Surat Pembaca

Masalah Pelunasan Pinjol UangMe, Tagihan Saya Ditambah Terus

Saya adalah pengguna pinjol UangMe yang telah meminjam dana senilai Rp3,2 juta pada bulan Juni 2021 yang harus dikembalikan pada bulan Juli 2021 sebesar Rp3,9 juta. Melihat limit saya yang besar, jelas bahwa sebelumnya saya sudah sering melakukan peminjaman dengan riwayat pembayaran yang baik. Akan tetapi pada bulan Juli 2021 saya mengalami kesulitan pembayaran karena penyesuaian gaji saat PPKM.

Saya sadar saya salah, dan berusaha beritikad baik dengan mencicil sebesar Rp200 ribu serta menanggapi semua caci makian DC yang meneror nomor saya. Saat itu keluarga saya juga diteror. Saya pun berdiskusi dengan keluarga dan keluarga saya menyanggupi untuk membantu pembayaran cicilan berikutnya sebesar Rp800 ribu sesuai dengan arahan dari DC (nomor telepon 0882-1474-97**). Selanjutnya DC meminta agar tanggal 22 Juli dibayarkan sisa tagihan sebesar Rp3.120.650.

Karena jumlah ini cukup besar, keluarga saya meminta kelonggaran agar bisa dibayarkan di akhir bulan. DC pun info bahwa tagihan sebesar Rp3.120.650 tersebut harus dibayarkan paling lambat tanggal 26 Juli 2021 agar denda saya tidak bertambah.

Keluarga saya pun setuju, dan pada tanggal 26 Juli 2021, setelah konfirmasi nominal tagihan ke DC tersebut, membayar sisa tagihan saya sebesar Rp3.120.650. Dengan demikian, total yang sudah saya bayarkan adalah Rp200.000 + Rp800.000 + Rp3.120.650 = Rp4.120.650 dari dana yang saya terima hanya Rp3,2 juta.

Jelas mereka tidak memberikan keringanan dan juga mengenakan denda, karena tagihan yang saya harus bayarkan adalah Rp3,9 juta. Akan tetapi, setelah keluarga saya mengirimkan bukti pembayaran, pihak DC diam saja, seperti kabur dan tidak bertanggung jawab, mentang-mentang pembayaran sudah masuk.

Saya dan keluarga masih berpikir positif. Sudah ada konfirmasi nominal, sudah dibayarkan sesuai jadwal, dan UangMe adalah pinjol legal. Namun kagetnya saya ternyata di awal Agustus saya dan keluarga diteror kembali oleh DC UangMe. Saat saya tanya tagihan apa lagi (dengan forward bukti pembayaran terakhir)? Mereka diam saja, sehingga saya harus kirim email ke CS UangMe.

Ternyata pihak CS dengan entengnya menginfokan bahwa saya masih ada tagihan sisa sebesar Rp400 ribu rupiah, karena seharusnya jumlah yang harus saya bayarkan adalah Rp4,5 juta. Jelas saya tidak terima, dan saya merasa dipermainkan karena:

  1. Pihak keluarga sudah konfirmasi nominal ke DC sebelum melakukan pembayaran, dan dikonfirmasi nominalnya benar.
  2. Pembayaran dilakukan pada tanggal 26 Juli 2021, sampai akhir bulan Juli tidak ada feedback apa-apa mengenai jumlah tagihan yang kurang, dari DC tersebut atau dari DC yang lain.

Sungguh ini penipuan dan pemerasan yang terstruktur. Saat saya meminta konfirmasi, pihak CS berusaha mengulur waktu dengan meminta saya mengirimkan semua bukti percakapan dengan DC. Saya bersyukur keluarga saya belum menghapus percakapan tersebut.

Namun apa? Setelah saya mengirimkan bukti, yang ada DC dengan nomor telepon 0882-1474-97** meneror saya kembali pada tanggal 20 Agustus 2021, meminta saya membayarkan sisa tagihan, seolah-olah tidak merasa bersalah. Pihak CS juga akhirnya mengirimkan email kepada saya, meminta maaf atas perkataan yang tidak mengenakkan, tapi bukan itu yang saya butuhkan.

Saya lebih butuh konfirmasi LUNAS karena pihak DC UangMe sudah memberikan info yang salah, dan berusaha menipu saya dengan mengulur-ngulur waktu agar denda saya semakin bertambah dan tagihan saya tidak kunjung usai. Saya tidak mau lagi membayarkan sisa tagihan yang tidak jelas, saya tidak mau diperas. Beginikah perlakuan UangMe terhadap konsumennya yang beritikad baik?

Secara paralel saya juga sudah mengajak DC UangMe tersebut untuk bertemu di Polda Metro, pada tanggal 28 Agustus 2021 pukul 11 siang. Namun apa, WA saya tidak dibalas sama sekali. Kalau bersih kenapa risih? Sungguh tidak bertanggung jawab!

Riska
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan UangMe atas Surat Ibu Riska

Kepada Yth. Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Sehubungan dengan surat pembaca bertajuk “Masalah Pelunasan Pinjol UangMe, Tagihan Saya Ditambah Terus” yang...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Uangme memang segajelas itu ya? Soalnya saya bayar gapernah lewat jatuh tempo, setelah bayar malah limitnya jadi 0 . Gabisa ajukan lagi, terus nelfon cs nya malah bilang limit itu tanggungjawab tim analis nya . Pusing ah sama uangme