Surat Pembaca

Baru Klik “Ajukan” di Pinjol Dana Pintar, Tapi Langsung Ditransfer dari Beberapa Aplikasi

Terima kasih sebelumnya kepada pihak Media Konsumen. Saya ingin mengutarakan keluhan saya terhadap pelayanan aplikasi pinjaman online Dana Pintar yang seolah seperti menjebak.

Awalnya saya mencoba untuk menekan pengajuan, tapi setelah saya klik tiba-tiba muncul beberapa aplikasi yang saya ajukan, sedangkan perhitungannya pun belum ada. Saya langsung chat ke layanan customer service Dana Pintar dan minta untuk dibatalkan sebelum ada keputusan di-acc dengan mengirimkan screenshot isi aplikasi yang di situ tertulis nominal dan tempo yang hanya 7 hari.

Saya minta untuk dibatalkan, tapi tidak ada respon dari pihak Dana Pintar. Sampai akhirnya tiba-tiba di-acc dan ditransfer. Saya chat lagi dan screenshot dengan mempertanyakan kenapa ditransfer juga. Padahal sebelumnya saya sudah minta dibatalkan, tapi tetap tidak ada respon.

Sebelum ditransfer,dan saat keluar beberapa aplikasi sy langsung chat agar di cancel dlu.

Saya coba telepon juga tidak diangkat. Saya ingin kembalikan dananya pada saat itu juga. Jadi tolong pihak aplikasi Dana Pintar dan khususnya pihak OJK agar lebih ketat lagi memonitor aplikasi pinjaman online yang beredar. Jangan hanya karena ada logo OJK saja, tapi beroperasi seperti lintah darat.

Saya berharap pihak Dana Pintar membaca surat ini bahwa saya ingin mengembalikan dana yang sudah ditransfer yang sebelumnya saya sudah minta di-cancel/di batalkan.

Terima kasih.

Bambang Sulistianto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Saya juga kena..cara penagihannya kasar banget ..1.2 juta di klik di transper 800 rb.tenor seminggu

        • Pinjol ilegal gak perlu di kembalikan, namanya ilegal. Kalau minjam pinjol ilegal jgn pakai hp utama, pakai hp palsu yg berisi nomor palsu semua

      • Kredit pintar juga sama, baru ajuin ktp selesai verif. ga pinjam , lgsung di tf ke rek kita, padahal blm ada persetujuan. Auto ga usah di bayar Lah ,

    • Iya sesuai namanya..dana pintar.pintar menjerumuskan,pintar ngadalin,pintar boongin..serba pintar lah.sampai sampai kena juga saya?

      • Saya pernah punya pengalaman yang sama dgn Bpk, baru 1 kali klik eh dana langsung ditransfer dr 2 aplikasi sebanyak 1,6 juta tapi total tagihannya 2,4 juta, tenor 1 minggu, baru 5 hari sudah ditagih dan dikata2in macam binatang bahkan diancam akan menyebarkan foto selfie saya & KTP. Gila bener pokoknya waktu itu saya takut setengah mati, DC nya 1 perempuan dan 1 laki2. Saya lapor ke OJK jg percuma, katanya fintech tsb tdk terdaftar. Maksudnya kalaupun tidak terdaftar ya tindaklanjuti kek, kerjasama dgn kominfo spy diblokir, eh jawaban OJK lempeng2 aja. Saat ini pun saya masih terjerat utang di pinjol namun legal, tapi tetap aja banyak tingkah. Nyesel pinjem di pinjol.

        • Iya.klo nggak butuh butuh amat juga nggak lah..ini malah baru sj ada yg neror..sy suruh datang aja kerumah,atau sy yg dtang ke kantornya,nggak di tanggapin..hehe..bahkan ada yg email ke saya menawarkan untuk pengembalian dana.tetapbpasang badan sj lah..sudah susah ini hidup sy..apa yg di takutin lg..hehe

          • Memang harus pasang badan supaya mereka terpancing untuk terus melakukan kekerasan verbal via online. Jadi Bapak ada bukti utk melaporkan ke polisi. Bikin viral dulu seviral2nya kemudian laporkan ke polisi.

          • Pinjol ilegal mengatasi masalah dengan masalah....atasi dengan
            1.jika ingin tenang carilah pinjaman ke saudara atau yang lain untuk melunasi
            2.pinjol ilegal tidak bisa nego,siap kan mental,karena namanya pinjol pasti teror jadi andalan
            3.menghilang(cuek bebek)di tlp,di wa,di sms cuek aje
            4.ganti nomor,reset hp putus akses
            aplikasi pinjol(di pengaturan klik ijin aplikasi)
            Hanya itu yang bisa di atasi untuk pinjol mengatasi masalah dengan masalah

    • Pak saran saya hati2 nanti kalau mau balikin uangnya pasti banyak oknum maling2 penipu2 yang ngasih no.rek buat pengembaliannya.
      Itu mungkin trik maling2nya langsung acc

        • Assalamualaikum klau pinjol Gtu kan pasti mengancam akan krmh atau ktmpat krja itu bnrn akan dilakukan atau gertakan saja ya pak maaf nmpang tnya

          • Klo realnya hanya gertakan klo mau kerumah,malah sy tantang dia kerumah,untuk ambil duitnya,tp tdk di gubris sama mereka..ancaman mereka menyebar data,menagih ke setiap nomor telp yg ada di hp kita,itu yg saya takutkan.

      • Memang sdh pernah pak.ini sy barusan kontak aplikasinya dapat nomor dari instagram..dia menyetujui pembatalan saya dengan mengembalikan sejumlah yg sdh ditransfer.dan akan memberikan norek via email.sy jd ingat komentar bapak.trima kasih

        • Sekali aplikasi bisa akses kontak, galery photo dll maka data sudah mereka sandera untuk aksi pemerasan

  • Untuk masalah fintech ilegal,,pencatutan logo ilegal (OJK,/SNI/HALAL/BPOM/dll),,cyber crime,,sampai penipuan lewat sms, sepertinya tidak ada habisnya kasus ini. Saya kurang faham bagaimana penindakan di indonesia terkait hal ini. Dari mulai aturannya, departemen yg menaunginya, sampai koordinasi antar departem atau lembaga terkait. Yg pada akhirnya masyarakat yg dirugikan.

    • Kayanya biasa biasa aja tuh..bohong lah klo sampai tidak tau..alasan klasik "karna begitu maraknya lah..hilang 1 tumbuh 1000....tp yah mungkin orang orang yg berkompeten dalam menangani masalah ini bnr2 tidak tau..karna pastinya mereka nggak pernah ngutang di pinjol ini.jdnya yah nggak tau..hehe

    • Trus trang memang ingin pinjam..tp kaget aja tiba2 segitu banyaknya aplikasi yg di ajukan,dan nominal yg nggak seberapa bunga gile,tempo pun hanya 7 hari.sy kira saat sy klik yg tampil perincianya..dan temponya..nggak taunya ..bikin spning aja

      • Udah antepin paling sebar data
        Nanti dia ilang s3ndirii
        Yg penting bilang ke smua kontak
        Kalo ada wa tlp nyariin w bilng aja g knl trus blok
        Nonton youtup bang

      • 1,4 itu ngembaliinya bro..bukan dapetnya..dapetnya cuma 900,bunganya 500..total di cairkan 3 pinjol 2,7..tempo 7 hari ngembaliin 4,2.pusing kepala

  • Buset kayanya ini ilegal dan pemaksaan. Biasanya kalau pinjaman pasti ada verifikasi berlapis dan ada tanda tangan digital.

  • kalau illegal tidak usah dibayar, tapi mesti tahan mental karena bakal diteror.
    kalau mau uninstall semua aplikasi pinjol, ganti no hp, hubungi semua kontak anda bilang kalau anda ganti nomer dan suruh abaikan jika ada yang mencari anda.

    • Iya sy pasang badan aja lah..mau ganti duit buat nombokinya mana..dpt nggak seberapa..cuma 7 hari juga,mau pakai malah nanti tambah pusing..tetap sy tahan duitnya..sy hadapin aja..sukur sukur orangnya mau kerumah..

  • Siap2 pak 2-3 hari lagi bakal rame yang neror. Begitu bapak instal apk itu semua nomer kontak , history panggilan dan galery hp bapak di akses oleh pinjol tersebut. Ntr mereka bakal nagih ke ( hampir) semua kontak bapak, biasanya dicari yg namanya paling personal dgn bapak.
    Ntr juga bakal dibikin grup penggalangan dana di wa kalau pas tgl jatuh tempo. Dipajang tuh foto ktp dan foto2 yg di gallery.. Siap mental dan bikin broadcast wa kalau data Anda telah diretas, mohon abaikan jika ada yg teror. Setting wa juga biar cuma tmn aja yg bisa masukin grup. Bahasa nya luar biasa kasar juga, jadi siapkan mental

  • Pinjol ilegal. GAK USAH DIBAYAR. Kasih kabar aja sama teman dan keluarga kalau anda ketipu pinjol ilegal. Mau dia nelpon atau WA atau SMS gak usah digubris. Blokir aja.