Surat Pembaca

Pengajuan Refund Tiket Pesawat Lion Group, Sudah Lebih 7,5 Bulan Belum Ada Pencairan Dana

Pada tanggal 07 Januari 2021 saya reservasi tiket pesawat Wings Air melalui travel agent MMBC untuk 2 orang anggota keluarga dengan detil sbb:

  • Kode Booking : TWIQVZ.
  • Rute, tanggal keberangkatan dan harga tiket: Tanjung Selor-Balikpapan, tanggal 08 Januari 2021 pukul 13.10, Rp1.856.200.
  • Nama penumpang dan nomor tiket: Mrs. Damayanti (9902166563784) dan Mstr. Azka Felix Liong (9902166563785)

Pada hari keberangkatan diinfokan bahwa penerbangan dibatalkan dan penumpang diminta untuk melakukan reschedule atau refund. Kami memilih refund, karena jadwal keberangkatan yang akan datang juga tidak ada kepastian.

Pengajuan refund harus melalui travel agent tempat reservasi tiket yaitu MMBC Travel. Refund diajukan pada tanggal 08 Januari 2021 dan diinfokan oleh MMBC Travel bahwa dana refund akan dikembalikan 100%, karena pembatalan penerbangan dari maskapai dan estimasi waktu pengembalian dana adalah 30 – 90 hari kerja.

Setelah lewat 90 hari dapat info dari travel agent bahwa dana yang dikembalikan tidak sesuai yaitu hanya 10% saja (ini senilai tiket “NO SHOW” saja). Lalu pihak travel agent follow up lagi ke pihak Lion Group. Namun hingga saat ini sudah lebih 7,5 bula,n belum ada pengembalian dana dari pihak maskapai sebagaimana mestinya.

Saya juga sempat menghubungi Call Center Lion Group menanyakan perihal tersebut. Diinfokan bahwa memang ada pembatalan penerbangan dari pihak maskapai dan dana yang dikembalikan seharusnya 100%. Saya diminta agar menghubungi pihak travel agent untuk follow up masalah tersebut, karena penumpang tidak berwenang urus sendiri ke pihak maskapai untuk tiket yang dibeli via travel agent.

Semoga pihak berwenang Lion Group setelah membaca surat ini dapat segera memberi tanggapannya dan tentu saja juga segera mencairkan dana tersebut.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah membantu memuat surat ini.

Sujanto
Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya yakin sudah direfund penuh oleh pihak maskapai. Cuma dananya di "hold" ama pihak agen. Selama pandemi semua travel agen begitu, duitnya diputar dulu. Di refund berdasarkan prioritas konsumennya pasrah atau yang ngeyel, semakin ngeyel semakin cepat cairnya. Jadi saya sarankan telpon travel agen tiap hari , tanya kpn refund. Kl dekat datangin lgsung sesering mngkin. Dijamin cepat refundnya

    • Sampai hari ini belum ada pencairan terbaru dari pihak Lion Group. Yang sempat dicairkan pada akhir Februari 2021 hanya 10% senilai tiket "NO SHOW" saja yaitu Rp.164.200,-. Padahal itu pembatalan penerbangan dari pihak maskapai yang mana harus REFUND FULL seperti yang diinfokan dari Call Center Lion Group sendiri & pihak Travel Agent. Pihak Travel Agent sudah follow up terus masalah ini ke Sales Manager Lion Group tetapi belum juga dicairkan. Sudah seenaknya membatalkan penerbangan tetapi uang tiket gak dikembalikan sebagaimana mestinya.

  • Apakah jawaban dari LION group status sudah direfund 100%? Ini nggak jelas kan? Dan anda disuruh konfirmasi ke Travel Agent. Kenapa dari Travel Agent menjadi status No Show? Menurut saya itu sudah direfund 100% hanya Travel Agent hanya mengembalikan 10% saja.
    Memang agak sulit mengurus refund tiket yang kita beli di travel Agent. Kok saya baru dengar nama travel Agent nya ya?
    Silahkan kejar lagi ke Lion, minta status refund yang jelas, jangan cuma "Seharusnya refund 100%", nggak pasti kan?
    Saran saya, belilah tiket langsung di website maskapai nya. Sejak Pandemi banyak penerbangan yang di cancel dan banyak status refund yang bermasalah.
    Semoga dapat terselesaikan

    • Sudah tanya ke Call Center Lion Group & dapat jawaban memang akhir Februari ada sempat dicairkan tetapi hanya 10% (senilai tiket "NO SHOW" saja). Saya disarankan untuk menghubungi travel agent nya yaitu MMBC TOUR & TRAVEL (PT. Medussa Multi Business Center Tour & Travel) agar diurus lagi proses refundnya ke pihak Lion Group karena pembatalan penerbangan dari maskapai itu dana refundnya adalah full 100%. Setiap bulan saya tanyakan ke MMBC tetapi jawabannya belum ada pencairan terbaru dari pihak Lion Group. Pihak maskapai memang seenaknya aja membatalkan penerbangan tetapi kurang memperhatikan tanggungjawabnya ke penumpang. Uang tiket yang harus dikembalikan tetapi ditahan hingga lebih 7,5 bulan.