Pesanan dalam Pengiriman, Shopee Membatalkan Pesanan Sepihak

Pada tanggal 28 Juli 2021 pukul 23.23, saya mendapat order di Shopee dengan nomor transaksi: 2107295F5E1097. Karena sudah larut, akhirnya dikirim keesokan harinya pada tanggal 29 Juli 2021 malam dan berhasil diinput kode booking oleh gerai JNE, dengan pilihan layanan JNE Trucking.

Namun tiba-tiba pada tanggal 30 Juli 2021 pukul 14.37, pihak Shopee membatalkan pesanan saya. Saya sudah melayangkan komplain via live chat dan telepon, tapi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Komplain via email Shopee, jawabannya akan ditelusuri ke pihak JNE. Padahal sudah jelas-jelas dari sistem Shopee yang membatalkan pesanan, JNE masih tetap menjalankan proses pengirimannya.

Tidak puas dengan jawaban dari para CS Shopee, saya putuskan untuk hubungi CS JNE untuk hold kiriman saya. Karena batalnya pesanan ini, otomatis dana kembali ke pembeli, sementara barang masih dalam proses kirim. Bila barang sudah sampai di pembeli, yang bertanggung jawab atas dana orderan saya siapa? Pembeli tidak bisa diajak komunikasi dengan aktif, pihak Shopee juga tidak memuaskan.

Usut punya usut, ternyata ada beberapa penjual yang mengalami hal sama seperti saya ini. Kejadian yang saya alami ini sudah kedua kalinya. Untungnya yang pertama pembeli dapat diajak komunikasi dengan aktif sehingga proses tidak ribet.

Shopee sudah dalam pencairan dana dari pembeli ke penjual menunggunya lama, ditambah problem seperti ini, apa tidak merugikan penjual? Memang transaksi ini nominalnya tidak seberapa, hanya 300 ribuan. Coba bila ini terjadi ke beberapa seller atau transaksi yang nominalnya besar, apa tidak merugikan penjual? Sedangkan pelayanan CS-nya lambat dan pembeli tidak bisa diajak komunikasi.

Selama saya jualan online di beberapa online shop, baru terjadi di Shopee. Mudah-mudahan surat pembaca ini bisa dibaca khalayak luas yang akan berjualan, agar tetap hati-hati dan awasi transaksi anda di Shopee. Semoga Shopee dapat memperbaiki layanannya. Terima kasih.

Sri Sabdo Mulyono
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar