Surat Pembaca

Penipuan dengan Mengatasnamakan Shopee

Saya pemilik akun “ninu100411” dan pengguna setia Shopee. Awalnya pada tanggal 6 Agustus 2021 pukul 19,30 WIB, saya mendapat telepon dari orang yang mengaku dari pihak Shopee, dengan memakai nomor +1(984)262-5253. Katanya saya mendapatkan cashback sebesar 2 juta rupiah. Saya disuruh buka akun Shopee di menu postingan, di situ tertera saya mendapatkan cashback 2 juta rupiah yang membuat saya percaya bahwa itu benar dari Shopee.

Lalu dia menyebutkan nama dan alamat saya dan menanyakan untuk cashback tersebut mau dimasukkan ke saldo Shopee Pay atau rekening bank. Saya bilang masukkan ke rekening saja. Berbarengan dengan saya masih menerima telepon lalu masuk pesan whatsapp Shopee OTP yang di dalamnya ada kode OTP untuk mengaktifkan SPinjam.

Lalu si penelepon meminta kode OTP berikut nomor kartu ATM dan dia memberitahukan SPinjam sudah aktif dan diajukan sebesar 6 juta. Di situ saya baru sadar kalau akun saya sudah dibobol oleh penipu. Saya langsung berusaha telepon call center Shopee berulang-ulang ke nomor 1500702, tapi yang jawab mesin. Lalu saya cek m-Banking BCA dan ternyata m-Banking saya sudah tidak bisa dibuka dengan kode 205.

Kemudian saya telepon call center BCA untuk blokir rekening. Namun saya terlambat, penipu sudah melakukan transfer ke aplikasi DANA dengan nomor 081212372082 sebesar Rp2.700.000, ke nomor 081774853869 sebesar Rp4.500.000 dan yang terakhir ke nomor 0895320147883 sebesar Rp1.550.000. Total kerugian saya Rp8.700.000 (saldo di BCA Rp2.700.000 dan dari SPinjam sebesar Rp6 juta). Saya selama ini tidak mengetahui dan tidak diberitahu kalau akun saya diberikan limit pinjaman oleh Shopee.

Saya sudah membuat laporan polisi pada tanggal 9 Agustus 2021 dan saya juga sudah lapor ke Shopee via email dan sudah dihubungi oleh CSShopee Indonesia (Sdri. Alana dan Sdri. Jane). Namun sampai saat ini saya belum mendapatkan solusinya.

Untuk itu melalui surat ini saya ingin mencari solusi dari pihak Shopee Indonesia untuk penghapusan beban tagihan SPinjam, karena dana tersebut masuk ke si penipu. Saya tidak pernah punya pinjaman di manapun, karena saya di sini hanya KORBAN dan lewat aplikasi Shopee ini saya kena penipuan.

Mohon kiranya bantuan dari pihak Shopee atas kerugian yang saya tanggung. Saya benar-benar tidak akan mampu untuk membayar tagihan SPinjam jika dibebankan ke saya. Saya juga mohon bantuan dari redaksi Media konsumen untuk membantu menyampaikan kepada pihak Shopee agar segera mendapatkan solusi terbaik untuk saya. Dokumen terlampir surat laporan polisi dan mutasi dari bank BCA.

Sekian dan terima kasih.

Ninu
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Semoga cepat selesai ya bu masalahnya, di jadikan pelajaran juga ya bu, kalau ada yg minta kode OTP jgn pernah di kasih titik. Semoga ini menjadi pengalaman pembelajaran ya bu, agar kedepannya tdk terjadi lagi hal2 demikian

    • Kasus kita sama mba ??... Saya sdh buat laporan ke kepolisian tpi mereka balikkan lagi ke saya masalahnya... Saya sdh bingung

      • Pertanyaannya pada otp tertulis jelas "JANGAN BERIKAN KODE OTP PADA SIAPAPUN, TERMASUK PIHAK YG MENGATASNAMAKAN SHOPEE" emang Diabaikan gtu aja? Terus siapa yg salah dong... , udah ditulis gtu masih dikasih?? Ke orang kan luar biasa

    • Kasus kita sama mbak..namun percuma tidak ad penyelesaian dari pihak shopee maupun kepolisian dan malah dikembalikan ke kita lagi.

      Smoga menjadi pembelajaran buat kita dan yg lain mbak. Ikhlaskan saja.

  • "Saya disuruh buka akun Shopee di menu postingan, di situ tertera saya mendapatkan cashback 2 juta rupiah......"

    Hp nya pernah dipinjam ga ? walaupun sebentar saja ?

    NB:
    Saya baca surat ini rasanya senang soalnya laporannya serius ada surat dari polisi jadi lebih bisa dipercaya.
    ga seperti biasanya ga ada surat polisi jadinya tebak"an ini beneran ketipu atau pelaku berpura" ketipu.

  • SEMOGA BISA MENJADI PELAJARAN YG SANGAT BERHARGA BAGI ANDA DAN BAGI KITA SEMUA. Dan dari semua kejadian ini pasti ada hikmahnya. Semoga anda bisa sabar dan ikhlas. Sebagai catatan, anda bisa menulis artikel di MEDIA KONSUMEN, semestinya anda juga sudah pernah membaca tulisan/artikel tentang penipuan yg mengatasnamakan Shopee, karena sudah ada puluhan artikel/tulisan tentang penipuan semacam ini, dan korbannya udah ada ratusan orang.
    KRITIKAN untuk SHOPEE, kenapa pencairan SPINJAM kok begitu mudahnya, hanya dalam beberapa menit aja dana udah bisa cair (ini sangat mencurigakan). Dan kejadian semacam ini sudah berulang kali terjadi, kenapa kok masih tidak ada perbaikan!!! Lebih baik di HAPUS saja fitur SPINJAM, kan udah ada fitur SPAYLATER. Menurut saya fitur SPINJAM tidak ada gunanya, malah sering menimbulkan banyak KORBAN! Dan belum tentu semua pengguna shopee mengetahui fitur SPAYLATER & SPINJAM!!!

    • Menurutku sudah bagus. Paylater, spinjam mau dipakai juga boleh, tidak jg tidak masalah. Perkara langsung cair, ya saat ini jaman semakin cepat. Kl semua syarat sudah benar buat apa tunggu lama2. Pinjam cairkan. Toh pencairannya ke rekening korban.

      Perkara korban juga memberikan nomer kartu atm sehingga dananya di rekening bank bisa dikuras, nah disitu masalahnya.

    • sama seperti pisau dapur, tiap hari di seluruh dunia ada ratusan orang terluka atau mungkin hilang nyawa gara gara alat yang satu ini, apakah pisau dapur harus dilarang ?

      kembali lagi pisau dapur adalah sebuah alat , bagaimana, untuk apa, dan keamanan dalam memakai pisau dapur akan kembali lagi ke pengguna.

    • Aku se7 banget mba....kalo si ijo ga pernah ada kejadian gini deh mba ,amaaan banget.... insya Allah

  • susah bu klo dalam hal ini jelas keteledoran anda, dg memberikan kode OTP.
    berarti kesalahan ada di anda, mau dibawa ke pengadilan manapun, anda tetap kalah.
    ibarat y anda sendiri yg mempersilahkan penipu menguras uang anda

    semoga menjadi pelajaran kedepannya

    • klo gak salah mau itu di tipu atau apapun ,jika sudah memasukan kode OTP itu termasuk transaksi yg sah .

    • Setuju bnget.. Padahal shopee sudah berulang ulng memperingati supaya jgn memberikn kode otp ke siapa pun.. Pihak shopee jugak tidak akan pernah minta kode otp.. Di chat kode otp itu jugak ada larangan untuk jgn memberitahukn ke siapa pun.. Kalau ttp dkasih itu bukn salah shopee tpi salah anda.. Bahkan anda ngasi kode atm.. Dmna2 org kalau mau transfer itu ya mntanya just no rekening..

      • Sy jg pernah ngalami sperti ibu ini, hampir kode otp sy kasih,.
        Waktu itu sy sama si penelepon di suruh masukkan kode otp di kode voucher, supaya vouchernya masuk ke akun, tp gk bisa, trus si penelepon nanya kode otpnya brp, disitu sy sadar klo kode otp itu rahasia

    • 1 hal yg perlu diingat kita selalu waspada dimana pun berada, sering2 berdoa karna kasus seperti ini bisa terjadi karna si korban jg kena hipnotis. Kalau kalian percaya hipnotis ini bisa terjadi lewat telpon suara tanpa tatap muka apalagi saat aura seseorang tdk stabil (* sy percaya hal spt ini). Secara tdk sadar mereka si korban tau apa yg dilakukan tapi tetap mengikuti arahan si penipu. Setelah tertipu korban jg tau kalau mereka sdh salah memberitahukan informasi pribadi. Tdk masuk akal kalau kita jls2 sdh tau byk kejanggalan aneh tp msh mengikuti kemauan si penipu utk menguras harta si korban dan si penipu sgt pintar terbiasa melakukan aksinya krn kasus spt ini tdk akan bisa diusut oleh polisi, semua kesalahan hanya akan dilemparkan ke si korban yg dianggap ceroboh. Selalu waspada, berdoa dan *eling (sadar diri) deh.

  • Semoga ada solusi aamiin, dan untuk kita semua jadikan pelajaran , kode OTP itu sangat mahal jadi jangan gampang di berikan , cukup buat kita saja ??????

  • Sebagai pengguna saat ini harus hati hati apalagi sekarang banyak modus penipuan dengan telp memakai nomor virtual. Mending tidak usah diangkat jika ada telp dari nomor virtual

    • Jangankan nomor virtual. Nomor landline kantor biasa saja saya sudah tidak mau angkat kalau tidak kenal. Sudah banyak nomor kantor marketing kartu kredit dan asuransi yg saya blokir. Biar hidup jadi lebih tenang.

  • Dimana-mana sering kejadian, dan kesalahan adalah di diri sendiri

    "rasa tamak berbuah petaka"

    Harusnya mikir lagi berkali-kali, apalagi SHOPEE sudah berulangkali memberi pesan jangan memberikan OTP ke orang lain, ditambah memberikan no kartu ATM lagi.

    Syukur kalau uang bisa kembali, tapi jika tidak, ikhlaskan saja dan jadikan itu sebagai uang pembelajaran supaya tidak terulang kelak

  • Kasus ini sama sperti saya,tapi saya agak curiga kemudian langsung chat cust shopee dan disitu saya di jelaskan kalau itu penipuan.dari awal saya ga percaya saya kasih kode otp asal dan saya alasan sedang di jalan.tapi dr penelusan saya pelaku berdomisili di Lampung,setelah akun saya di bajak saya otak Atik ternyata emang di lampung.si penipu merubah alamat tempat pengiriman utama saya maka itu saya tau dia dr Lampung,semoga cepat ketangkap itu penipu sialan

    • Dengar-dengar dulu katanya polisi pernah menggrebek suatu desa/kecamatan di Lampung yg isi penduduknya semua bermata pencaharian sebagai para penipu online dan Debt Collector. Mungkin mereka memang sudah seperti mafia di sana, ngumpul jadi satu sebagai pusatnya.

  • Midah2an aplikasi olshop (Shopee, lazada, Tokopedia, dkk) bisa mengikuti jejak aplikasi OJOK yang selalu mewajibkan verifikasi sidik jari atw wajah untuk setiap aktifasi atw buka aplikasi...

    • Aplikasi yang mengharuskan sidik jari atau wajah menurut saya pribadi malah berbahaya, karena sidik jari dan wajah kita otomatis sudah direkam oleh perusahaan tersebut. Dan kita sering dengar di berita, database di Indonesia ini masih rawan kebobolan hacker. Sekelas BPJS kesehatan pemerintah, Tokopedia, Bukalapak saja sudah pernah dibobol Hacker dan data pelanggan termasuk NIK, alamat, no telpon, nama ibu kandung dijual bebas di Deep Dark Web.

  • Ketika sms OTP sampai disitu kan tertulis jelas. Jangan berikan kode OTP kepasa siapapun termasuk Shopee!!

    • Namanya jg orang kalap denger dapat hadiah langsung ga pake mikir banyak, udah tertera di SMS otp padahal jgn berikan kode kepada siapapun termasuk karyawan wkwk

      • Walaupun ada surat polisi ga akan ngaruh kayaknya, karena pada otp tertulis jelas "JANGAN BERIKAN KODE OTP PADA SIAPAPUN, TERMASUK PIHAK YG MENGATASNAMAKAN SHOPEE" Nah ko masih dikasih ? Siapa yg salah coba??? , dengan dalih apapun, sudah di tulis jelas " Jangan berikan kode" Pihak Shopee jelas kebal disini lha wong user yg ngawur