Surat Pembaca

Shopee Memotong Dana yang Dilepaskan ke Penjual karena Perbedaan Ongkir dengan J&T

Saya adalah penjual pemula di Shopee, kurang lebih baru 3 bulan. Satu bulan pertama saya mengecek satu-persatu transaksi selesai dari pelanggan. Setelah itu saya mendapati beberapa transaksi terdapat pemotongan saldo oleh Shopee, dengan menggunakan jasa kirim J&T dan SiCepat.

Akhirnya saya komplain ke pihak Shopee, J&T dan SiCepat. Dari keterangan kedua pihak ekspedisi, ongkir saya melebihi sistem Shopee karena berat fisik barang ternyata lebih berat, dengan bukti fisik timbang dari Si Cepat, sedangkan tidak ada bukti fisik dari J&T.

Saat itu saya memaklumi dan saya perbaiki semua produk yang saya jual, dengan ukuran berat dan dimensi setiap produk saya mark up untuk menghindari hal seperti ini lagi. Mulai saat itu setiap produk yang saya kirim pasti saya timbang dan foto.

Setelah itu, 2-3 bulan ini saya mendapati lagi pemotongan dana dari shopee dengan jasa kirim J&T. Selain jasa kirim tersebut, alhamdulillah aman. Dari beberapa kejadian saya wakilkan 2 transaksi sebagai contoh di sini.

Transaksi 1: Pada transaksi pembeli, produk dikenai 3 Kg, dan setelah dana dilepaskan ternyata transaksi dikenai 4 Kg. Dari keterangan pihak Shopee dan J&T, produk saya beratnya 3,5 Kg sehingga dianggap 4 Kg. Dari situ dana saya dipotong untuk ongkir pembeli sebesar Rp7.000.

Sedangkan berat paket sudah saya timbang dan ukur sebelum dikirim dengan berat 1,777 Kg dan volume PxLxT 34x24x11=8976, 8976/6000 = 1,496 Kg (sesuai rumus yang saya lihat dan saya tanyakan pada CS Shopee). Sebagai catatan, packing kardus tersebut sering saya gunakan untuk kirim barang dan tidak pernah mencapai berat 4 Kg untuk volumenya.

Transaksi 2: Pada transaksi pembeli, produk dikenai 1 Kg, dan setelah dana dilepaskan ternyata transaksi dikenai 2 Kg. Saya timbang paket tersebut dengan berat 729 gram, artinya masuk 1 Kg.

Bukti transaksi Shopee yang terpotong, paket ditimbang sebelum dipickup dan ukuran kardus yang digunakan untuk mengemas paket
Dana terpotong Rp12.000 untuk membayar selisih ongkir pembeli
Dana terpotong Rp7.000 untuk membayar selisih ongkir pembeli

2 hal tersebut saya tulis dengan sebenar-benarnya. Yang saya ingin dapatkan ada keterangan dan transparansi dari pihak Shopee dan J&T, tapi keduanya sama sekali tidak memberikan saya transparansi, hanya memberikan keterangan produk dikenai berat 4 Kg dan 2 Kg.

Kuni Nur Aini
Sleman, DIY


Update (20 Agustus 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Berarti ketahuan bahwasanya J&T dan Shopee culas dan bertindak sewenang-wenang terhadap penjual di market place mereka

    • Saran buat shopee klo di tambah fitur buat timbang volume juga biar klo ada paket bom boman (contoh beli pampers 12 biji dalam 1 transaksi) biar gk kena volume, kasian penjual yg kurangbtau sudh sesuai berat tpi kena volume jdi beda harga dan bakal kepotong otomatis klo rugi 5000 10.000 udh lumayan klo shipper kecil tpi klo 80.000, gmn donk?

    • Kalau dengan siCepat Kaka bisa report ke CS shopee terkait masalahnya, nanti akan diemail oleh shopee lalu dikirimkan bukti berupa foto hasil timbang dan pengukuran paket dari pihak Sicepat, soalnya saya juga pernah waktu itu dan clear.

      • Sm sy jg mengalami ini dg sicepat, kynya timbangan mereka ga betul/akurat, awalnya ga ngeh
        tp stlh ngeh, pengiriman berikutnya kirim sy timbang dlu packingnya, beratnya 1,25kg, tp lagi2 sm sicepat jd 2kg, sy tanyakn bukti Dr timbangan Dr sicepat, 1,35kg.
        Sdgkan sy kirim barang yg sm, Packing yg sama, berat yg sama, dg J&T/jasa kirim lain sudah sesuai/sama kok, ga kena mark up,
        jd menurut sy timbangan sicepat ga akurat, akhirnya sy non aktifkan, ga mau pk sicepat lg

    • Kalau dengan siCepat Kaka coba bisa report ke CS shopee terkait masalahnya, nanti akan diemail oleh shopee lalu dikirimkan bukti berupa foto hasil timbang dan pengukuran paket dari pihak Sicepat, jadi bisa tahu kesalahan nya dimana, soalnya saya juga pernah waktu itu dan sudah clear.

  • Saya juga mengalami, harga barang saya cuma 50 ribu, berat waktu syaa timbang 1.2kg, ternyata sampai di pihak j&t 1.4kg jdi terhitung 2kg. Uang saya dipotong 30 ribu + 3 ribu administrasi... Dana yang saya terima hanya 17 ribu... Kalau memang mau dipotong, kenapa tidak ada konfirmasi dulu dari pihak shopee, kan bisa diantisipasi setidaknya barang dikembalikan saja, apalagi yang dipotong hampir seharga barang .... Bagaimana jika barang hanya seharga 10rb dipotong 30rb? Apa gk rugi

  • Harusnya salah di ekpedisinya saat gelar perkara tuh paket. Sopi cuma terima hasil investigasi dari ekpedisi. Harus sopi buat berita acara ke sellernya mau dibawa kemana kasusnya..

  • Saya lebih nyeseg lagi... Kurir si cepat halu saya ganti dengan J&T reguler.... Setelah transaksi selesei... Ongkir senilai 392.000 di caplok Si Cepat...Si Cepat ga kerja main caplok ongkir se enak jidat...Bingung saya sudah ajukan komplain.. Sampai sekarang masih menunggu...jadi was2 klo ama si cepat...

  • Saran aja nih buat shopee. Seharusnya jangan meng iyakan saja apa kata pihak jasa pengiriman. Kalau sicepat, memang mereka punya bukti. Setiap paket selalu ditimbang ulang dan difoto oleh sicepat.
    Ketika seller dan buyer ada dispute, pasti pihak yang protes, disuruh kasih bukti terlebih dahulu. Dalam hal ini, yang protes pertama kan J&T karena timbangan barang tidak sesuai ongkir yang dibayar pembeli. Harusnya shopee minta bukti dong ke J&T. Jangan langsung disetujui begitu saja.

  • Atur di pengiriman toko penjuap, non aktifkan penjual membayar ongkir, saya kira anda belum paham jual beli di market place, expedisi JNT dan sicepat memakai resi otomatis, atur dipengirimannya, maka penjual tak perlu lagi membayar ongkir, kecuali bila ada selisih berat dari produk yg anda jual, hitungan perkilo untuk expedisi itu maksimal 1,3 seingat saya,, belajar lagi dari kesalahan, saya kira anda perlu mentor untuk memulai bisnis E commerce, jangan menjudge pihak expedisi / simarket place karena kesalahan anda sendiri.

    • Terimakasih Kaka atas sarannya :)
      Alhamdulillah saya tahu apa yang Kaka jelaskan :), disini saya paham betul maksud yang Kaka sampaikan, saya sadar baik manusia maupun sistem tidak ada yang sempurna, saya sebagai penjual pasti berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan saya disini hanya memerlukan keterbukaan dari masing-masing pihak, karena sayapun sudah pernah mengalami yang namanya penyesuaian saldo penjual karena pemotongan dana dari shopee, dan shopeepun pada saat itu bertanggung jawab atas itu. Ini contoh pelayanan bagi penjual baik oleh marketplace maupun pihak ekspedisi. Disini saya akan menerima penuh jika ada keterangan yang jelas baik itu karena kesalahan saya/marketplace/ekspedisi. Trims

    • Kynya dia yg ga paham konten surat pembaca ini haha dia ga mengaktifkan penjual membayar ongkir kok, dia tau masalah berat, coba baca dlu pelan2 mas jng asal komen & judge haha

  • Sama kak , saya juga penjual baru di shopee dan mengalami persis seperti yang kakak alami , ketika ditanyakan cs jawabannya karena kelebihan berat paket , jika benar kelebihan berat harusnya semua paket saya dengan produk yang sama juga di potong , tapi nyatanya hanya paket-paket yang dikirim oleh ekspedisi si cepat saja yang dipotong , ini sangat merugikan kita sebagai seller jadi sekarang saya sedang coba untuk menonaktivkan pilihan untuk ekspedisi si cepat.

    • Kk langsung saja ke gerai/kantor sicepat. Semua barang pasti ditimbang ulang dan difoto timbangannya oleh SiCepat. Kk bisa minta lihat fotonya. Jangan mau kalau hanya dikasih alasan timbangannya lebih. Wajib minta ditunjukkan foto barang kk diatas timbangannya. Kalau sekali kena selisih ongkir di SiCepat, jangan dibiarkan kak. Langsung datengin.

    • Sm sy jg mengalami ini dg sicepat, kynya timbangan mereka ga betul/akurat, soalnya timbang berat paket sy 1,25kg, tp timbgnan sicepat 1,35kg.
      Sdgkan sy kirim barang yg sm, Packing yg sama, berat yg sama, dg J&T/jasa kirim lain sudah sesuai kok, ga kena mark up segitu bnyk
      jd sy rasa timbangan sicepat ga akurat, akhirnya sy non aktifkan, ga mau pk sicepat lg

  • Saya juga sudah beberapa kali mengalaminya dengan total kerugian nombok ongkir hingga 300-400rb.
    Setelah saya cek, sebenarnya shopee ini sepeeti menerbitkan 2 versi resi untuk 1 pesanan.
    Versi untuk seller sesuai dengan setting berat produk di lapak. Versi untuk ekspedisi adalah betat yang sudah dimark up.
    Saya bisa bilang begini karna ada paket yang saya timbang dirumah dan di j&t benar masih dalam range 1kg, tetapi ternyata saat j&t cetak resinya yang tercantum adalah berat yang sudah termark up.
    Untuk rekan2 seller shopee disini, tidak cukup ya sampai kita timbang di ekspedisi saja. Harus recheck lagi dengan resi yg dicetak oleh ekspedisi.
    Yang salah siapa? Yg salah adalah pihak yg menerbitkan 2 versi resi untuk 1 pesanan yg sama. Silakan dinilai sendiri

    • Resi marketplace dimanapun cuma 1 versi. Cuma berat kiriman bisa di edit oleh jasa kirim, apapun jasa kirimnya. Makanya jangan mengisi berat di marketplace mepet batas timbangan. Misal timbangan 1.3kg masih dianggap 1kg oleh beberapa jasa kirim. Maka jika berat kiriman 1.2kg, mending tulis saja beratnya 2kg atau ya 1.4kg. Krn bisa jadi timbangan anda dan timbangan jasa kirim bs beda. cuma jika anda tulis 2kg, baiknya saat ngirim anda tunggu, masuk 1kg atau 2kg. Jika ternyata cuma 1kg, minta di edit ke jasa kirim, sehingga uang kelebihan pembayaran oleh buyer akan dikembalikan oleh marketplace. Biasanya saya spt itu dan aman2 saja.

      • Ini mas nya kurang minum aqua jadi ga fokus kah bacanya?
        Saya mengalami sendiri kok di resi seller saya berat 1195 gram. Tiba di counter j&t saya timbang berat 950gram. Lalu petugas j&t cetak resi mereka ternyata berat tertera 1380 gram.
        Sudah saya alami dan saksikan sendiri. Silakan minum aqua mas