Surat Pembaca

Dirugikan Jenius Bank BTPN

Akhir bulan Juli 2021, hp dimana aplikasi Jenius saya terpasang tiba-tiba mati. Sampai saat ini hp tersebut masih mati, sehingga aplikasi tidak bisa diakses. Untuk aplikasi Jenius tidak bisa dipindah ke hp lain, jika di hp sebelumnya aplikasi belum dikeluarkan.

Tanggal 04 Agustus 2021 pukul 13:46, saya mendapat email dari Jenius_noreply@btpn.com. Isi email menginformasikan tagihan pinjaman Flexi Cash saya yang akan jatuh tempo tanggal 07 Agustus 2021 pukul 19.00 sebesar Rp3.186.225.

Tanggal 05 Agustus 2021 pukul 17:18, saya transfer dari dana milik saya ke rekening Jenius saya sebesar Rp3.300.000. Tanggal 06 Agustus 2021 saya transfer lagi dari akun DANA saya ke rekening Jenius saya sebesar Rp100.000. Total transfer yang masuk ke rekening Jenius saya Rp3.400.000. Transfer melalui DANA berhasil. Saya cek di ATM Bersama (IDM TENJo BGR), rekening Jenius saya sudah terisi Rp3.397.000 ( terpotong biaya cek saldo Rp3.000 ).

Hari ini saya kaget karena dapat telepon dari nomor 021 25567000, email dan SMS, yang manginformasikan bahwa saya kurang bayar tagihan sebesar Rp164.791 (termasuk denda Rp50.000). Kok bisa saya jadi kurang bayar? Padahal saldo rekening Rp3.397.000, sementara tagihan Rp3.186.000.

Saya langsung hubungi call center Jenius di nomor 1500365. Info dari call center, saya memang kurang bayar. Dari hal ini saya dirugikan oleh pihak Jenius Bank BTPN karena harus membayar denda Rp50.000 dan nama saya jadi jelek di BI Checking (SLIK OJK), walau setelah telepon call center, saya langsung transfer lagi dari dana saya ke Rekening Jenius sebesar Rp250.000.

Pertanyaannya, kenapa saya bisa kurang bayar? Di rekening ada dana Rp3.397.000 dan total tagihan Rp3.186.225. Anak sekolah saja bisa menghitung, Rp3,4 juta – Rp3,2 juta (pembulatan ke atas) itu masih ada lebih sekitar Rp200 ribuan. Namun yang saya alami malah:

  • Kurang bayar.
  • Kena denda Rp50.000.
  • Nama saya jadi jelek di BI Cheking (SLIK OJK).

Mohon penjelasan dari pihak Jenius Bank BTPN terkait masalah yang saya alami.

Hormat saya,

Enjum Jumhemi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca a.n. Enjum Jumhemi

Dengan hormat, Menanggapi surat pembaca dari Saudara Enjum Jumhemi berjudul “Dirugikan Jenius Bank BTPN” yang dimuat oleh Media Konsumen pada...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • BRI saya ada. Flexi cash Jenius itu saya pakai buat pinjam dana, walau yg pinjam itu kakak saya untuk tambahan modal usaha jualan & adik saya buat tambahan renovasi dapur. Pinjaman sudah berjalan beberapa bulan & lancar, tapi untuk yg tagihan bln Agustus ini yg bikin saya bingung. Saya dapat tagihan sekitar 3,2 jt. Saya bayar via transfer sekitar 3,4 jt. Tapi tgl 09-08-2021 di info via tlp, sms & email saya kurang bayar & kena denda. Padahal tagihannya 3,2 jt ann jatuh tempo tgl 07-08-2021 jam 19.00, saya bayar via transfer total 3,4 jt tgl 06-08-2021 jam enam sore. Saya sudah hubungi call center & email minta penjelasan kenapa tagihan agustus bisa kurang bayar & kena denda sebab saya bayar melebihi tagihan & sebelum tanggal jatuh tempo. Sampai saat ini baik via call center maupun email dari pihak jenius bank btpn hanya menjawab, mohon maaf kami belum dapat menginformasikan data2 yang anda minta mengenai masalah tagihan anda.

      • Pak, coba bapak ingat2 apakah ada dream saver yang auto debet dari saldo aktif? Jangan2 ada auto debet untuk tabungan dream saver bapak jadi ketika penagihan flexi cash saldonya kurang.

        Untuk detail nya tunggunhp bapak bisa nyala lagi, dan liat transaksi in out ditanggal tsb ada apa.

        Untuk SLIK, tdk perlu khawatir pak kalau blm lewat bulan ga akan tercatat kol. 2.

        • Saya hanya punya Flexi Saver, itu pun ada saldo nya yg tiap bulan saya isi ( top up ) manual dari saldo aktif jenius.

          Sebenarnya saya ingin ada penjelasan dari pihak jenius kenapa tagihan bulan ini saya di anggap kurang bayar & kena denda keterlambatan 1 hari ( denda 50 rb ). Walau itu pun setelah saya di tlp, konfirmasi ke call center ( jaga2 yg tlp penipu ) dpt sms & email mengenai kurang bayar & dendanya saya langsung transfer dari dana ke rekening aktif jenius saya sebesar = 250.000 ( kurang byar + denda = 165.00 ). Logika saya tagihan 3,2 jt saya bayar 3,4 jt. Jatuh tempo tagihan 07-08-2021 saya bayar 06-08-2021, harusnya ga telat & ga kurang bayar. Tapi ini malah kurang bayar & kena denda.

          Logika nya di mana = 3,4 - 3,2 itu plus bukan minus

        • Saya juga kesel pake jenius.. Pernah saya mau ganti hp, tapi saya gabisa login di hp baru klw d hp lama belum loguot, ahkirnya saya tlp callcenter jenius, nelf callcenternya aja udah dibikin kesel.20 menit nungguin baru bisa nyambung ke call center mana pas mau ngajuin nganti hp malah ditolak, katanya ada data data yang kurang, jelas2 yang saya sebutin semua bener karna rekening punya saya pribadi. Semwnjak kejadian itu langsung kecewa bgt ama jenius. Langsung aja uang yg di atm jenius gw tf ke atm BCA saya aja...
          Kecewa ama jenius gaboleh ganti hp. Mana buku rekeningnya juga gak ada, hanya ada rek ponsel saja. Kalau hp ilang yang udah wassalam.

          • Sama. Wkt terim tlp ada info kurang bayar & kena denda, saya langsung tlp call center untuk memastikan bahwa ini bukan tlp penipuan sebab seperti yg saya jelaskan di atas, tagihan sekitar 3,2 jt, saya bayar 3,4 jt ( kurang nya di mana ). Setelah 15 menit menunggu baru terhubung dengan petugas call center, itu pun hanya di info memang benar ada kurang bayar tapi petugas tidak bisa membantu kenapa saya jadi kurang bayar padahal tagihan sekitar 3,2 jt & saya bayar 3,4 jt. Petugas bilang tidak bisa cek data saya & silahkan ke kantor cabang. Sudah lama nunggu ternyata ga ada hasil. Gimana mau ke kantor cabang buat urus, saya aja baru masuk kerja lagi tgl 11-08-2021 setelah WFH satu bulan lebih karena PPKM Darurat.

    • Ini hp sementara yg saya pakai. HP Asli masih dalam proses perbaikan & masih tercover garansi. Jika saya pindah ke hp sementara & lalu nanti saya pindah lagi ke hp asli, cukup repot juga

      Tapi masalah inti nya bukan pindah aplikas tapi mengenai tagihan saya yg kena denda & skor kredit saya jadi kurang baik. Saya dapat billing tagihan by email itu 3,2 jt kurang dikit tanggal jatuh tempo 07-08-2021 jam 19.00, saya bayar via transfer rekening jenius saya 3,4 jt tgl 06-08-2011 jam 16, tapi kenapa tgl 09-08-2021 saya dapat telp, sms & email bahwa saya kurang byr sekiat 165 rb ( termasuk denda 50 rb ). Dari mana bisa muncul kurang bayar sebab 3,4 jt - 3,2 jt = 200 rb ( masih ada lebih 200 rb ). Saya sudah minta penjelasan ke bank btpn via call center & email, namun sampai saat ini tidak mendapat penjelasan & hanya di info mohon maaf, kami belum dapat memberikan penjelasan. Jelas saya merasa di rugikan karena jadi harus bayar denda 50 rb & skor kredit saya jadi kurang baik karena di anggap tidak membayar sesuai tagihan serta penasaran dari mana munculnya angka tagihan saya kurang bayar 165 rb an ( termasuk denda 50 rb ). Anak SD kelas 3 ke atas juga tau 3,4 - 3,2 = 0,2 ( masih ada lebih, bukan kurang )

    • Saya baca sich di media konsumen iya. Saya sudah 2 thn pakai jenius aman2 saja & baru kali ini ada masalah. Bayar lebih dari tagihan tapi di anggap kurang bayar, kena denda & skor kredit saya jadi kurang bagus serta saat saya minta penjelasan, sampai saat ini belum terima penjelasannya

  • Sebaiknya HP yang ada aplikasi rekening perbankan, kalau rusak diganti saja, jangan direparasi, dibuang atau dijual. Demi keamanan data rekening kita.

    • Terima Kasih atas sarannya. HP tetap akan saya service karena baru 6 bln tiba2 mati begitu saja & garansi 2 tahun. Selesai service apakah masih layak di pakai atau tidak, baru bisa saya putuskan setelah hp selesai di service.

      Kalau di buang or di jual sayang juga. Kalau tidak saya pakai lagi, paling buat anak. Kalau di jual sayang sebab speknya lumayan MI 10T Pro 256 GB 5G.

      Hp sementara yg saat ini saya pakai, ini hp yg sebelumnya saya pakai ( sebelum pakai MI 10T Pro 256 GB 5G ) & kartu tetap kartu yg lama. Semua lancar2 saja karena semua aplikasinya masih ada ( kecuali jenius karena ada kebijakan aplikasi tidak bisa di pindah jika di hp sebelumnya belum keluar )

  • Masuk website jenius login via web hapus kaitan di hp lama masuk akun baru di hp satunya guna Customer service buat apa?
    Nb kalo hp dah normal balikin lagi

    • Per Agustus 2021, sudah tidak bisa mengganti perangkat melaui aplikasi/website pak/Bu, karena utk menghindari penipuan dan peretasan aku. Yg belakangan marak dijenius. Untuk mengganti perangkat harus telpon call center/ datang ke cabang. Kemarin saya mengalami sendiri

  • Kasian saya ini. Abis top up 500.000 untuk reques kartu dan setelah update aplikasi jenius di playstore tiba tiba akun jenius saya tidak bisa buka lagi... Email dan sandi salah mulu, padahal sudah bener. Mohon solusinya apakah uang yang ada di akun saya akan hilang....

  • Yg benar Mba. Kalau benar saya was2 juga sebab saya ada saldo juga di Rekening Flexi Saver. Ga bisa di transfer ke Rekening bank lain secara langsunh. Harus di pindah dlu ke Rekening aktive by aplikasi, baru bisa di transfer ke Rek bank lain