Surat Pembaca

Tim Dispute Shopee Membuat Keputusan Sepihak

Pada tanggal 28 Juni 2021, melalui akun Kezia0990, saya belanja di Shopee dari seller MGSports barang senilai belasan juta rupiah (nomor pesanan: 210628G0MCSTQ5). Proses pembelian berjalan lancar hingga barang tiba di tujuan. Saat kami unboxing, kami menemukan beberapa parts rusak.

Berikut adalah beberapa parts yang rusak:

Padel Kanan dan Kiri Beda
Stiker Sengaja Dipakai Untuk Ikat Kabel dari Seller
Monitor Seperti Barang Bekas
Parts Patah
Ujung Handle Terbakar?

Kemudian saya komplain ke pihak seller. Namun responnya mengagetkan, mereka mengakui bahwa parts tersebut rusak dan meminta kami untuk perbaiki sendiri. Karena saya memiliki garansi Shopee, saya pun mengajukan pengembalian dana melalui Shopee, dengan harapan bisa di-dispute dan bisa ditengahi oleh Shopee.

Berikut adalah bukti chat kami dengan seller yang telah mengakui kalau parts tersebut rusak dan meminta kami untuk perbaiki sendiri:

Saat ini saya sudah mengirim barang tersebut dalam keadaan awal ke warehouse Shopee. Saya menunggu kabar dari Tim Dispute Shopee, tapi hingga 7 hari lebih tidak ada kabar. Tiba-tiba di aplikasi Shopee saya dinyatakan ajuan pengembalian dana ditolak, dikarenakan sudah ada kesepakatan dari Penjual dan Pembeli untuk menukarkan parts yang rusak.

Kemudian saya respon kembali dengan meminta bukti bahwa ada kesepakatan antara Penjual dan Pembeli bahwa parts tersebut akan diganti. Namun respon dari Tim Dispute Shopee tidak memberikan bukti apa-apa.

Saya benar-benar kecewa terhadap kinerja Tim Dispute Shopee yang hanya berpihak dengan seller tanpa mempertimbangkan bukti-bukti yang ada. Saya harap masalah ini ditinjau ulang oleh pihak Shopee dan bisa mendapatkan solusi yang lebih baik. Saya juga sudah laporkan ke YLKI untuk masalah ini.

Sebastian Setio
Karangasem, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wah.. saya juga pernah ada case dgn shopee.. emang sih pelayanan nya saya akui kurang bgt.. minus deh.. sampai hrs dimasukin ke surat pembaca..

    Case saya pernh di cuekin loh sampai 3 bln dan saya FU terus di email malah di jawab mesin otomatis.. nggak ada keseriusan mengenai keluhan dari customer..

    hati2 saja belanja nya.. coba lain kali blnja di online shop lain yg rating nya lbih baik deh..

    • Saya sudah lama belanja sama Shopee, tpi baru kali ini dikecewakan. Ini saya mulai di follow up sama tim dispute tetapi belum ketemu juga solusinya. Semoga bs berakhir dengan baik.

    • Waduh....3 bulan!!!
      Saya sedang mediasi dengan perwakilan Shopee, sampai sekarang belum ada kepastian.
      Nanti saya akan lakukan FU juga dengan tim, mudah-mudahan bisa dipercepat.
      Terimakasih atas informasinya.

    • Nah itu dia gan.. Brg premium, disuruh lem G.. Ampun dah.. Bagaikan beli iphone retak, suruh lem..

  • Shopee lagi shopee lagi. Sepanjang pengalaman sebagai seller, CS shopee ga pernah ada yg berguna. Jawaban udah kayak template semua

    • Kebanyakan yang balas chat itu robot semua bukan manusia. Buruk banget memang e-commerce sekarang. Udah gak kayak dulu. Mau gampang dan simpel malah jadi ribet dan rugi.

    • Ya itu kak cs shopee juga ada aturan dalam membalas tidak asal ketik dan harus diikuti serta mereka itu hanya pegawai outsourcing.. duhh syediihh

    • Kelihatannya semua CS jg begitu. Ujung2nya di lempar sana sini tanpa solusi.

  • Naa bener bangeet bang dimas ...komen anda yg paling top markotop...aku setuju sekali ...kayak robot wkwkwk

  • Update :
    Saya sudah dihubungi oleh Tim Dispute Shopee dan berbincang bertiga dengan Seller MGSports. Akhirnya barang digantikan dengan yang baru dan Seller MGSports akan mengirimkan teknisinya bebas biaya untuk unboxing barang barunya.