Surat Pembaca

Beli Laptop di Akulaku, Setelah 22 Hari Menunggu Ternyata Barang Tidak Sesuai Pesanan

Saya akan menceritakan kronologi pesanan saya di Akulaku. Pada tanggal 29 Juli 2021 saya order laptop Dell Latitude E6420 di Akulaku, dengan nomor pemesanan: 162757394781223763040. Sebelumnya saya sudah menanyakan ke pihak penjual (Family Computer) kalau barangnya ready.

Keesokan harinya, saya dihubungi melalui pesan whatsapp dengan nomor 0815179905** dari pihak penjual, yang mengatakan bahwa barangnya kosong dan menawarkan untuk diganti dengan barang yang lain. Lalu saya meminta detail tipe dan spesifikasi pengganti untuk barang yang saya pesan. Namun pihak penjual tidak membalasnya.

Saya juga sudah mencoba mengirim pesan chat melalui aplikasi, tapi hasilnya sama, tidak ada jawaban. Saya mulai curiga, melihat katalog untuk barang yang saya pesan harganya sudah naik. Karena saya menunggu lama, akhirnya saya meminta ke pihak penjual untuk membatalkan pesanan saya. Namun tetap tidak ada balasan dan tidak dibatalkan.

Akhirnya dengan menguras pulsa, saya menghubungi call center Akulaku di nomor 1500920. Jawaban dari pihak Akulaku, katanya harus menghubungi pihak penjual dan harus menunggu 2 minggu (14 hari). Setelah berulang kali mengirimkan feedback dan setelah menunggu 2 minggu tetap saja tidak ada informasi mengenai pesanan saya.

Saya masih berusaha positive thinking dengan mengecek nomor seri pengiriman. Namun hasilnya nomor seri tidak terdaftar. Akhirnya saya pasrah menunggu kiriman yang terkesan dipaksakan. Hingga pada akhirnya pada tanggal 20 Agustus 2021 sekitar kurang lebih pukul 18.00 pesanan saya terima.

Benar saja sesuai perkiraan saya, kalau barangnya tidak sesuai dengan yang saya pesan. Dell Latitude tipe E6410 adalah barang yang dikirim oleh penjual.

Saya segera menghubungi penjual, walau saya yakin tidak akan dibalas dan memang benar. Akhirnya dengan kembali menguras pulsa saya menghubungi call center Akulaku (tidak bisa whatsapp atau email) dan jawaban dari Akulaku agar saya menghubungi penjual, yang sudah jelas-jelas tidak dapat dihubungi/tidak respon.

Pihak Akulaku baru akan membuat laporan setelah 2×24 jam dan saya harus melaporkannya kembali dengan menghubungi call center Akulaku. Sekarang saya masih menunggu 2×24 jam untuk menghubungi kembali pihak Akulaku untuk dapat membantu menyelesaikannya.

Saya berharap pihak Akulaku dapat menyelesaikan masalah ini dengan memberikan sanksi kepada penjual yang terindikasi membodohi pembeli dengan mengirimkan barang di bawah spesifikasi dari pesanan pembeli. Dengan pengalaman ini saya berharap kepada teman-teman Media Konsumen agar lebih teliti memilih penjual yang berjualan di Akulaku.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang yang sudah dapat mewadahi keluhan saya.

Hormat saya.

Salimin
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Salimin

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Salimin pada tanggal 22 Agustus...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ga ngerti knp pihak Akula** masih aja memelihara pedagang2 gak jelas itu.
    Sy jg pernah, dan sy laporkan juga disini. Alhamdulillah selesai urusannya s.d 3 minggu.
    Namun sy jadinya kesulitan mau order di tempat tempat lain ga pernah bisa padahal limit berlimpah..

    • karna emang sengaja dipelihara, karna normalnya harusnya ditindak karna menjelekkan akulaku juga tapi sdh bertahun2 didiamkan saja, yg lapor diurus semata2 tuk pencitraan bak jadi pahlawan, yg ga ngerti cara lapor di MK hanya ngelus dada, nah dari sini akulaku ambil keuntungan jahatnya

  • Akulaku itu bisa media pembayaran dan ada marketplace juga, . JANGAN PERNAH BELI DI MARKETPLACE AKULAKU, TAPI BELI LAH DI MARKETPLACE LAIN SELAIN AKULAKU YANG MENERIMA PEMBAYARAN MENGGUNAKAN AKULAKU, KARENA HAMPIR SEMUA SELLER DI MARKETPLACE AKULAKU TIDAK BISA DIPERCAYA. HANYA GUNAKAN AKULAKU UNTUK MEDIA PEMBAYARAN DI MARKETPLACE LAIN YA, JANGAN PERNAH BELANJA DI MARKETPLACE AKULAKUNYA. SILAHKAN LIHAT HISTORY PENIPUAN SELLER AKULAKU DI MEDIAKONSUMEN, HAMPIR SETIAP TANGGAL ADA, THANKS

  • Akulaku payah aku jg pernah ngalamin,penyelesainya/prosesnya ribet...ini itu,terus sellernya jg ngawur,"beli apa dikirimnya apa",hati2 aja untuk membeli di akulaku!!!