Surat Pembaca

Masalah Saat Kirim Uang Melalui DANA, Berujung Saya Kena Tipu CS Gadungan

Kepada yang terhormat pihak DANA, saya Nur Ayni Makrufa, ingin menceritakan kronologi transferan dari teman saya menuju rekening saya lewat aplikasi DANA, yang sampai sekarang belum masuk ke rekening pribadi saya. Sehingga berujung saya dan teman saya kena tipu CS gadungan.

Pada tanggal 23 Agustus 2021 pukul 21.52, teman saya mentransfer uang sebesar Rp950.000 ke nomor rekening pribadi saya 1400020237*** atas nama Nur Ayni Makrufa. Namun sampai saat ini belum masuk ke rekening pribadi saya. Saat itu karena panik dan khawatir, sebagai orang awam yang masih baru dengan aplikasi e-wallet seperti ini, saya memutuskan untuk searching di Google nomor CS DANA. yang muncul saat itu di portal paling atas adalah nomor +62816248561.

Tanpa pikir panjang dan tanpa melihat itu asli atau bukan, saya langsung menelepon pihak tersebut dan pihak tersebut menyarankan banyak sekali, mulai dari buka website hingga meminta kode OTP. Karena saya pada saat itu sibuk dan CS DANA gadungan ini menyarankan saya untuk menghubungi teman yang mentransfer uang ke rekening pribadi saya untuk refund.

Pada saat itu teman saya langsung menghubungi CS DANA gadungan tersebut. Teman saya juga karena panik dan khawatir uang belum masuk ke nomor rekening saya, langsung mengiyakan saat dimintai kode OTP DANA hingga rekening, yang membuat uang yang tersisa di DANA-nya sebesar Rp950.000 dan uang ATM-nya sebesar Rp2.900.000 ikut terkuras.

Di sini saya sangat menyayangkan kenapa nomor tersebut terpampang di  urutan atas Google saat proses pencarian nomor CS DANA, yang justru makin banyak orang awam seperti saya mudah tertipu. Saya sangat menyayangkan kinerja aplikasi DANA yang lambat.

Saya pun tidak menyerah, saya email akun DANA asli, whatsapp juga, tetapi responnya sangatlah lambat. Karena saya masih percaya jargon DANA, dimana jaminan uang akan kembali meskipun uang tersebut diretas oleh penipu.

Semoga surat terbuka saya ini dibaca oleh pihak DANA karena saya dan teman saya yang kena teras sangat membutuhkan uang tersebut.

Nur Ayni Makrufa
Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Nur Ayni Makrufa

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Nur Ayni Makrufa di Media Konsumen “Masalah Saat...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Sekarang punya pengalaman buat nanti dan kalau mau lihat nomer cs bisa dilihat di web atau akun resmi nya yang ada centang biru tentu nya

    • Sarah saya lain kali jika berurusan dengan uang apapun bentuknya misalnya saat transaksi di ATM, Transaksi M Banking, Transaksi e-wallet dll usahakan konsentrasi penuh pada transaksi yg sedang dilakukan jangan sambil panik apalagi sibuk akan fatal akibatnya. Sekali lagi kode OTP bersifat sangat rahasia jadi jika sampai diketahui orang lain dan disalahgunakan yg berakibat kerugian maka 100% kesalahan ada pada kita sendiri yang lalai menjaga kerahasiaan OTP.

    • Sama saya juga kirim uang ke BRI, thl kirim 270821 tatus pertama menunggu, sampai besoknya masih menunggu. Pas tgl 280821 status berhasil, terus saya cek ke atm. Uang belum juga masuk. Nelpon cust care dana yg dipusat bantuan susah, dialihkan ke wa dana ( dana care ) terus dialihkan lagi ke email dana help@dana.id. sampai sekarang uang saya belum masuk juga.

      Klo saya searching google emang yg muncul paling atas nomor penipu. Saya test di wa, dia ngasih formulir yg minta data diri, kode otp, pin. Tapi gak saya isi.
      Karna saya tau itu penipuan.

      Walaupun otp dan pin gk saya kasih. Kok uang saya gak masuk juga ya? Parah dana

      • Percakapan di wa, history transaksi dana diprint, terus datang ke kantor polisi terdekat, setelah dapat surat tinggal ke kantor bca, soalnya kl dilihat dr historynya ditransfer ke bca, minta diblokir rekening berbekal surat dari kepolisian

      • Chat nya SS, mutasi SS, kronologi siapkan.
        Lanjut bikin laporan ke Polsek Terdekat.

        CS Dana yg resmi Nama Kontaknya Otomatis DANA CARE dengan Ceklis HIJAU khas WHATSAPP RESMI.

        Kalo nemu nomer CS apapun dengan awal 0838 itu wajib cek ulang.

      • Lapor polisi penipuan online minimal polda, polsek dan polres belum ada fasilitas utk menangani kasus spt ini. selain itu kalau lapor kepolisian barang bukti akan disita.
        ini pernah saya alami.

  • Karena saya masih percaya jargon DANA, dimana jaminan uang akan kembali meskipun uang tersebut diretas oleh penipu.

    ==>> diretas oleh penipu atau ditipu oleh penipu?

    • Hahahah saya ga sendirian...ga bakal bisa balik..kl udah OTP..saya juga dari OVO ya bgtulah...intinya buat prlajaran..itung2 kuliah bayar 3 juta saya...jadi paham bahwa di sekitar kita banyak kejahatan yg ga terduga yang selama ini selalu berfikir positif...bahwa org2 itu baik..

  • Semua ada di aplikasi dana mbak..klik profilnya dan klik'bantuan aja..dr nomor telepon email,dan nomor whsap lengkap.. sebenarnya GK usah panik kalau GK masuk,asal ada bukti transfer mah aman

  • Mau orang awam atau bukan, kalo dia pinter pasti ga akan ketipu. Harusnya kalo ada yg minta kode OTP jangan dikasih, sekalipun itu CS asli. Karena kalo ada orang tidak dikenal yg minta kode OTP atau yg mengaku2 CS suatu instansi, itu jelas2 mau nipu dan harusnya anda sadar. Dan pihak Dana yg asli tidak bisa bertanggungjawab dan mengembalikan uang anda karena transaksi tersebut dianggap sah yg menggunakan kode OTP. Intinya, kesalahan ada pada anda dan semoga kedepan nya anda jadi lebih pintar lg agar tidak tertipu lg.

  • Kalau sudah menyangkut OTP harusnya paham jika itu penipu... orang jelas tertulis jangan berikan OTP ini ke siapapun...ya sudah final dong

  • kelihatannya saya tahu masalahnya ada dimana... nomor yg muncul itu tampilan dari iklan
    dan iklan ini seperti analytic/tracker / apalah istilahnya. dan muncul dipaling atas saat pakai browser di HP.
    tapi saat dicoba di komputer dengan Adblock aktif, iklan tidak bisa muncul, klo adblock dimatikan iklan muncul ditengah page.

    saya sempat coba klik link iklannya memang tampilan tulisannya call center dana dengan 2 pilihan form pengaduan, WA.
    mungkin panik kali yah jadi nyasar ke iklan web ga jelas dengan metode phising.
    padahal dipage 1 dibawah iklan ada banyak link milik web resmi loh.

    • Mungkin krn "panik" dan "sibuk" Sehingga kurang fokus dan berasumsi bahwa yg dihubungi benar2 Dana.. Padahal Dana sendiri kalo gk ada recordnya mohon maaf mau di refund gimana.. Jadikan ajaa pembelajaran dan jgn terburu2 memakai app kalo belum tahu sistem payment dan transfer serta refundnya.. Kalo gk app bs dicoba dl dg nilai2 kecil mis. 10rb agar paham dl..

  • Ngapain susah susah nyari di DALAM APLIKASI ada menu pusat bantuan mba. Tiap tiap aplikasi pasti ada menu bantuan. ?% kesalahan dari mbanya, nihil juga untuk kembali, secara sah dan sadar memberikan data dan kode otp kpd penipu tersebut dengan leluasa mengakses secara LEGAL aplikasi nya.

    pelajaran berharga untuk mbanya, semoga case cepet beres ya.

  • saya search di google "CS DANA"

    yang keluar paling atas:

    Mulai dari kemudahan akses DANA Customer Care 24 Jam yang bisa dihubungi di 1500 445, via WhatsApp di 08191 1500 445, atau email help@dana.id, sampai fitur & platform yang menunjang transaksi bisnis.Mar 9, 2021

    Cara Mudah Daftarin Bisnis di Merchant Portal - DANA

  • Anda search google mana? Sy coba search google dengan key "cs dana" yg muncul teratas nomornya 1500 445, via WhatsApp di 08191 1500 445, atau email help@dana.id. Gak tau anda lihat barisan ke berapa??