipnotis gitu, nurut saja dengan apa yang dikatakan pelaku.

Kemudian saya dikasih kode-kode yang katanya bukan nominal uang, tapi ternyata saldo saya yang habis untuk top up Shopee Pay tadi. Katanya uang top up tadi kurang untuk mencairkan dana 2 juta tadi, karena di rekening saya cuma ada Rp450.000 saja. Itupun untuk bayar SPP sekolah anak saya, karena saya membuka m-banking itu hanya untuk dibuat bayar sekolah anak saya dan bayar tagihan-tagihan secara online (karena pandemi, segala pembayaran sekolah anak saya secara online semua).

Setelah uang saya tidak cukup untuk mencairkan hadiah 2 juta tadi, pelaku menyuruh saya membuka aplikasi Shopee saya lagi dan membuka SPinjam. Padahal saya gak pernah dan gak akan pernah menggunakan SPinjam. Saya nurut saja dikasih kode-kode lagi sama penipu itu dan secara tidak sadar itu adalah nominal uang. Tapi penipu itu bilang kalau uang di SPinjam. itu tidak akan hilang dan akan kembali lagi setelah uang 2 juta itu cair.

Setelah itu terjadilah pengajuan itu dan uang SPinjam di-top up lagi ke Shopee Pay dan hilanglah semua uang yang di Shopee Pay tadi. Pelaku dari awal bisa membaca pengaturan chat saya, karena dengan bodohnya saya mau menulis PIN Shopee Pay saya, maklumlah karena saya hanya ibu rumah tangga biasa yang GAPTEK. Setelah itu hilanglah semua uang SPinjam itu.

Dari awal, saya langsung meminta bantuan ke pihak Shopee untuk mencari akun yang mengambil uang tadi. Akan tetapi pihak Shope hanya membekukan akun Shopee saya dan menonaktifkan Shopee Pay saya saja selama 3 hari, tidak ada solusi lagi.

Sekarang saya terus menerus yang ditagih Shopee untuk bayar tagihan SPinjam. Padahal dengan jelas uang itu ditransfer ke akun lain dan saya benar-benar tidak mengenal itu akun siapa. Semua bukti-bukti sudah saya email ke Shopee. Sudah dengan jelas akun siapa yang mengambil uang SPinjam itu, tapi tim Shopee hanya memberi email saya bahwa pinjaman sudah sesuai prosedur.

Iya memang sesuai prosedur, tapi akun saya itu di-hack orang dan dia bisa membaca segala transaksi saya dari awal saya menggunakan Shopee. Seharusnya bisa bergerak cepat untuk mencarikan akun siapa itu yang mengambil uangnya, tapi tim Shopee tidak ada usaha untuk membantu customer-nya.

Saya kecewa sekali dan setelah kejadian itu. Saya gak pernah pakai Shopee lagi untuk belanja online. Sudah kapok saya karena keamanan akun Shopee tidak bisa dipercaya. Sampai sekarang saya sering sekali telepon ke pihak CS Shopee, tapi sampai sekarang gak ada solusi untuk membantu saya. Tetap beban tagihan itu selalu ditagih ke saya.

Saya sudah tidak tau lagi harus meminta bantuan ke siapa, oleh karena itu saya menulis di artikel ini supaya segera mendapat tanggapan dari pihak Shopee dan membantu dengan sepenuh hati.

Wassalamu’alaikum.

Nur Alfiyah
Mojokerto, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 3/8/2021): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Anda yang salah kok shopee yang disalahkan? Saya bukan orang shopee atau berafiliasi dengan shopee, tapi kasus di atas itu murni kesalahan Anda.

    Betul yang kirim otp itu shopee tapi hal itu karena ada penipu yang ingin masuk ke akun Anda. Si penipu tidak tahu password anda, sehingga si penipu meng-klik ganti password atau apalah, sehingga sistem mengirimkan otp ke nomor HP Anda.

    Disinilah kesalahan fatal Anda. Anda memberikan kode otp kepada si penipu, padahal sudah ada keterangan KODE OTP JANGAN DIBERIKAN KEPADA SIAPAPUN TERMASUK SHOPEE? Kenapa otp Anda berikan kepada si penipu? Sejatinya si penipu tidak bisa masuk ke akun Anda dan mencuri uang Anda, entah itu ShopeePay atau SPinjam, tapi karena kesalahan Anda sehingga uang pun lenyap.

    Kalau masih tergiur dengan iming-iming atau hadiah atau cashback atau permen, jangan bikin akun digital, belanja secara offline aja di warung, lebih aman.

  • Kode OTP jgn pernah dikirim k siapapun.. Kecolongan namanya..
    Tapi sudah muak dg kelakuan penipu online, hidup koq dipake nipu, udah gk berkah masio kaya tujuh turunan karena nipu auto masuk neraka Jahanam..

  • tahun lalu saya juga ketipu 650.000 ya mo gmana lagi .. kronologi nya persis kaya ibu barusan .. ya gmana lagi . saya bayar semua sih ... yg sabar ya bu ... susah klo berurusan sama penipu .. pintar banget

  • Saya punya akun di toped, bl dan shopee. Datanya ya sama, ktp sama, nama, alamat, no hp juga sama.

    Misal beberapa waktu lalu data toped bocor, nama, alamat, nik, no hp bisa diketahui, kecuali password.

    Nah jika penulis jg punya akun di toped, kemungkinan penipu bisa tau data2 lengkap anda ya bisa jg dr data toped yg bocor.

  • Wkwkwk aduh pengen ngakak. tiap ada kasus kaya gini kenapa selalu shopee yang disalahkan? padahal pengguna nya rada rada kadang. Percaya percaya aja.. akhirnya shopee kena buly

    "maklumlah karena saya hanya ibu rumah tangga biasa yang GAPTEK." gaptek tapi bisa belajja, pake spinjam, dll. mantaplah..

    • dan terjadi lagi, penipuan macam gini sdh sering di shere dimedia manapun OTP itu sangat penting sama aja kita ksh PIN atm kita ke org lain, secara kita sadar ksh tanpa paksaan, mkin embaknya sdh pgn cpt dpt 2juta sampai terkena rayuan penipu ngeri kali skr hati" lg mbak, sy tiap hari dpt hadiah shopee malah 10jt 15jt smua tak cuekin soalnya shopee gak perna hub kita lwt wa ato sms , dan dr shopee sdh ingatkan kita di akun jgn kshkan kode ke org lain itu sdh sering x

  • Akun Anda tidak di hack orang tapi andalah yang melakukan kesalahan fatal. Hanya karena tergiur iming-iming hadiah atau cash back, justru buntung kena tipu mentah-mentah.

    Intinya, jika orang tak dikenal telepon dan mengaku dari shopee atau dari presiden sekalipun, patut diduga dan dicurigai ada yang tidak beres. Jangan karena ditawari hadiah pikiran langsung melayang ke langit biru. Itulah yang menyebabkan banyak orang kena tipu karena berharap dapat uang cuma-cuma.

    Salah sendiri jangan salahkan pihak lain. Puluhan juta pengguna shopee, hanya beberapa orang yang tertipu, termasuk Anda salah satunya!

  • Hahaha. Iming iming 2 juta jadi dapat apa ya???
    Bukan ya malah pintar bersosmed.
    Yaudahlah mba, itu kesalahan ya ada di mbak. ??
    Sini saya tf uang 2 JT ?

  • Lagi dan lagi.... dan Saya cuma bingung kenapa disalahin Shopenya?Prinsipnya : OTP itu sama saja dengan PIN ATM, kalau anda mau memberikan OTP ke orang lain sama aja dengan anda memberikan Kartu ATM dengan PIN nya sekaligus. Apakah anda bersedia kasih ATM dan PIN nya sekaligus kepada orang lain? Bahkan sama petugas BANK nya sekalipun? Pastinya ga kan? Kalo ada yg tertipu karna memberikan Pin ATM kepada penipu yg nyamar pakai seragam BCA misalnya, anda tidak bisa koar2 dengan menyalahkan BCA nya. Sudah mestinya orang2 jaman now paham prinsip dasar uang digital sekarang ini. Sekali lagi, kita yg baca turut prihatin dan cuma bisa katakan beesabarlah Bu, karna kesalahan bukan dari pihak shopee tp dr ibu sendiri. Semoga menjadi pembelajaran kedepannya dan bagi pembaca yang lainnya.

  • Install aplikasi true caller. Jadi ketahuan nomor penipu/scam/spam. Saya juga pernah hampir kena penipu kartu kredit BRI. Akhirnya kartu kredit saya blokir karena mereka tau nomor kartu saya.

  • Ya Allah kak , saya barusan juga di telfon dengan nomor depan +1 , kronologinya sama, dan saya di suruh menarik dana s.pinjam ke rekening saya sejumlah 7.500.000, seketika saya bertanya2, kemudian saya cek di aplikasi Livin mandiri saya tidak bisa login.. dan akhirnya saya telfon cs mandiri untuk blokir smua atm debet & kredit... Dan saya telfon cs sopee pinjam untuk blokir dulu akun shopee saya untuk ke amanan, saya masih menunggu kabar semoga besok dana shope pinjam saya bisa kembali , walau itu kecil kemungkinannya ????

    • Hai kak
      Akhir solusi yg Kaka alami gimana kak
      Soalnya ade saya juga baru mengalami nya, dia terjebak senilai 7,5 juta dan skrng dia bener2 bingung harus bagaimana, krna dia belum kerja

      • Gimana kelanjutan kasusnya kak ?? Tolong infonya donk ka, saya jg baru aja kena tipu dgn modus yg sama kak. Udah lapor polisi, tp msh kepikiran kalo² ada dc dtg kerumah.

      • Gimana kelanjutan kasusnya ka? Masih dpt tagihan kah?? Mohon disharing kak,, takut bgt nih.

    • Mohon maaf kak bagaimana solusinya bila ada penagihan?? Karena saya juga baru kena?.. bingung nanti bayarnya hars gimana.. mohon sharingnya??