Pihak JNE dan Shopee Tidak Bertanggung Jawab atas Kehilangan Barang Pesanan dalam Pengiriman

Nomor pesanan Shopee: 210802HWST4T1E, barang berupa laptop, dikirimkan tanggal 3 Agustus 2021 melalui kurir JNE Express. Kiriman dinyatakan hilang dan pihak Shopee hanya mengganti saya 10x ongkir. Padahal nilai barang sendiri sebesar Rp7.149.000.

Pihak JNE sudah menghubungi saya dan hanya menginformasikan bahwa barang tersebut dinyatakan hilang di HUB DEPOK JNE. Sama sekali tidak ada yang bertanggung jawab, hanya menjawab “Tidak ada informasi lebih lanjut”. Hanya sampai di sini saja kasus ini. Walaupun jelas bahwa barang tersebut dicuri oleh salah satu karyawan mereka, tapi tidak ada proses lanjut dan dibiarkan begitu saja.

Pihak Shopee sebagai e-commerce seharusnya menjamin keamanan seller. Kami sudah jualan lama, bukan baru kali ini barang hilang oleh kurir. Jelas ini bukan salah seller. Mohon agar pihak Shopee bertanggung jawab penuh untuk keamanan barang saya.

Saya berharap melalui surat pembaca ini pihak Shopee atau JNE bisa bertanggung jawab penuh atas kerugian saya. Terima kasih Media Konsumen.

Ivandra
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Ivandra

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Mediakonsumen.com pada tanggal 18 Agustus 2021 berjudul “Pihak JNE dan Shopee Tidak...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Dulu kk sya pernah HP iphone hilang pengiriman JNE..
      Apakah setiap barang elektronik harga tinggi keamanan nya tidak di perhatikan atau memang ada oknum didalam nya..

      • Harusnya toko yang jualan juga wajibkan asuransi serta paking kayu paling klao lactop 7 juta asuransi 15 ribuan bagaimanapun kalo harga mahal di wajibkan asuransi
        Jika hilang pihak JNE akan mengganti full pengalaman saya

    • Yakin...sama kurirnya,,ada buktinya?
      Kalau udah lama jualan dan paham resiko hilang dan barangnya mahal harusnya asuransi

  • Saya salut masih ada penjual yang berani jualan barang mahal di Shopee padahal ini marketplace paling bobrok soal asuransi pengiriman karena ga ada opsinya.

    Emang ketentuannya begitu, kalau ga ada asuransi pengiriman cuma diganti 10x ongkir. Lebih baik pindah marketplace aja kalau jualan barang yang mahal.

    • saya pernah beli laptop di shopee oleh penjualnya dipacking kayu dan asuransi pakai jne mesti waktu saya beli tidak ada opsi asuransi

  • mestinya diasuransikan meski pembeli tidak pakai asuransi (karena tidak ada opsinya), diasuransikan sendiri di jne

    • Betul. Harga produk ditambah bea asuransi aja, bisa kok meski sdh pake resi otomatis kita mau tambah asuransi atw packing kayu misalnya, dgn catatan biaya ditanggung sendiri. Ngakalinnya ya masukin harga jual aja. Sy juga sering kaya gitu

      • apakah JNE bisa resi otomatis ditambahin asuransi secara manual? untuk JNE ditempat saya sih tidak bisa. yang bisa untuk menambahkan asuransi pake resi otomatis hanya JNT

        • saya pernah beli laptop di shopee pakai jne cashless, waktu paket tiba saya lihat di stikernya ada tulisan asuransi padahal di shopee tidak ada opsi asuransi, dan paketnya dipacking kayu (tanpa perlu saya minta). mungkin biayanya sudah masuk di harga.
          Teman saya beli di lenovo official shopee pakai jne juga tertulis ada asuransi dan dipacking kayu.

      • Bagus idenya ini.. naikin harga barang biar bisa diasuransikan sama sellernya dari pada hilang... Ongkirnya dibikin biasa.. jadi pembeli gak merasa berat di ongkir...

  • Shopee cocok nya jualan kerupuk atau es dawet atau apalah yg receh2. Barang mahal mah sama aja bunuh diri. Ngasih opsi asuransi aja apa sulitnya??? Saya pemerintah turun tangan terhadap perusahaan yg mau enaknya saja kayak shopee ini. Sama sekali tidak ada jaminan keamanan untuk para sallernya.

  • "Walaupun jelas bahwa barang tersebut dicuri oleh salah satu karyawan mereka, tapi tidak ada proses lanjut dan dibiarkan begitu saja"

    kalau sudah yakin kenapa tidak langsung jalur hukum saja...????

    • Lapor polisi aja kak. Bisa Ditelusuri. Setiap agen/dp pasti ada cctv, barang masuk dan keluar tetap kelihatan. Terakhir yg pegang pasti ketahuan kalau memori cctvnya gk dihapus. Padahal di kantor ada tulisan "segala bentuk pencurian dilaporkan pihak berwajib". Usut sampai tuntas.