Surat Pembaca

Shopee Menyatakan Barang Hilang oleh Ekspedisi, Seller Dirugikan karena Hanya Diganti Senilai 10 Kali Ongkir

Saya adalah salah satu penjual di Shopee. Pada tanggal 31 Juli 2021 saya menerima orderan di Shopee senilai Rp2.363.500, dengan nomor pesanan Shopee: 210731BASQ01NM dan ekspedisi pilihan pembeli JNE Trucking, yang dikirim ke alamat di Kota Bogor. Orderan tersebut langsung diproses hari itu juga. Barang tersebut dibungkus kami bungkus dengan dus besar dan dikirim ke JNE dengan nomor resi: JT56522334327.

Pada tanggal 02 Agustus 2021 status pesanan di Shopee menyatakan: DELIVERED TO [POS JAGA RUMAH | 02-08-2021 22:18 | BOGOR ]. Namun pada tanggal 04 Agustus 2021 pembeli melakukan komplain di Shopee menyatakan belum menerima barang. Saya langsung mengirimkan bukti tracking resi karena sudah jelas saya sudah kirim barang yang diorder pembeli.

Pada tanggal 05 Agustus 2021 admin Shopee menyatakan sedang follow up ke ekspedisi JNE. Namun ujung-ujungnya dengan keputusan akhir yang sangat mengecewakan buat penjual. Pada tanggal 10 Agustus 2021, info admin Shopee berdasarkan investigasi JNE: Barang dinyatakan hilang oleh ekspedisi dan melakukan pengembalian dana penuh ke pembeli dan komplain pengaduan di Shopee ditutup.

Lalu bagaimana garansi saya sebagai penjual apa? Karena sudah jelas saya telah mengirimkan semua barang sesuai orderan dan pembeli juga tidak menyertakan asuransi untuk pembelian barangnya (Shopee juga tidak menyediakan pilihan asuransi seperti marketplace lain). Admin Shopee hanya meminta penjual untuk menunggu 1-5 hari kerja untuk proses klaim.

Dan benar saja pada tanggal 12 Agustus 2021 ada penyesuaian dana masuk dari Shopee senilai Rp475.000, dengan catatan penggantian barang hilang, yang berarti hanya diganti 10x ongkir.

Saya kecewa sekali dengan Shopee yang tidak bisa menjamin barang kiriman penjual. Jadi kalau jualan di Shopee seperti berjudi, kalau barang hilang di ekspedisi tidak akan ada penggantian yang sepadan dan Shopee main lepas tangan begitu saja. Sementara Shopee sangat tidak transaparan mengenai asuransi pengiriman. Permasalahannya di Shopee tidak menyediakan opsi asuransi seperti marketplace sebelah dan kalaupun saya mau asuransikan sendiri dengan JNE Cashless itu tidak bisa, karena sekarang pakai cashless.

Lalu untuk selisih nominal Rp1.888.5000 (Rp2.363.500 – Rp475.000) bagaimana pertanggungjawaban Shopee kepada saya, selaku penjual yang telah mengirimkan semua barang pesanan? Saya sudah menghubungi CS Shopee, tapi hanya disuruh menunggu dan menunggu, tanpa ada kepastian dan follow up lebih lanjut.

Jelvia Tjandra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Dari sisi penjualny harusnya sudah antisipasi ya krn memang shopee tdk ada pertanggung jawaban jika brg hilang, sekirany barang bernilai besar, dipakaikan asuransi sendiri saja. Memang JNE skrg cashless tp bisa kq masukkan resi lain yg sudah ada asuransinya, nanti ongkir pengiriman akan masuk ke saldo penjual.

      Saya rasa shopee memang tdk pernah membela penjual, semua transaksi yg diuntungkan selalu pembeli. Miris jualan di shopee ?

      • Saya rasa kalau anda bilang shopee hny menguntungkan pembeli saja, itu salah besar, karena yg benar adalah shopee Indonesia itu buruk kebijakan serta diberbagai sistem, saya pernah mengalami hal yg membuat saya pd akhirnya benar² kecewa dan sadar kalau E-commerce terbaik itu Tokopedia yg secara sistem ADIL kepada pembeli dan penjual, saya dishopee wktu itu pesan chargeran hp, trs ketika barang datang, kebetulan saya buat video unboxing, ktika dibukaaa yg ada di dlm dus nya adalah chargeran bekas, rusak, kabel putus,+retak sana sini serta beda dgn gambar yg seller jual (+seller wktu itu, seller mall official), saya complain bag big bug, akhirnya minta dikirim ke gudang shopee utk pemeriksaan, LALU selang 1 hr kemudian, itu chargeran balik ke rumah saya, dan status komplain saya selesai dgn kata² "BARANG YG DITERIMA SUDAH SESUAI", gila ga tuh?barang rongsok dibilang sesuai, jelas² bukti vid unboxing ada, trs gambar jg beda dr yg seller jual, seller official mall sgtu tuh cuek ancur bgt pelayanan nya, hingga akhirnya saya ngamuk² ke pihak customer service shopee..pd.akhirnya pihak shopee ttep kekeh, ga mau tau, mau menang sendiri, dan saya gedek sama gudang pemeriksaan nya yg bgtu bodoh/ceroboh dgn segala bukti yg ada..dr situ saya sadar bbrp hal crucial yg ga ad dishopee dan itu fatal, SAAT ITU TIDAK ADA NYA FORUM DISKUSI KOMPLAIN UTK MEMPERTEMUKAN ANTARA SELLER DAN pembeli, tdk seperti Tokopedia yg kalau kita komplain,langsung masuk diskusi antara penjual dan pembeli dan diawasi oleh pihak admin Tokopedia..
        Kalau dishopee saat itu GA AD YG KYK GITU, bayangin beli barang dr official mall, chargeran baru, yg dateng chargeran rusak retak² kabel buntung dan produk nya ga sama dgn yg seller jual..tapi pas dikembalikan+pemeriksaan shopee bilang BARANG SUDAH SESUAI, itu MON MAAP, yg periksa BARANG, cmn pny mata kaki dan mata batin doank kali, mata dikepala ga ada..
        ?

        • Wah saya beli hp harga 3jtan di shopee mall juga. pas di buka isinya bukan hp tapi minuman ringan. Udh di kembalikan. Sekarang lagi proses validasi. Liat komen ini jadi takut dana gk balik. Udh pake splater lagi yg artinya bayarnya lebih. ?

    • Karena JNE kurirnya memang parah, tidak di tlpn konsumennya lalu main titip barang ke orang yg dekat dgn alamat tujuan, ******

  • yap terlepas aturan jne memang seperti itu klo gak di asuransikan sya mau menyayangkan mayoritas pihak ekspedisi sering kali nitipin paket di satpam komplek. mungkin biar lebih cepat atau hal lainnya yg jelas ini ngerugiin konsumen, iya bagus klo oleh satpam disampaikan ke rumah ybs (yg mana bukan tugas satpam), lah ini jadi ketimbun di pos satpam, gimana klo hilang? siapa yg tanggung jawab?

  • Kalo saran saya sih misalkan menjual barang mahal atau elektronik yang harganya jutaan mending pake go send atau next day tujuan nya untuk memperkecil kemungkinan barang hilang saat pengiriman.....

      • Setidaknya pihak aplikasi ojol tersebut akan membekukan akun ojol nya sehingga tidak bisa bekerja lagi sampai proses investigasi/penggantian(jika kesalahan ojol) barang customer selesai.

    • Memang di shopee tidak ada asuransinya,jadi pengiriman barang yang mahal akan berisiko tinggi,hy claim 10x ongkir aja.beda ma sebelah ada asuransinya yg dapat kita centang asuransi,bila nilai barang mahal kira² melebihi 10x ongkir.
      Lagipula di shopee biaya admin sy rasa juga terlalu tinggi antara 3-6% potongan dr setiap penjualan.kalau nilai barang mahal,maka biaya admin jg akan tinggi,bahkan bisa rugi,karena melebihi laba.
      Kalau tidak mendaftar gratis ongkir,sepi pembeli,.kalau mendaftar gratis ongkir biaya admin jg tinggi,pa lg barang mahal,laba limit,jadi tekor.

  • Makanya masih mau pake Shopee yg ga bisa kasih / opsi wajib asuransi saat pilih opsi pengiriman.. harusnya seller bisa mengaktifkan kalo buyer wajib asuransi.
    Toped lebih bagus dalam hal ini.

    • Dari segi klaim asuransi lebih suka ke toped karna 2 pihak sama² adil, sipenjual dapet dana full dan pembeli juga, cuma emg lama banget, klaimny bisa 15 hari kerja.

      • Pernah gak Lo kirim buah lewat JNE , Di makanan sama kurir JNE nya ? Ada juga yang kirim HP di ganti Batu dalam paketan nya

  • temen saya juga pernah kejadian ngirim HP pke JNE ke daerah bogor. dan ilang. kata dy pas diinvestigasi kurir daerah itu dan kurir itu sering ngilangin barang. untungnya juga JNE dy ngirim temen nya. jadi dibantu usut sampe pengembalian dana full. tapi si kurir yg sering ngilangin barang itu gatau kabarnya skrg gmna

  • Itu buyer kenapa ga nanya ke satpam ada paket buat dia apa kaga. Gua juga suka gitu kalau di rumah lagi ga ada orang paling bilang ke kurir di titip aja di satpam. (Kurir nya telp ke gua)

  • Saya dulu juga titip ke satpam, tapi skrg ini langsung lempar ke dalam rumah trus difoto (Jt ,sicepat,anteraja). dan fotonya itu dikirim ke nomor wa. biasanya saya dikasi 2 poto, 1 poto resi sblm di lempar , 1 lagi poto saat barang sudah dilempar didalam.
    jadinya saya tau klo barang sdh dikirim dan beneran dikirim bukan sekadar status terkirim.

    nah JNE ada fotonya ga waktu dikirim itu ?
    minta itu fotonya biar tahu apa yg terjadi